Comscore Tracker

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!

Sudah pernah coba yang mana, nih? #IDNTimesFood

Siapa, nih, yang demen banget makan gelato? Dessert asal Italia ini punya rasa yang beragam dan tekstur yang lebih lembut dibanding es krim biasa. Walau bahan dasarnya sama yaitu susu, krim, gula, dan telur, yang membedakan gelato dengan es krim adalah persentase lemak yang lebih rendah. 

Soal rasa, es krim dan gelato sama-sama beragam. Eits, tapi di balik rasa gelato yang ada puluhan itu, ada yang dinilai paling enak, lho. Penasaran, kan, apa aja rasa gelato yang terenak ini? Check this out!

1. Gelato Al Cioccolato Fondente

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato cioccolato (instagram.com/madeinitalyfood.ru)

Cioccolato fondente adalah variasi gelato yang menggunakan cokelat hitam dengan persentase lebih banyak daripada biasanya. Meski cokelat hitam dikenal punya rasa yang lebih tajam dan pahit, gelato cioccolato fondente justru dianggap punya rasa yang ternikmat. 

Ini karena perpaduan cokelat hitam dengan bahan dasar gelato yang lain. Alhasil, terciptalah rasa yang seimbang antara manis dan pahit.

2. Gelato Al Pistacchio

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato al pistacchio (instagram.com/tavolartegusto)

Jika kamu datang ke kedai gelato di Italia dan minta rekomendasi rasa yang terenak, jawabannya pasti pistachio. Ya, pistachio adalah rasa paling populer di Italia yang menggabungkan krim, susu, telur, dan gula dengan pasta kacang pistachio


Ada kacang pistachio yang dipanggang dan diremukkan kemudian akan ditambahkan sebagai pugas. Alhasil, gelato punya tekstur lembut tapi renyah di atasnya. Sementara itu, kacang pistachio yang terbaik tumbuh di kota Bronte di Sisilia dan memiliki harga yang mahal.

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman untuk Netralkan Efek Samping dari Makanan Pedas

3. Gelato Alla Nocciola

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato alla nocciola (instagram.com/_lucake_)

Selain dari kacang pistachio, gelato terenak dengan bahan kacang selanjutnya adalah hazelnut. Perpaduan bahan dasar gelato dengan pasta hazelnut menciptakan rasa manis, gurih, tapi sedikit pedas. Kelebihan dari gelato hazelnut ini adalah punya aroma khas yang makin menggugah selera. 


Kacang hazelnut terbaik di Italia yaitu hazelnut Piemonte yang juga banyak digunakan dalam campuran pembuatan cokelat batang. Kombinasi cokelat dan hazelnut juga terjadi pada pembuatan gelato. Ini supaya gelato alla nocciola tak terlalu gurih, tapi juga punya rasa manis. 

4. Gelato Al Fior Di Latte

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato fior de latte (instagram.com/tavolartegusto)

Gelato al fior di latte adalah rasa gelato yang benar-benar hanya terbuat dari susu, krim, dan gula. Meski berkesan lebih sederhana, justru gelato satu ini yang paling susah dibuat karena harus menawarkan rasa akhir yang benar-benar lembut dan tidak dibayangi oleh rasa tambahan. 


Banyak yang mengatakan bahwa penikmat gelato sejati akan lebih memilih gelato al fior di latte alih-alih rasa lain karena menyukai kemurnian. Sudah pernah coba?

5. Gelato Cioccolato

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato cioccolato (instagram.com/michelleuffer)

Dari namanya saja kamu mungkin sudah bisa menebak bahwa gelato cioccolato adalah gelato yang dibuat dari cokelat dan bubuk kakao, dipadukan dengan krim, gula, dan susu. Dari bahan tersebut kemudian diaduk dengan kecepatan rendah, bertekstur padat, lembut, dan berwarna cokelat tua.


Soal sejarah gelato cokelat tidak banyak diketahui, tapi resep cokelat beku pertama yang ditemukan ada di Naples, melalui sebuah buku berjudul 'The Modern Steward' keluaran tahun 1692. 

6. Gelato alla vaniglia

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato alla vaniglia (instagram.com/carmelacipriani)

Gelato alla vaniglia merupakan gelato klasik yang terbuat dari susu, krim, telur, dan gula dengan tambahan perasa vanilla. Meskipun rasanya sederhana dan klasik, tak sedikit banyak yang berpendapat bahwa gelato vanila termasuk yang terpopuler dan enak. 


Biasanya, gelato vanila akan disajikan dengan pugas buah, kacang, atau bahan lain sehingga menciptakan rasa yang berbeda dan baru. Menyoal tekstur, tak jauh berbeda dengan gelato kebanyakan, yaitu padat dan lembut. 

7. Gelato Al Limone

7 Rasa Gelato Italia yang Enak, Lembut dan Manis Berpadu Sempurna!gelato al limone (instagram.com/buonappetitomercato)

Untuk kamu yang gak terlalu suka rasa manis dan cenderung suka rasa yang segar, di Italia ada gelato rasa lemon. Dibuat dari bahan dasar gelato pada umumnya, kemudan ditambah dengan jus lemon sebagai perasa dan kulit lemon sebagai penguat aroma.


Namun, jangan harap kamu dapat rasa lemon yang kuat. Ini karena gelato tetap menekankan sebagai dessert lembut dan kental. Kemudian gelato lemon akan dihiasi mint segar atau manisan dari kulit lemon. 


Meski rasa beragam, tapi yang pasti gelato sangat lembut. Cocok banget dinikmati saat suasana sedang panas-panasnya. Yummy!

Baca Juga: 5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo Jepang

Dyar Ayu Photo Verified Writer Dyar Ayu

Jalan-jalan mencari penyu Alabiyu~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya