Comscore Tracker

5 Kreasi Frozen Food dengan Wortel, Bikin Perut Keroncongan!

Ternyata ada banyak sajian yang praktis dan bisa kamu coba

Frozen food alias makanan beku diperlukan untuk jaga-jaga, jika kamu sedang dalam waktu kepepet untuk memasak lauk makan. Gak mesti beli di luar, makanan beku bisa kamu buat sendiri dan disimpan dalam freezer.

Bila menyinggung soal makanan beku, ada salah satu bahan yang hampir gak pernah absen dalam proses pembuatan. Komposisi tersebut adalah wortel.

Terdapat sekitar lima kreasi sajian yang paling cocok untuk dinikmati sebagai frozen food, dengan tambahan wortel tentunya. Yuk, catat satu per satu!

1. Hekeng wortel 

5 Kreasi Frozen Food dengan Wortel, Bikin Perut Keroncongan!ilustrasi hekeng wortel (unsplash.com/Jouwen Wang)

Hekeng adalah makanan beku pertama yang bisa diolah menggunakan campuran parutan wortel. Makanan ini pun dibuat menggunakan kulit tahu dengan isian yang bermacam-macam, biar makin enak saat disantap.

Biasanya bukan cuma wortel, ada udang, daun bawang, serta tepung-tepungan yang mampu membuat olahan terasa padat. Kemudian nantinya hekeng perlu dikukus terlebih dahulu, sebelum disimpan dalam freezer atau langsung digoreng.

2. Nuget wortel

5 Kreasi Frozen Food dengan Wortel, Bikin Perut Keroncongan!ilustrasi nuget wortel (unsplash.com/Stephen Kong)

Bicara soal frozen food, belum lengkap rasanya bila tidak menghadirkan rajanya makanan beku, nuget. Hidangan tersebut bisa dibuat menggunakan macam-macam daging giling, termasuk penambahan wortel parut.

Mirip dengan makanan sebelumnya, nuget perlu dikukus terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam lemari pendingin. Serta bisa pula untuk langsung digoreng. Nah, penggunaan tepung roti bakal bikin bagian luar nuget terasa renyah.

Baca Juga: Resep Membuat Hekeng Ayam Udang untuk Stok Frozen Food di Rumah

3. Kroket ayam wortel 

5 Kreasi Frozen Food dengan Wortel, Bikin Perut Keroncongan!ilustrasi kroket ayam wortel (unsplash.com/Raghav Modi)

Berikutnya ada kroket yang menjadi bagian dari makanan beku berbahan dasar wortel. Meski begitu, hidangan ini cenderung lebih cocok dinikmati sebagai camilan, lengkap dengan saus cocol dari sambal atau mayones.

Bahan utama yang digunakan bisa berupa kentang rebus dan tepung-tepungan. Sedangkan isian disusun atas campuran dari parutan wortel dan suwiran ayam yang telah ditumis bersama macam-macam bumbu penyedap.

4. Kaki naga 

5 Kreasi Frozen Food dengan Wortel, Bikin Perut Keroncongan!ilustrasi kaki naga (unsplash.com/Léo Roza)

Kaki naga adalah istilah yang sering disematkan terhadap makanan beku berbentuk agak bulat dan memiliki stik di bagian tengahnya. Sajian ini sering disantap sebagai lauk makan praktis, terutama untuk menarik perhatian anak-anak.

Penggunaan tepung-tepungan, bumbu halus, sampai telur jadi komposisi penting. Namun jangan lupakan daging cincang dan irisan wortel untuk membuat olahan kaki naga ini. Rasanya pun akan berkali-kali lipat lebih umami dibanding frozen food lain.

5. Bakso ayam wortel

5 Kreasi Frozen Food dengan Wortel, Bikin Perut Keroncongan!ilustrasi bakso ayam wortel (unsplash.com/Daniela Díaz)

Bakso tidak selalu dibuat menggunakan daging sapi. Sebab bahan-bahan yang lebih ekonomis pun mampu menghasilkan olahan yang sedap. Seperti dengan penggunaan daging ayam bagian paha atau dada.

Kreasi bakso yang juga perlu ditambahi memakai wortel ini, bisa dijadikan stok frozen food andalan di lemari pendingin. Jadi, kamu bisa memasaknya dengan cara direbus, digoreng, atau dibakar di kemudian hari.

Sebagai sayur kaya manfaat, tidak heran bila akhirnya wortel selalu jadi langganan untuk dijadikan sumber perasa bagi makanan beku. Keberadaannya mampu menyeimbangkan rasa dan tekstur masakan biar tambah nikmat.

Baca Juga: 5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya