Comscore Tracker

5 Makanan yang Bisa Jadi Sumber Aprodisiak, Peningkat Gairah Seksual

Ajaibnya, buah dan sayur pun termasuk

Bagi usia dewasa, terlebih untuk mereka yang sudah menikah, kesehatan tidak hanya seputar fisik serta mental yang baik dan bisa beraktivitas dengan lancar. Kehidupan seks pun harus bahagia.

Rupanya, makan dengan benar mampu membuat semangat dan gairah seksualmu tetap menyala. Dikutip dari buku "Cantik, Langsing Berkat Super Food" oleh majalah Fit, berikut ini makanan yang bisa jadi sumber aprosidiak, si peningkat gairah seksual.

1. Sayur dan buah

5 Makanan yang Bisa Jadi Sumber Aprodisiak, Peningkat Gairah SeksualIlustrasi strawberry (Pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Diet dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur dapat memengaruhi kehidupan seks dalam beberapa cara. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga darah mengalir lancar ke seluruh organ-organ penting.

Manfaat lainnya adalah buah dan sayur membantu menurunkan berat badan. Sayur dan buah relatif rendah kalori, namun tinggi serat. Karenanya, kita akan merasa kenyang. 

Obesitas ada hubungannya dengan penurunan kadar testosteron. Dengan begitu, apa yang kita lakukan demi mendapatkan tubuh ideal, akan membantu kehidupan seksual kita juga.

2. Cokelat

5 Makanan yang Bisa Jadi Sumber Aprodisiak, Peningkat Gairah SeksualIlustrasi cokelat batang (Pexels.com/Vie Studio)

Cokelat mengandung phenylethylamine. Dalam ebi.ac.uk, zat ini disebut sebagai senyawa yang bertindak sebagai stimulan sistem syaraf pusat pada manusia. Dengan kata lain, zat ini membuat otak menghasilkan dopamin.

Karenanya, kamu akan merasa senang dan bahagia ketika menikmati cokelat. Dopamin ini juga yang dihasilkan ketika kamu mencapai orgasme.

Namun, cokelat yang terbaik adalah dark chocolate. Jenis cokelat ini tidak mengandung banyak pemanis. Bila kamu tak suka, cobalah menyantap cokelat dalam ukuran sedang saja agar berat tubuhmu tak melonjak dan memengaruhi kehidupan seksualmu.

Baca Juga: 5 Alasan Melakukan Seks setelah Bertengkar Itu Bagus untuk Hubungan

3. Kedelai

5 Makanan yang Bisa Jadi Sumber Aprodisiak, Peningkat Gairah Seksualilustrasi kedelai (pexels.com/Polina Tankilevitch)

Selain dimakan begitu saja, kedelai dapat kita nikmati dalam bentuk tahu, tempe, atau susu kedelai. Tentu saja, deretan makanan dan minuman tadi rendah lemak dan tinggi protein.

Selain itu, kedelai mengandung phytoestrogen yang dapat melawan PMS (sindrom pramenstrual) serta menopause. Keduanya diketahui dapat mengganggu kehidupan seks.

Kedelai dapat mengikat reseptor estrogen, sehingga wanita yang jumlah estrogennya menurun, akan terbantu. Di samping itu, kedelai akan membantu daerah vagina agar tetap terlubrikasi.

4. Kacang-kacangan

5 Makanan yang Bisa Jadi Sumber Aprodisiak, Peningkat Gairah Seksualilustrasi kacang tanah (pexels.com/Lucas Pezeta)

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, chestnut, hazelnut, mede, pistachios, dan pine nut, dapat membantu kesehatan sistem pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah ke area genital akan tetap lancar.

Kacang-kacangan juga kaya akan lemak omega-3, di mana jenis lemak ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Ada pula nutrisi seperti magnesium, asam folat, dan zinc yang penting untuk kesehatan jantung.

5. Tiram

5 Makanan yang Bisa Jadi Sumber Aprodisiak, Peningkat Gairah SeksualIlustrasi kerang-kerangan (Pexels.com/Elle Hughes)

Tiram memiliki kandungan zinc yang tinggi untuk kesehatan reproduksi. Pada laki-laki, zinc dibutuhkan demi memproduksi testosteron dan memenuhi jumlah sperma. Jika kekurangan, risiko masalah prostat bisa menghampiri.

Selain tiram, kamu juga bisa coba salmon, kerang remis, dan sarden. Semuanya kaya akan lemak tak jenuh tunggal omega-3 yang baik bagi jantung.

Itu dia beberapa makanan yang bisa jadi aprodisiak. Gak semuanya mahal, bahkan telur dan kacang-kacangan bisa menggugah gairah seksualmu. Selamat mencoba, ya!

Lita Michelle Photo Verified Writer Lita Michelle

I believe the grass is no more greener on the other side

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya