Comscore Tracker

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!

Sudah pernah mencobanya?

Radang amandel atau istilah kedokterannya tonsilitis adalah salah satu jenis penyakit yang terjadi di tenggorokan. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Rasa sakit saat menelan sampai demam merupakan gejala yang timbul dari radang ini. Nah, banyak yang bilang kalo penyakit amandel cuma bisa disembuhkan melalu operasi lho. Eits jangan takut dulu guys, berikut empat obat alami atasi radang amandel yang bisa kamu temukan dengan mudah.

Apa saja?

1. Jeruk nipis

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!unsplash.com/rawpixel

Bahan alami pertama yang bisa kamu jadikan obat amandel kamu adalah jeruk nipis. Memang bukan rahasia lagi bahwa buah yang satu ini memiliki khasiat yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Kandungan zat anti-bakteri yang terkandung dalam jeruk nipis dipercaya ampuh untuk mengusir virus jahat yang mengganggu amandel kamu.

Dengan cara membuat ramuan perasaan jeruk nipis dengan sedikit kapur sirih, dijamin deh radang amandel kamu bakal membaik. Ingat kamu harus rutin minum ramuan ini sampai bengkak amandel kamu hilang.

2. Mengkudu

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!Instagram.com/product_at_all

Walaupun rasanya pahit, tanaman khas Indonesia ini juga dipercaya ampuh mengatasi radang amandel lho. Yups, buah mengkudu atau juga sering disebut pace ini emang diketahui memiliki kandungan zat yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah  zat antibakteri seperti antrakuninon, acubin, dan alizarin yang diduga mampu mengatasi radang amandel.

Cara membuat ramuan untuk radang amandel dari tumbuhan ini gampang kok. Kamu cukup mengambil dua buah mengkudu, lalu cuci bersih, setelah itu parut dan peras buah mengkudu. Setelah itu campurkan dengan air hangat dan aduk rata.

Kalau kamu gak tahan dengan rasa pahitnya, kamu bisa kok menambahkan madu di dalamnya. Dijamin radang amandel kamu bakal sembuh kalo kamu rajin mengonsumsinya.

Baca Juga: 7 Penyebab Radang Tenggorokan Ini Paling Umum Terjadi, Waspadalah!

3. Kulit manggis

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!Instagram.com/sayurbox

Gak cuma rasa daging buahnya aja yang enak untuk dimakan, ternyata kulit dari buah berbentuk bulat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat lho.

Yups, kulit manggis diketahui memiliki segudang zat yang baik untuk tubuh. Gak cuma kaya dengan antioksidan, kulit manggis juga mengandung zat anti-peradangan dan anti-bakteri yang mampu membunuh kuman yang menyebabkan radang.

Cara membuat ramuan dari kulit manggis ini mudah kok guys. Kamu cuma perlu merebus kulit manggis hingga mendidih, lalu angkat dan tiriskan. Setelah hangat, ramuan ini bisa kamu gunakan untuk kumur-kumur. Lakukan sampai radang amandel kamu reda ya.

4. Madu

4 Obat Alami Atasi Radang Amandel, Gak Perlu Operasi!shutterstock.com/almaje

Terakhir, cara alami yang bisa membuat radang amandel kamu sembuh adalah dengan mengonsumsi madu secara rutin.

Yups, madu emang sudah teruji sebagai antibiotik alami yang ampuh banget mengusir virus maupun bakteri jahat dalam tubuh. Kamu cuma perlu mencampurkan beberapa sendok dalam air hangat, lalu aduk hingga rata dan minum secara rutin. Dijamin deh, sakit di tenggorokanmu bakalan membaik secara perlahan. Kalo mau lebih enak, tambahkan perasan lemon di dalamnya.

Ingat guys, selain minum ramuan dari bahan alami yang bisa mengatasi radang amandel di atas, kamu juga perlu memperhatikan makanan dan minuman apa saja yang masuk ke tubuh kamu agar penyakit radang amandel kamu cepat sembuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Kunyit untuk Tubuh, Bahan Dapur yang Bisa Jadi Obat Alami

Ocha Lubis Photo Verified Writer Ocha Lubis

I like food so iam interesting for cooking. Iam simple how about u ☺☺☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You