Comscore Tracker

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin Gemuk

Bisa bikin sehat dan menurunkan berat badan!

Siapa, sih, yang tidak suka ngemil? Dan siapa yang belum pernah mengeluh kegemukan gara-gara ngemil? Semua orang pasti pernah mengalaminya, termasuk kamu. Dan cara yang diambil kalau sudah mengeluh kegemukan tetap sama, berhenti ngemil.

Padahal, ngemil bisa jadi salah satu cara paling efektif untuk memenuhi nutrisi yang belum terpenuhi, bahkan bisa menurunkan berat badan! Bagaimana caranya? Berikut strategi ngemil yang gak bikin gemuk! Disimak, ya!

1. Hindari ngemil saat atau sambil menonton televisi

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukUnsplash/creativeexchange

Aneh, memang. Justru ngemil adalah aktivitas sampingan wajib saat nonton drama Korea atau anime. Perlu kamu ketahui bahwa ketika kamu ngemil sambil nonton TV, seluruh perhatianmu tercurahkan pada acara yang ada di televisi. Kamu tidak sadar sudah berapa banyak camilan yang masuk ke dalam perutmu.

Hal ini juga terjadi ketika kamu sedang makan. Melakukan aktivitas lain sambil makan seperti menonton televisi akan membuatmu makan lebih banyak dari yang diperlukan. Mungkin tidak mengapa kamu ngemil sambil menonton televisi, tapi pastikan kamu tidak lupa diri.

2. Ngemil-lah untuk memenuhi nutrisi

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukUnsplash/creativeexchange

Ketika kamu tidak bisa atau tidak sempat memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh dalam menu makanan rutin, kamu bisa mengisi kekurangannya dengan camilan. Semisal kamu kurang mendapatkan vitamin, kamu bisa ngemil buah-buahan atau snack yang mengandung vitamin. Dengan cara ini, acara ngemil bisa membuatmu lebih sehat dan ternutrisi dengan baik.

3. Ngemil protein dan serat

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukUnsplash/alienowicz

Kita cenderung ngemil snack yang mengandung banyak gula dan kalori. Perlu kamu ketahui, bahwa gula dan kalori yang terkandung dalam snack merupakan biang keladi naiknya berat badan. Gantilah gula dan kalori dengan mengonsumsi protein dan serat. Tak hanya sehat, protein dan serat bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Kamu bisa mendapatkan protein dan serat dari buah-buahan, telur rebus, yogurt, keju, kacang almond, dan lain-lain.

Baca Juga: Hindari 5 Situasi Ini Agar Tidak Tergoda Ngemil Saat Diet

4. Jangan telat makan atau lupa makan

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukUnsplash/heftiba

Telat makan atau lupa makan akan membuatmu ngemil lebih banyak untuk mengisi kekosongan dalam perutmu. Jangan sampai kamu telat makan, atau bahkan sengaja tidak makan supaya bisa ngemil camilan yang kamu tunggu-tunggu itu. Selalu makan secara rutin dan tepat waktu, ya!

5. Jangan menyiman camilan tidak sehat

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukUnsplash/pacific_argonaut

Mulailah berhenti membeli camilan tidak sehat dan menyimpannnya di rumah atau kantor. Mungkin sesekali tidak masalah, terutama kamu menggunakannya untuk menghadiahi dirimu sendiri setelah bekerja keras. Namun, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang tidak selalu kamu lihat untuk menghindari godaan memakannya.

6. Sediakan camilan sehat

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukPexels/@fotios-photos

Mulai masukkan camilan sehat dalam daftar belanja mingguan atau bulananmu. Selalu sediakan camilan sehat di rumah atau di kantor sebagai persediaan, atau ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Dengan cara ini, kamu jadi tidak punya pilihan lain selain ngemil camilan sehat.

7. Minum air sebelum ngemil

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukUnsplash/johnnymcclung

Air akan membuatmu kenyang terlebih dulu dan lebih cepat. Dengan cara ini, kamu bisa menghindari terlalu banyak ngemil. Selain itu, minum air juga dapat melancarkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Cara lainnya, kamu bisa menyediakan camilan yang mengandung banyak air, seperti buah-buahan atau olahannya.

8. Bertekadlah untuk ngemil secara sehat!

Doyan Ngemil? Ini 8 Strategi Ngemil Biar Gak Bikin GemukPexels/@nix-photo-1109016

Percuma saja kamu ingin sekali ngemil tanpa gemuk, tapi kamu tidak bertekad ngemil secara sehat. Tegaslah pada dirimu sendiri untuk menghindari camilan tidak sehat. Percayalah bahwa kamu bisa mulai ngemil secara sehat.

Sebenarnya ngemil tidak membuatmu gemuk. Apa yang kamu makan dan seberapa banyak kamu memakannya, adalah yang membuatmu gemuk. Ganti camilan yang ada dengan camilan sehat, dan jangan lupa untuk memastikan kebutuhan nutrisimu terpenuhi.

Baca Juga: Hindari 5 Situasi Ini Agar Tidak Tergoda Ngemil Saat Diet

Ina Suraga Photo Community Writer Ina Suraga

"And the servants of the Most Merciful are those who walk upon the earth gently, and when the ignorant address them [harshly], they say [words of] peace," Quran (25:63)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You