Comscore Tracker

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!

Dari gorengan hingga sala, ini dia olahan seafood Karibia

Karibia terkenal dengan laut dan pantai-pantai indahnya. Dengan keindahan alamnya ini, tak heran jika wilayah Karibia dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi, seperti Paradise Island dan Museum Bob Marley.

Namun jangan lupa, wisata kuliner juga salah satu hal yang tak bisa kamu dilewatkan ketika berada di sana. Terutama hidangan berbahan dasar seafood. Apalagi posisinya yang berada di dekat laut membuat seafood-seafood ini terjaga kesegarannya.

Bagi kamu yang tertarik jalan-jalan ke Karibia, beberapa olahan seafood di bawah ini layak untuk dicoba.

1. Conch fritters 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!conch fritters (instagram.com/foodhism)

Conch fritters merupakan hidangan dari daerah Bahama. Makanan ini terbuat dari daging keong yang dimasak dalam adonan tepung. Tomat, bawang, seledri, paprika, sayur dan berbagai bumbu ditambahkan ke dalam adonan tepung ini.

Umumnya makanan ini memiliki cita rasa yang cenderung pedas. Conch fritters paling pas dinikmati dengan saus celup khas Bahama yang terbuat dari jus jeruk nipis, mayones, saus tomat, saus pedas, garam, dan merica.

2. Bake and shark 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!bake and shark (instagram.com/scrumptious_meals_tt)

Bake and shark merupakan makanan cepat saji yang khas dari daerah Trinidad. Hidangan ini terbuat dari roti pipih goreng yang diisi dengan potongan daging hiu, saus, dan berbagai bahan lainnya.

Karena makanan ini menggunakan bahan daging hiu, sehingga bake and shark sering menimbulkan perdebatan. Semua ini berkaitan dengan penangkapan hiu yang menghambat ekosistem laut.

3. Cracked conch 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!cracked conch (instagram.com/valentinesresort)

Cracked conch merupakan salah satu hidangan Bahama yang paling populer. Hidangan ini terbuat dari daging siput laut yang digoreng tepung. Teksturnya renyah diluar tapi lembut di dalam.

Cracked conch bisa dinikmati dengan kentang goreng atau olahan nasi dan kacang polong. Saat dipasangkan dengan kentang goreng, hidangan ini biasanya disajikan dengan saus cabai atau tomat. 

4. Brown stew fish 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!brown stew fish (instagram.com/drezee.sr)

Makanan khas Jamaika ini dibuat dengan dari ikan goreng yang dimasak dengan saus dengan cita rasa manis dan gurih. Saus ini terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, jahe, tomat, mentega, air, thyme dan berbagai jenis cabai. Ikan kakap atau hake adalah jenis ikan yang umum digunakan.

Masyakat Jamaika biasa menikmati brown stew fish dengan olahan nasi dan kacang polong atau ubi dan pisang.

5. Escovitch fish 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!escovitch fish (instagram.com/fullaflava1)

Escovitch fish merupakan hidangan klasik Jamaika. Untuk membuatnya, ikan dibumbui dan diasinkan terlebih dahulu, lalu digoreng dan disiram dengan saus escovitch dengan cita rasa asam dan pedas. Saus ini terbuat dari cuka, bawang bombay, paprika, wortel, dan scotch bonnet pepper.

Kadang ditambah juga dengan bawang putih, jahe, daun salam, thyme, dan saus Worcestershire.

Baca Juga: 9 Ragam Olahan Nasi yang Bisa Kamu Nikmati di Karibia

6. Ackee and saltfish 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!ackee and saltfish (instagram.com/myvegankitchenlife)

Ackee and saltfish merupakan hidangan nasional Jamaika. Hidangan ini terbuat dari buah ackee dan ikan asin kering. Buah ackee ini terkenal dengan toksisitasnya sehingga hanya boleh dikonsumsi ketika daging buah berwarna kuning cerah dengan biji berwarna hitam.

Ikan asin digoreng dengan ackee rebus, bawang, cabai pedas, tomat, dan lada hitam. Biasa makanan ini disajikan dengan pisang raja, bacon atau tomat segar.

7. Jamaican steamed fish 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!jamaican steamed fish (instagram.com/evefamilyfoods)

Sesuai namanya, ikan kukus ini berasal dari Jamaika. Umumnya ikan yang digunakan adalah kakap merah yang dimasak dengan saus dengan cita rasa pedas dan gurih. Sausnya sendiri terbuat dari mentega, wortel, tomat, bawang, thyme, bawang putih, lada hitam, dan cabai scotch bonnet.

Jamaican steamed fish dapat dikonsumsi sendiri atau dipasangkan dengan nasi, pisang rebus, dan kerupuk.

8. Callaloo 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!callaloo (instagram.com/embracedominica)

Callaloo menjadi hidangan populer di Virgin Islands, tapi juga biasa dikonsumsi di berbagai kawasan Karibia. Aneka jenis seafood dapat digunakan untuk hidangan ini. Seafood ini dimasak bersama sayur-sayuran dan daging yang diasinkan.

Kangkung, bayam, okra, dan talas adalah sayur yang umum digunakan untuk hidangan yang satu ini. Bahan-bahan ini akan dimasak bersama santan dan bumbu lokal dari tiap-tiap daerah di Karibia.

9. Conch salad 

9 Ragam Olahan Seafood dari Karibia, Segar dan Nikmat Banget!conch salad (instagram.com/conchsabrososauce)

Salad yang satu ini merupakan hidangan yang populer di Bahama. Conch salad dibuat dari daging keong putih mentah yang dicampur dengan tomat cincang halus, paprika, bawang, goat pepper, jeruk nipis, dan jus jeruk. Ada juga versi salad tropis dengan campuran apel, nanas, dan mangga.

Biasanya conch salad versi tropis ini memiliki rasa yang tidak terlalu pedas. Hidangan ini sangat pas dinikmati dengan sky juice.

Gimana, olahan seafood di atas cukup menggiurkan, bukan? Jika kamu ke Karibia, hidangan mana yang paling ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Fakta Pantai Maho Karibia yang Bersebelahan dengan Bandara

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & hype

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya