Comscore Tracker

5 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan, Hindari Saat Sedang Promil!

Baiknya dihindari pihak perempuan maupun laki-laki

Makanan memiliki pengaruh besar terhadap tubuh. Makanan yang bergizi berdampak baik terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, sedangkan makanan yang kurang nutrisi dan tinggi kandungan negatif bisa memberikan dampak buruk terhadap tubuh.

Makanan yang kita konsumsi juga memengaruhi kesuburan. Beberapa makanan dapat meningkatkan kesuburan. Namun, beberapa lainnya dapat mengganggu kesuburan sehingga perlu dihindari oleh pasangan yang ingin segera memiliki keturunan. Jadi, apa saja makanan yang bisa mengganggu kesuburan? Simak ulasan di bawah ini.

1. Lemak trans

5 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan, Hindari Saat Sedang Promil!unsplash.com/kazuend

Lemak trans yang biasanya ditemukan dalam makanan olahan, seperti keripik, popcorn, makanan yang dipanggang dengan mentega, dan makanan yang digoreng, dapat menyebabkan peradangan dan resistansi insulin yang menurunkan kesuburan, menurut laman Mayo Clinic. Terlebih, jika dikonsumsi berlebihan, dapat merusak pembuluh darah dan mengganggu aliran nutrisi ke sistem reproduksi.

Selain itu, menurut studi dalam Oxford University Press, laki-laki juga harus mengurangi lemak trans saat pasangannya sedang dalam program hamil karena lemak trans dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma.

2. Makanan dengan indeks glikemik tinggi

5 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan, Hindari Saat Sedang Promil!unsplash.com/Jude Infantini

Makanan dengan indeks glikemik tinggi juga perlu dihindari oleh kamu yang ingin segera mendapatkan keturunan. Sebab, makanan ini dapat membuat gula darah melonjak. Lonjakan gula darah dapat menyebabkan peradangan, mengubah hormon, dan menghambat ovulasi. 

Menurut situs Livestrong, sebaiknya pilihlah karbohidrat dengan pembakaran lambat, seperti roti dan pasta gandum utuh atau nasi merah, kemudian gabungkan dengan protein, serat, dan lemak sehat.

Baca Juga: Angka Kesuburan Global Diprediksi Terjun Bebas Akhir Abad Ini

3. Kafeina

5 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan, Hindari Saat Sedang Promil!unsplash.com/Phil Hearing
Jika kamu sedang dalam program hamil, mungkin kamu perlu mengurangi asupan kafeina. Sebab, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Lancet menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi kafeina setara lebih dari satu cangkir kopi per hari memiliki kemungkinan untuk hamil setengah kali dibandingkan perempuan yang mengonsumsinya kafeina kurang dari jumlah tersebut.
 
Perlu kamu ingat, kafeina tidak hanya ditemukan dalam kopi, tapi juga soda, minuman berenergi, dan cokelat. Jadi, kamu juga harus mengurangi asupan makanan dan minuman tersebut. Akan tetapi, kamu tidak harus berhenti minum minuman berkafeina sepenuhnya.
 

4. Alkohol

5 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan, Hindari Saat Sedang Promil!unsplash.com/Kobby Mendez

CDC merekomendasikan perempuan yang merencanakan kehamilan untuk menghindari alkohol sepenuhnya. Jika tidak, kamu perlu membatasinya hingga maksimal tujuh minuman per minggu. 

Sebab, alkohol dapat menyebabkan kemandulan dan menguras vitamin B tubuh. Vitamin B sendiri memiliki fungsi meningkatkan peluang untuk hamil dan mendukung pertumbuhan janin.

5. Ikan tinggi merkuri

5 Makanan yang Bisa Mengganggu Kesuburan, Hindari Saat Sedang Promil!unsplash.com/Wesual Click
Merkuri dapat merusak sistem saraf. Mengonsumsi makanan laut yang kaya merkuri saat hamil dapat langsung membahayakan janin. Makan ikan dengan merkuri tinggi sebelum kamu hamil dapat menyebabkan tumpukan merkuri dalam tubuh, yang dapat mempengaruhi perkembangan sistem saraf bayi. Padahal, sering kali sistem saraf janin sedang terbentuk sebelum kebanyakan perempuan sadar bahwa mereka hamil. Selain itu, merkuri juga dapat menurunkan kesuburan, menurut jurnal Reproductive Toxicology.
 
Demikianlah beberapa makanan yang dapat mengganggu kesuburan sehingga perlu dihindari oleh kamu yang sedang merencanakan kehamilan. Yang terpenting, pastikan kamu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan besar pada diet.

Baca Juga: Susah Hamil, 8 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesuburan Pria

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya