Comscore Tracker

Bikin Kulit Glowing? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Makan Kulit Ikan  

Supersehat!

Apa kamu tipe orang yang saat makan ikan cuma makan dagingnya saja? Biarpun gak ada yang salah dengan itu, kamu perlu tahu kalau bagian tubuh ikan yang lain seperti tulang dan kulitnya juga mengandung nutrisi yang gak bisa disepelekan. Kamu mungkin menghindari kulit ikan karena baunya amis, tapi nutrisi yang ada pada kulit ikan dapat memberimu segudang manfaat, lho.

Dilansir laman Healthline dan The Better Fish, ini lima alasan kamu perlu makan kulit ikan!

1. Kaya protein

Bikin Kulit Glowing? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Makan Kulit Ikan  Unsplash/b_elena

Gak cuma dagingnya saja, kulit ikan juga mengandung protein. Sebagai salah satu nutrisi penting, protein berperan membentuk jaringan seperti otot di dalam tubuhmu dan mengurangi risiko gangguan kesehatan seperti kekurangan zat besi.

Bahkan, beberapa jenis protein yang berperan dalam kinerja sistem imun juga ditemukan di lendir kulit ikan. Pokoknya, gak boleh kamu lewatkan!

2. Kaya lemak sehat omega-3

Bikin Kulit Glowing? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Makan Kulit Ikan  Freepik/KamranAydinov

Omega-3 merupakan jenis lemak sehat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi cukup omega-3 dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, melindungi kehamilan, dan mengurangi risiko gangguan pada otak.

Lemak sehat omega-3 memang paling banyak ditemukan pada daging, tapi bisa kamu temukan juga pada kulit ikan dengan jumlah cukup.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Ikan Cue Keranjang, Nikmatnya Bikin Ketagihan 

3. Bikin kulit glowing dan awet muda

Bikin Kulit Glowing? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Makan Kulit Ikan  Freepik/timolina

Selain protein dan omega-3, kulit ikan juga jadi sumber kolagen dan vitamin E yang baik. Keempat nutrisi ini berkontribusi baik pada kesehatan kulitmu, mulai dari menjaga hidrasi dan elastisitas, memperbaiki lapisan kulit yang rusak, mengurangi tanda-tanda penuaan, sampai melindungi dari efek buruk sinar matahari. Rutin makan ikan beserta kulitnya dijamin bikin kulitmu glowing dan awet muda.

4. Menyeimbangkan asupan nutrisimu

Bikin Kulit Glowing? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Makan Kulit Ikan  Freepik/timolina

Makan ikan beserta kulitnya dapat menyeimbangkan asupan nutrisimu. Bila makan dagingnya saja, kamu bisa melewatkan nutrisi dan minyak bermanfaat yang terdapat juga pada kulitnya. Pilihlah ikan-ikan yang menawarkan banyak nutrisi seperti salmon, cod, makerel, nila, sarden, lemadang (mahi mahi), herring, dan lain sebagainya.

5. Mudah didapat dan diolah

Bikin Kulit Glowing? Ini 5 Alasan Kamu Perlu Makan Kulit Ikan  Unsplash/mbriney

Mengolah ikan supaya kulitnya bisa dimakan sangat mudah. Pengolahan sederhana, seperti digoreng atau dibakar, bisa kamu lakukan. Perlu kamu ingat bahwa kulit tiap ikan berbeda-beda. Pilihlah pengolahan yang sesuai dan meningkatkan cita rasanya. Kamu pun juga bisa membeli kulit ikan dalam bentuk kerupuk yang cocok banget jadi camilan saat gabut.

Nah, setelah tahu alasannya apa, kamu tergoda untuk makan ikan? Belilah ikan segar tanpa merkuri di tempat terpercaya dan jangan lupa untuk mencucinya bersih sebelum diolah, ya!

Download aplikasi masak Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Perbedaan Ikan Air Tawar dan Ikan Air Laut Ini?

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya