Comscore Tracker

5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manis

Ragam masakan sedap siap menemani waktu santaimu

Labu menjadi salah satu hasil panen yang memiliki turunan tidak sedikit. Terdapat bermacam-macam jenis labu yang kerap dikonsumsi masyarakat dengan bentuk, warna, dan rasa yang cukup berbeda.

Salah satunya adalah kabocha. Jenis labu musim dingin ini selalu menjadi kesukaan, karena memiliki rasa yang manis dengan sensasi yang agak mirip ubi. Tak cuma itu, terdapat semburat nutty flavour yang bikin kabocha tambah unik.

Sama seperti labu yang lain, kabocha pun dengan mudah bisa dijadikan salah satu bahan baku pembuatan makanan enak. Lima di antaranya bisa kamu dapatkan di bawah ini.

1. Roasted kabocha

5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manisilustrasi roasted kabocha (unsplash.com/henry perks)

Kabocha panggang menjadi alternatif camilan atau makanan utama bagi kamu yang ingin menikmati hidangan sehat. Tak banyak bahan yang ditambahkan ke dalam sajian ini, demi menjaga keutuhan rasa utama.

Kemudian, gunakan kabocha yang telah dipotong-potong kecil dan masukkan ke dalam loyang. Di sini kamu bebas mengoleskan minyak atau tidak pada olahan. Setelah matang, taburi hidangan menggunakan garam.

2. Kabocha curry

5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manisilustrasi kabocha curry (unsplash.com/Kalyani Akella)

Kabocha gak harus selalu disantap untuk menemani hidangan manis, lho. Oleh sebab itu, makanan ini pun bisa diolah menjadi lauk utama ketika hendak membuat santapan lezat berkuah seperti kari.

Bahan yang diperlukan dalam proses pengolahan kari tersebut adalah kabocha, pasta kari, santan, kaldu sayur atau daging, bawang-bawangan, daun basil, serta bumbu masak lain untuk mengoreksi rasa makanan.

Baca Juga: 6 Ide Olahan Labu Kuning yang Rasanya Nikmat, Kamu Harus Coba!

3. Mashed kabocha

5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manisilustrasi mashed kabocha (unsplash.com/Irina)

Makanan serba tumbuk tidak cuma berlaku untuk kentang. Sebab kini, kamu pun bisa menjadikan kabocha sebagai hidangan serupa yang paling pas untuk menemani waktu sarapan atau makan malam.

Mirip dengan mashed potato, kabocha tumbuk pun perlu dikukus terlebih dahulu sampai melunak. Kemudian lumatkan bahan tersebut dan campur bersama mentega, krim, serta tambahan keju untuk melengkapi sajian.

4. Kabocha gnocchi

5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manisilustrasi kabocha gnocchi (unsplash.com/Max Nayman)

Bagi pencinta pasta, gnocchi merupakan bagian dari hidangan tersebut yang memiliki bahan baku dari kentang. Rasanya jadi lebih lembut dan bisa pula disandingkan dengan bermacam-macam saus untuk menghasilkan rasa yang sedap.

Seiring berkembangnya industri kuliner, kamu gak cuma bisa memakai kentang. Sebagai alternatif, pakai kabocha yang dicampur dengan tepung terigu, telur, dan garam, untuk membuat adonan, agar bisa dibentuk selayaknya gnocchi original.

5. Kabocha tempura

5 Ide Camilan dari Kabocha, Labu Musim Dingin Tak Kalah Manisilustrasi kabocha tempura (unsplash.com/Sam Loyd)

Kalau kabocha yang satu ini dipersembahkan buat para penikmat gorengan. Sebab, hasil panen tersebut bisa dimasak sebagai tempura, salah satu olahan Jepang yang terkenal karena garing dan nikmat.

Seperti pengolahan tempura pada umumnya, diperlukan 2 bahan pelapis yang terdiri dari adonan tepung basah dan kering. Kamu bisa mencelupkan potongan kabocha dalam dua elemen tersebut, kemudian goreng sampai matang.

Macam-macam labu rupanya tetap bisa dijadikan hidangan yang maksimal meskipun dengan proses pengolahan sederhana. Setelah melihat daftar masakan di atas, sudahkah kamu menemukan inspirasi untuk mengolah kabocha hari ini?

Baca Juga: 5 Ragam Kreasi Pumpkin Bites, Camilan Sekali Gigit Berbahan Dasar Labu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya