Comscore Tracker

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!

Kebab itu bukan hanya daging yang dibungkus roti tipis saja

Apa yang kamu bayangkan ketika seseorang membahas tentang kebab? Daging panggang asal Turki yang dibungkus roti mirip tortila? Jika iya, kamu benar. Tapi itu hanya salah satu dari sekian banyak jenis kebab.

Pada dasarnya kebab di Turki terdiri atas berbagai jenis olahan berbahan dasar daging. Di Turki sendiri ada puluhan jenis kebab yang tersedia, tapi ada 8 jenis kebab yang paling populer. Ini dia contohnya.

1. Adana Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!wikipedia.org/

Kebab ini menggunakan daging yang dicincang manual dengan pisau berbentuk bulan sabit. Daging cincang ini lalu dicampur paprika dan garam.

Setelah daging benar-benar halus, adonan daging ini kemudian dipanggang dengan menggunakan besi yang bentuknya pipih dan panjang. 

2. Alinazik Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!dailysabah.com

Kebab ini termasuk kebab yang pembuatannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menumis daging dengan garam, jintan, paprika merah dan lada hitam. Kamu bisa menggunakan daging berbentuk dadu ataupun yang sudah dicincang halus. Daging yang sudah matang ditaruh di atas isi dari terung panggang yang sudah dicampur bawang putih dan yogurt.

3. Doner Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!insider.com

Doner kebab adalah variasi kebab yang paling umum dijumpai. Kebab jenis ini sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia.

Doner kebab dibuat dengan cara menumpuk daging yang sudah dibumbui dengan menggunakan besi vertikal yang memiliki pemanggang di sisi lainnya. Lalu daging yang sudah matang diiris dan dimasukkan ke dalam roti khas Turki. Roti ini juga diisi dengan berbagai jenis sayuran.

4. Gardener's Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!lezzet.com.tr

Kamu bisa memasukkan berbagai jenis sayuran atau kacang-kacangan dalam kebab ini. Pembuatannya juga cukup mudah. Tinggal menumis daging bersama tomat, buncis, zucchini, paprika, kacang polong. Bumbunya hanya lada dan garam.

Kalau mau, kamu juga bisa menambahkan wortel dan kentang.lalu tambah air dan rebus hingga daging empuk.

Baca Juga: Resep Yummy Shish Taouk, Kebab Daging Ayam Khas dari Lebanon

5. Çökertme kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!youtube.com/ Hatay Sandık İçi

Karena berasal dari wilayan Bodrum di barat daya Turki, kebab ini juga dikenal dengan Kebab Bodrum.

Kebab ini dibuat menggunakan daging sapi yang diasinkan.  Lalu, daging di potong tipis memanjang dan ditumis dengan tambahan garam dan lada hitam. Sajikan dengan kentang goreng, yoghurt bawang putih, saus dari tomat, dan paprika.

6. Kağıt Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!lezzet.com.tr

Beda dari yang lainnya, kebab ini dimasak dengan menggunakan kertas. Awalnya daging dan beberapa sayuran dimasak biasa di atas kompor. Baru dibungkus dengan kertas tahan panas dan dipanggang di oven.

7. Beyti Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!recipesmaking.com

Pembuatan beyti kebab pada dasarnya sama dengan adana kebab. Pertama, daging cincang dicampur dengan bawang, minyak dan rempah. Adonan ini kemudian dipanggang dengan menggunakan besi pipih dan panjang.

Setelah masak, daging ini kemudian dilepas dari besi pipih dan dibungkus dengan roti yang mirip tortila. Panggang sebentar, lalu potong dan sajikan dengan saus tomat.

8. Bostan Kebab

8 Jenis Kebab Populer yang Biasa Kamu Temukan di Turki, Lezat Semua!restarif.com

Kebab ini sama-sama menggunakan terung seperti alinazik kebab. Bedanya, daging cincang yang sudah ditumis dengan bumbu ditaruh di atas terung goreng yang sudah dibelah dua. Terung dan daging ini kemudian dipanggang lagi di dalam oven.

Itu dia 8 kebab populer yang bisa kamu temukan di Turki. Ternyata variatif banget ya. Di antara kebab-kebab ini, mana yang paling ingin kamu coba?

Baca Juga: Bikin Kenyang, 7 Jenis Roti Ini Paling Populer di Turki

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya