Comscore Tracker

5 Jenis Sup Khas Peru yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin, Yummy!

Semuanya kaya nutrisi!

Peru merupakan salah satu negara di Amerika Selatan yang menawarkan wisata kuliner yang menggiurkan bagi wisatawan. Hal inilah yang membuat Peru menjadi destinasi favorit bagi para pencinta kuliner dari seluruh dunia yang berlibur ke Amerika Selatan.

Salah satu jenis masakan yang menjadi andalan dari masyarakat Peru adalah hidangan supnya yang memiliki cita rasa autentik. Terbuat dari berbagai jenis daging-dagingan dan sayur-sayuran dengan tampilan penyajian yang menggunggah selera, inilah lima hidangan sup khas Peru yang paling populer, sebagai berikut:

1. Sopa teologa

5 Jenis Sup Khas Peru yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin, Yummy!Sopa teologa (instagram.com/casaquimuk)

Sopa teologa termasuk hidangan klasik yang telah ada sejak tahun 1600-an. Sup ini berasal dari wilayah Trujillo dan pertama kali diciptakan oleh para biarawan yang menetap di sana. Untuk memasak sopa teologa, kamu harus menyediakan beberapa bahan, di antaranya susu, tomat, kentang, dan keju. Sementara itu, bumbunya memakai garam, merica, oregano, dan rempah-rempah khusus.

Kamu juga dapat menambahkan daging-dagingan, seperti ayam atau kalkun sebagai sumber protein. Sup ini memiliki tekstur kuah yang kental serta aroma menggugah selera.

2. Manestron

5 Jenis Sup Khas Peru yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin, Yummy!Manestron (instagram.com/yoshiko.honnmura)

Manestron merupakan hidangan yang diciptakan oleh imigran asal Italia yang tinggal di Peru. Manestron diadaptasi dari hidangan sup paling terkenal di Italia, yaitu minestrone, namun telah disesuaikan dengan selera masyarakat Peru.

Sup ini terbuat dari kaldu sapi yang dicampur dengan berbagai macam sayuran, seperti buncis, kacang polong, kentang, dan wortel. Setelah matang, manestron biasanya disajikan di dalam mangkuk berukuran besar serta ditambahkan dengan daun ketumbar dan peterseli di bagian atasnya.

Baca Juga: 5 Resep Sup Bening, Sensasi Gurih Kuahnya Menghangatkan

3. Aguadito de pollo

5 Jenis Sup Khas Peru yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin, Yummy!Aguadito de pollo (instagram.com/comidaperuanadeanna)

Di antara banyaknya jenis sup khas Peru, aguadito de pollo menjadi yang paling populer dan digemari oleh masyarakat Peru. Hidangan ini terdiri atas beberapa potongan daging ayam, kacang polong, jagung, bawang bombay, kentang, dan nasi. Selain memiliki rasa yang lezat, aguadito de pollo juga dipercaya oleh masyarakat Peru bisa menyembuhkan flu.

Kepopuleran hidangan ini membuat aguadito de pollo memiliki banyak varian yang diolah dengan mencampurkan berbagai jenis daging-dagingan, seperti bebek, kalkun, ikan, hingga kerang.

4. Chupe de pescado

5 Jenis Sup Khas Peru yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin, Yummy!Chupe de pescado (instagram.com/mangosrestaurante)

Masyarakat Peru biasanya membuat chupe de pescado untuk menyambut hari Paskah. Makanan ini berupa sup ikan yang dipadukan dengan banyak sayur-sayuran, seperti tomat, wortel, kentang, labu siam, dan jagung. Untuk ikannya, sup ini memakai jenis ikan cod yang dikenal akan kandungan proteinnya yang tinggi.

Selain itu, sup ini juga ditambahkan dengan susu dan keju sehingga memberikan rasa yang khas. Chupe de pescado sering disajikan dengan beberapa potong roti di sampingnya agar terasa lebih kenyang setelah menyantapnya.

5. Parihuela

5 Jenis Sup Khas Peru yang Cocok Disantap saat Cuaca Dingin, Yummy!Parihuela (instagram.com/ajimorocho)

Bagi kamu para penikmat kuliner seafood, parihuela menjadi hidangan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Peru. Di dalam sup ini terdapat berbagai jenis makanan laut, di antaranya kerang, udang, dan kepiting.

Selain memiliki rasa yang lezat dan penuh nutrisi, parihuela juga dapat menghangatkan tubuh karena kuah kaldunya yang berwarna kuning terbuat dari jahe dan berbagai macam rempah. Hidangan ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh wilayah pesisir pantai di Peru.

 

Nah, itulah beberapa jenis sup khas Peru yang menawarkan cita rasa autentik. Hidangan sup di atas sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin dan disantap dalam keadaan hangat.

Baca Juga: Resep Sup Salmon Kuah Santan, Pelengkap Nasi Hangat

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya