Comscore Tracker

5 Olahan Sedap dari Jambu Air yang Bikin Merem Melek, Segar Banget!

Enak dinikmati siang hari, nih!

Indonesia cukup kebanjiran beragam jenis buah yang senantiasa menjadi bahan konsumsi keseharian di tengah masyarakat, salah satunya adalah jambu air. Pohon dari keluarga jambu-jambuan ini bahkan sering ditanam di depan rumah dan mengalami masa panen yang cukup sering.

Meski demikian, ternyata banyak orang masih minim pengalaman dalam mengolah buah ini menjadi hidangan sedap. Padahal ada lima cara asik mengonsumsi buah jambu air selain dimakan secara langsung, misalnya adalah sebagai berikut. 

1. Asinan jambu air

5 Olahan Sedap dari Jambu Air yang Bikin Merem Melek, Segar Banget!YouTube.com/Rosita Susi

Asinan adalah salah satu kuliner khas Nusantara yang merupakan gabungan dari potongan buah dan sayur, atau salah satunya. Lalu disiram menggunakan kuah khusus yang bercita rasa pedas, asam, dan segar.

Hampir berbagai macam buah bercita rasa manis sukses dibuat sebagai asinan, terlebih jika panen sedang melimpah. Sehingga para tangan kreatif berlomba-lomba mengkreasikan buah atau sayur tersebut menjadi makanan yang out of the box.

Jambu air sendiri memiliki rasa yang agak asam dan manis, tergantung usia kematangan buah. Selain dinikmati tanpa olahan, jambu air juga cocok untuk dijadikan menu utama dalam pembuatan asinan, apalagi jika kamu adalah orang yang suka dengan hidangan segar tersebut.

Membuat kuah asinan pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan terasi dan aneka cabai. Bumbu tersebut kemudian dimasak bersama rebusan air dan gula pasir. Jika suka, kamu dapat menambahkan gula merah.

Untuk mendapat rasa asam yang segar, kamu bisa menambahkan cuka atau jeruk limau ke dalam kuah. Begitu sudah agak masak, maka kamu bisa menyiram potongan jambu air menggunakan kuah dan siap dinikmati bersama.

2. Manisan jambu air

5 Olahan Sedap dari Jambu Air yang Bikin Merem Melek, Segar Banget!cookpad.com/Pramudia Wardani

Masih kerabat dengan asinan, kali ini lawan dari penganan pedas dan segar itu terkenal dengan sebutan manisan. Olahan yang satu ini merupakan jawara dari cara mengawetkan makanan yang laris manis di toko oleh-oleh.

Tidak kalah dengan asinan, manisan juga bisa dibuat dari berbagai bahan dasar, tak terkecuali aneka buah dan sayur. Namun yang paling terkenal pastinya adalah buah-buahan bercita rasa masam seperti mangga dan cermai.

Meski demikian, beberapa buah yang kurang familiar juga bisa diolah menjadi manisan. Salah satunya adalah jambu air. Buah yang satu ini cukup memiliki rasa yang unik sehingga ia cocok jika diolah menjadi hidangan populer ini.

Sama halnya dengan pengolahan manisan pada umumnya, kamu hanya perlu menyiapkan air yang dimasak bersama gula pasir. Jika keduanya sudah larut sempurna, maka kamu dapat memasukan potongan buah dan meniriskannya untuk kemudian dinikmati saat dingin.

 

Baca Juga: 5 Jenis Buah Jambu yang Ditemukan di Indonesia, Apa Bedanya?

3. Rujak jambu air

5 Olahan Sedap dari Jambu Air yang Bikin Merem Melek, Segar Banget!youtube.com/Bayu Samudra Oxone

Siapa orang Indonesia yang belum pernah melihat penampakan rujak? Hampir kebanyakan masyarakat biasanya kenal dengan olahan legendaris yang satu ini. Potongan buah dan sayur dicocol ke dalam saus manis pedas yang bikin panas terik jadi lebih santai.

Indonesia memiliki banyak sekali ragam jenis rujak, mulai dari yang dipotong dengan cara asal, dibebeg, sampai diserut pun tersedia. Semuanya sama-sama enak dan menggugah selera apalagi untuk menambah nafsu makan.

Nah, untuk rujak jambu air sendiri sebetulnya tidak ada yang membedakan kecuali jenis buah yang digunakan. Sambalnya tetap dibuat dari ulekan gula merah dan cabai. Namun untuk menambah rasa, ada juga yang menambahkan terasi ke dalamnya lho!

4. Setup jambu air

5 Olahan Sedap dari Jambu Air yang Bikin Merem Melek, Segar Banget!cookpad.com/Dian Mardiani

Sebagian masyarakat Indonesia mungkin sudah cukup familiar dengan olahan berkuah yang satu ini, namun sebagian lagi bisa jadi masih asing dengan eksistensi hidangan bernama setup.

Setup sendiri adalah olahan sejenis kolak yang cukup terkenal terutama di daerah Semarang. Perbedaan setup dan kolak yang paling mencolok adalah keberadaan santan. Setup cenderung lebih ringan dan kaya rempah karena ia tidak menggunakan santan seperti kolak.

Nah, buah yang paling sering digunakan untuk mengolah setup adalah pisang. Namun seiring berjalannya waktu, mulai banyak bermunculan setup-setup dari beragam buah lain, salah satunya adalah jambu air.

Dalam mengolah setup, bahan yang tidak boleh terlewatkan pastinya adalah cengkeh dan kayu manis. Aroma kedua rempah tersebut yang membuat olahan setup menjadi lebih kaya dan sedap.

Untuk membuat setup, pertama kamu harus merebus air dengan tambahan gula merah, gula pasir, cengkeh, kayu manis, sedikit garam, dan daun pandan. Baru kemudian masukan buah yang ingin dibuat setup dan masak hingga matang.

5. Salad buah jambu air

5 Olahan Sedap dari Jambu Air yang Bikin Merem Melek, Segar Banget!cookpad.com/Virgin egin

Salad buah beberapa waktu belakangan ini cukup sering lalu-lalang di media sosial, entah itu hanya sebatas berbagi resep maupun sebagai promosi berjualan.

Aneka potongan buah segar seperti melon, anggur, kiwi, bahkan potongan buah stroberi juga merupakan perpaduan yang cocok digunakan sebagai bahan utama pembuatan salad. Namun jangan khawatir, bila kamu tidak memiliki buah-buahan tersebut, jambu air pun tetap cocok dibuat sebagai salad.

Kamu hanya perlu menyiapkan saus salad yang umum terbuat dari campuran yoghurt plan dengan mayonnaise, untuk menambah rasa manis bisa dimasukan susu kental dan sedikit perasa asam seperti lemon.

Nah, itu dia kelima hidangan dari jambu air yang bisa bikin kamu kecanduan saat ngemil. Kira-kira di tempat kamu, jambu air masuk ke dalam buah yang mudah ditemukan atau sebaliknya?

Baca Juga: 6 Buah ini Cocok Dijadikan Tanghulu, Lolipop Segar Stok Camilan Rumah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya