Comscore Tracker

5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo Jepang

Seperti apa ya rasanya?

Pencinta makanan Jepang, pasti tidak asing dengan chankonabe. Chankonabe merupakan salah satu rebusan khas Jepang yang berisi aneka sayuran dan daging. Rebusan hangat ini ternyata identik dengan sumo atau pegulat Jepang.

Chankonabe menjadi salah satu makanan favorit dan wajib dicoba nih buat para pegulat sumo di Jepang. Kenapa, ya? Yuk simak beberapa fakta chankonabe di bawah ini.

1. Chankonabe adalah salah satu dari varian nabe yang ada di Jepang

5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo JepangChanko nabe (instagram.com/larry_tak)

Nabe merupakan makanan rebusan khas Jepang yang disajikan di atas api sehingga makanan ini tetap hangat saat disantap. Salah satu varian nabe yang terkenal di Jepang adalah chankonabe. 

Chankonabe menggunakan beragam jenis daging dan sayuran di dalamnya. Ada pula yosenabe yang berisi seafood atau kamonabe yang terbuat dari daging bebek dan sayuran. Bila kamu suka dengan jeroan, kamu bisa mencoba motsunabe.

2. Chankonabe memiliki komposisi yang lengkap

5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo JepangChanko nabe (instagram.com/mrs_dimsum)

Dalam sepanci chankonabe berisi sayur, daging, tofu, miso, dan telur. Kadang ikan, bakso dan jamur juga kerap dimasukkan kedalam chankonabe. Bumbu khas yang ada pada masakan ini adalah mirin atau bisa juga memakai sake. 

Dimasak di atas api, hidangan khas Jepang ini disajikan dalam keadaan hangat-hangat. Di Jepang, chankonabe kerap disantap saat cuaca dingin untuk menghangatkan badan.

Baca Juga: 5 Fakta Kombu, Bumbu Rahasia Kenikmatan Masakan Jepang

3. Chankonabe simbol senioritas para sumo

5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo JepangChanko nabe (instagram.com/k_yyc)

Sumo sering menyajikan chankonabe sebagai sajian untuk tamu yang datang berkunjung ke asrama mereka. Selain itu para sumo sering membuat chankonabe selepas latihan mereka.

Di dalam lingkungan pegulat sumo, ada tradisi unik yang melekat saat menyantap masakan ini. Sumo senior akan mendapatkan urutan awal untuk menyantap chankonabe, sedangkan yang junior akan menerima apa yang tersisa di panci. 

4. Chankonabe, sudah ada dan diperkenalkan sebelum zaman Edo di Jepang

5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo JepangChanko nabe (instagram.com/mikajiro39)

Chankonabe sudah diperkenalkan sebelum jaman Edo di Jepang. Saat itu satu panci chankonabe hanya dinikmati 1 atau 2 orang. Hal ini merujuk pada aturan mereka yaitu satu orang satu nampan. Sekarang, chankonabe lebih sering dimakan bersama-sama karena porsinya yang cukup banyak.

5. Chankonabe, menu favorit para sumo di Jepang

5 Fakta Chankonabe, Makanan Enak dan Padat Nutrisi Ala Sumo JepangChanko nabe (instagram.com/eatthisorg)

Chankonabe adalah salah satu menu favorit para rikishi atau sumo di Jepang. Hal ini tidak lepas dari lengkapnya isian chankonabe yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi para sumo. Hal lain yang jadi alasan adalah tujuan para sumo untuk menaikkan berat badan. Karena semakin besar tubuh atau otot sumo makan semakin besar pula kesempatannya untuk menang. 

Saat menikmati chankonabe, para rikishi atau sumo akan menambahkan nasi kedalamnya. Mereka menunggu nasi tersebut menjadi bubur dan kemudian menyantapnya. 

Super komplit, enak dan sehat; pantas chankonabe banyak disukai masyarakat Jepang. Kalau kamu, tertarik mencoba makanan favorit para sumo ini? 

Baca Juga: 5 Makanan Berbahan Kacang Merah Khas Jepang yang Menarik untuk Dicoba

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu dua anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya