Comscore Tracker

5 Jenis Kacang Termahal di Dunia, Macadamia Nomor 1

Meski mahal tapi banyak penggemarnya, lho

Siapa nih yang suka ngemil kacang? Makan kacang memang enak sih, gurih dan bikin nagih! Kacang termasuk salah satu camilan sehat yang bisa jadi teman untuk menikmati hari santaimu.

Di dunia ini ada beragam jenis kacang dengan harga yang berbeda-beda. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata ada jenis kacang yang memiliki harga yang cukup fantastis, lho. Melansir mostexpensivehub, berikut adalah sederet jenis kacang termahal di dunia. 

1. Macadamia

5 Jenis Kacang Termahal di Dunia, Macadamia Nomor 1potret kacang macadamia (instagram.com/lotus_organicsplus)

Kacang macadamia berasal dari Australia. Banyak negara sudah membudidayakan kacang ini, termasuk Indonesia. Kacang ini biasanya digunakan sebagai campuran cokelat, bahan pembuat kue, dan campuran es krim. Meski kulit luarnya keras, rasa kacangnya lembut. Untuk memperoleh kacang ini butuh proses sekitar 7--10 tahun sebelum dapat dipanen dan diolah.

Rata-rata petani hanya bisa melakukan panen sebanyak 5--6 kali dalam setahun. Wajar saja jika macadamia menempati posisi pertama kacang paling mahal di dunia. Biji kacang macadamia juga memiliki kandungan lemak lebih banyak dibandingkan jenis kacang lainnya. Sebanyak 80% minyak yang dihasilkan berguna untuk kosmetik, terutama untuk produk perawatan kulit. Harga kacang Macadamia kupas di pasaran mencapai Rp700 ribu/kg.

2. Pine nuts 

5 Jenis Kacang Termahal di Dunia, Macadamia Nomor 1potret kacang pinus (instagram.com/karacakozalakk)

Pine nuts atau kacang pinus adalah biji yang berasal dari pohon pinus. Kacang ini bisa dimakan mentah atau dipanggang dulu. Rasanya renyah dan cenderung manis, cocok buat dijadikan camilan. Negara yang paling banyak memproduksi kacang pinus adalah China dan Italia. Kacang ini biasa digunakan dalam pembuatan saus pesto khas Italia yang rasanya lezat dan sangat beraroma.

Kacang pinus sulit ditemukan di Indonesia. Harganya terbilang mahal karena pertumbuhan pohon pinus sangat lambat. Memetiknya pun sulit, butuh tenaga profesional yang sudah terlatih. Cara mendapatkannya harus menggantung di pohon untuk menjatuhkan kacang ke tanah. Untuk mendapatkan 1 kg kacang pinus mentah, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp600 ribu/kg.

Baca Juga: 5 Trivia Jat-juk, Bubur Kacang Pinus ala Korea yang Bagus untuk Kulit 

3. Pistachio

5 Jenis Kacang Termahal di Dunia, Macadamia Nomor 1potret kacang pistachio (instagram.com/zibanfood)

Kacang pistachio berasal dari Timur Tengah dan biasanya dijual dalam keadaan utuh bersama cangkang kulitnya. Kacang yang berasal dari biji buah Pistacia vera ini termasuk salah satu jenis kacang populer di Indonesia. Kepopulerannya banyak ditemui pada hidangan es krim dan dessert.

Rasanya sedikit manis dan jika diberi taburan garam, rasanya menjadi lebih enak. Kacang ini kaya akan protein, serat, dan potasium di dalamnya yang membuat kenyang lebih lama. Cocok buat diet nih. Pistachio mulai menghasilkan kacang pada tahun ke-4 atau ke-5 setelah ditanam. Di Indonesia, harga pistachio tidaklah murah, yakni mulai dari Rp400 ribu untuk 1 kg pistachio.

4. Almond

5 Jenis Kacang Termahal di Dunia, Macadamia Nomor 1potret kacang almond (instagram.com/yourwellnessis)

Kacang yang berasal dari tanaman Prunus dulcis di Timur Tengah ini juga termasuk salah satu kacang favorit sepanjang masa. Kacang yang sering kita jumpai dalam coklat atau pun kue ini tak hanya memiliki rasa yang super enak, namun juga karena banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Harga almond termasuk mahal karena produksi almond bergantung pada iklim. Ketika cuaca dingin, pohon almond tidak aktif.

Budi daya almond juga sangat mahal karena membutuhkan banyak tenaga kerja. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan, mulai dari proses pengambilan di pohon hingga almond dapat dikonsumsi. Untuk dapat menikmati kacang almond satu kilogram, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp250--300 ribu.

5. Chestnust

5 Jenis Kacang Termahal di Dunia, Macadamia Nomor 1potret chestnust (instagram.com/startdietbymariabali)

Chestnut atau yang biasa dikenal dengan nama kacang kastanye ini berasal dari pegunungan Eropa dan Asia. Kacang yang biasanya dijual pada musim dingin ini merupakan salah satu jenis kacang yang memiliki kulit yang lebih tebal dan rasa yang lebih manis daripada jenis kacang lainnya. Teksturnya menjadi kenyal dan renyah ketika dipanggang.

Kacang yang berasal dari genus castanea ini memiliki isi yang lebih besar daripada kacang pada umumnya dengan cangkang yang agak sulit dibuka. Kacang kastanye dapat diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dikukus. Selain rendah lemak dan kalori, kacang kastanye juga punya banyak manfaat kesehatan. Untuk 1 kg kacang kastanye kamu harus mengeluarkan dana sekitar 225 ribu rupiah.

 

Itu dia beberapa jenis kacang termahal di dunia. Rasanya yang nikmat dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, pantas saja membuat harganya tinggi. Kamu pernah coba yang mana saja, nih?

Baca Juga: 10 Manfaat Chestnut atau Kacang Kastanya, Lezat dan Penuh Nutrisi

Malika Nabilla Larasati Photo Verified Writer Malika Nabilla Larasati

Senang dengan berita unik dan menarik? Jadilah penulis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya