Comscore Tracker

Resep Cireng Bumbu Cobek, Rasa Pedas Manisnya Bikin Nagih!

Sekali santap, langsung ketagihan

Cireng cobek adalah jajanan khas Bandung yang terdiri dari cireng yang dibumbui cobek. Bumbu cobek sendiri merupakan olahan gula merah dan cabai rawit yang dihaluskan dengan kencur.

Alhasil, bumbu cobek ini menciptakan rasa pedas manis yang bikin nagih. Apalagi ditambah dengan cireng yang krispi dan kenyal, rasanya makin menggugah selera. Mau tahu resepnya seperti apa? Begini cara membuat cireng bumbu cobek untuk camilan di rumah.

1. Bahan untuk membuat cireng cobek

Resep Cireng Bumbu Cobek, Rasa Pedas Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi tepung (pexels.com/ShotPot)

Bahan cireng:

  • 250 gram tepung tapioka (adonan)
  • 2 sdm tepung tapioka (bahan biang)
  • 4 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Garam secukupnya
  • 400 ml air

Bahan bumbu cobek:

  • 1 siung bawang putih
  • 1 ruas kencur
  • 50 gram gula merah
  • Cabai rawit secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Baca Juga: Resep Cireng Isi Ayam Suwir Pedas, Gurih Pedasnya Nikmat!

2. Cara membuat cireng yang kenyal dan kriuk 

Resep Cireng Bumbu Cobek, Rasa Pedas Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi tepung (pexels.com/Nicole Michalou)

Pertama, buat cireng terlebih dahulu. Siapkan bahan-bahan untuk membuat cireng seperti tepung tapioka, bawang putih yang dihaluskan, garam, kaldu dan air secukupnya.

Masukkan 250 gram tepung tapioka, kaldu, bawang halus dan garam ke dalam wadah, campurkan dengan bahan biang yakni tepung tapioka yang telah dilarutkan air panas, aduk secara perlahan hingga menjadi adonan kenyal.

Uleni adonan tersebut hingga dapat dibentuk pipih seperti cireng. Panaskan minyak goreng, lalu goreng cireng hingga matang. Setelah itu angkat dan tiriskan.

3. Cara membuat bumbu cobek 

Resep Cireng Bumbu Cobek, Rasa Pedas Manisnya Bikin Nagih!Sambal ulek (Instagram.com/heytheresia)

Setelah membuat cireng, sekarang saatnya membuat bumbu cobeknya. Bahan bumbu cobek terdiri dari gula merah, bawang putih, kencur, cabai, garam dan air secukupnya.

Taruh gula merah, bawang, kencur dan cabai di atas cobek, kemudian ulek bumbu tersebut sampai tercampur rata. Tambahkan sedikit garam dan air secukupnya sampai bumbu cobek mengental, aduk rata.

4. Campurkan cireng dengan bumbu cobek 

Resep Cireng Bumbu Cobek, Rasa Pedas Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi memasak (pexels.com/Katerina Holmes)

Di poin awal, kita sudah mengetahui cara membuat cireng yang kenyal dan krispi, lalu di poin selanjutnya kita sudah mengetahui cara membuat bumbu cobek khas Bandung, yang rasanya dijamin bikin nagih.

Nah, di poin kali ini, kita akan mencampuri kedua olahan tersebut di dalam satu cobekan. Masukkan cireng ke dalam bumbu cobek yang sudah diulek tadi, aduk perlahan sampai bumbunya merata keseluruhannya.

Baca Juga: Resep Cireng Salju Crispy Bumbu Rujak, Anti Gagal!

5. Nikmati cireng bumbu cobek 

Resep Cireng Bumbu Cobek, Rasa Pedas Manisnya Bikin Nagih!ilustrasi cireng cobek (youtube.com/dapur hani)

Jika cireng sudah tercampur rata dengan bumbu cobek, kemudian sajikan ke piring untuk siap dinikmati. Inilah sajian cireng cobek khas Bandung, yang punya cita rasa pedas manis yang bikin nagih.

Tak hanya itu, kamu bisa menikmati kenyal dan renyahnya dari cireng tersebut. Sungguh keduanya memiliki perpaduan rasa yang unik, sehingga sangat nikmat disantap.

Kamu wajib coba jajanan satu ini yang berasal dari kota Kembang, cireng cobek biasanya dijajakan di pinggir jalan. Resep sederhana ini bisa kamu coba dirumah untuk membuat cireng bumbu cobek yang lezat ini.

Gebialya R. Photo Verified Writer Gebialya R.

Learning is the basis of life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya