Comscore Tracker

5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!

Bisa diisi dengan bahan asin sampai manis, biar lebih enak

Kroket menjadi cara seru yang dapat diandalkan untuk mengubah suatu bahan jadi terasa maksimal. Itu juga bisa diterapkan apabila saat ini, kebetulan kamu sedang memiliki stok macam-macam ubi di rumah.

Ya, bukan cuma singkong, ubi yang cenderung manis pun cocok untuk dimakan sebagai kroket. Makanya, simak dulu lima referensi olahan berikut sampai tuntas, biar kamu gak merasa penasaran lagi.

1. Kroket ubi sederhana

5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!ilustrasi kroket ubi sederhana (pixabay.com/Ralf Gervink)

Kroket ubi yang pertama masih tergolong simpel untuk dibuat, dan cocok sekali dalam melengkapi makanan pendamping sehari-hari. Namun makanan ini tidak diproses dengan menggunakan aneka isian tertentu, jadi olahan lebih sederhana.

Proses pembuatan kroket bisa diawali dengan merebus ubi sampai lunak, biar lebih gampang dilumatkan. Setelah itu, tinggal campur adonan yang telah dibentuk pakai tepung terigu, telur, dan tepung roti. Kemudian goreng kembali sampai matang.

2. Kroket ubi isi abon 

5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!ilustrasi kroket ubi isi abon (pixabay.com/May_hokkaido)

Ketika berkreasi dengan ubi jalar, belum tentu makanan ini cuma bisa disandingkan bareng bahan manis juga. Sebab kamu tetap akan mendapatkan santapan lezat, walaupun komposisi yang digunakan punya sensasi asin.

Itu pun berlaku ketika kamu hendak membuat kroket ubi yang memanjakan lidah ini. Isian dalam makanan bisa dikreasikan dengan menambahkan abon. Gak perlu ribet, cukup beli abon siap makan dan gunakan dalam adonan kroket ini.

3. Kroket ubi isi ayam wortel 

5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!ilustrasi kroket ubi isi ayam wortel (pixabay.com/takedahrs)

Bicara soal kroket, beberapa olahan tradisional biasanya menggunakan kentang dan wortel bareng suwiran ayam. Ini untuk membuat kroket jadi lebih warna-warni, baik itu dari segi rasa maupun penampilan.

Walau demikian, rupanya perpaduan antara sayur-mayur bersama daging tersebut akan mampu bertransformasi menjadi filling nikmat, terutama ketika disandingkan dalam kroket yang terbuat dari ubi jalar.

Baca Juga: Resep Bola Ubi Keju, Camilan Simple yang Bikin Keluarga Bahagia

4. Kroket ubi ragout 

5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!ilustrasi kroket ubi ragout (pixabay.com/Ahmad Affandi Lubis)

Ragout tidak selamanya hanya bisa disandingkan bersama risoles. Lebih jauh lagi, makanan ini pun dapat mengubah kroket menjadi semakin terdepan dan kekinian. Terutama buat kamu yang sangat menyukai sensasi sajian lembut dan creamy.

Ragout sendiri merupakan salah satu isian yang dibentuk menggunakan macam-macam bahan. Semisal ayam, wortel, hingga parmesan. Kemudian beberapa komponen perlu dimasak bareng saus susu UHT, untuk mendapatkan tekstur yang lebih pas bagi kroket.

5. Kroket ubi ungu isi cokelat

5 Kreasi untuk Membuat Kroket dari Ubi, Lembut Maksimal!ilustrasi kroket ubi ungu isi cokelat (pixabay.com/Antonio Jose Cespedes)

Bukan cuma ubi jalar yang mampu menghiasi meja makan dengan kenikmatan aromanya. Sebab makanan satu ini pun, sukses bikin kamu merasa ketagihan untuk mencobanya terus-menerus sampai kenyang.

Berbeda dari beberapa santapan di atas, kroket yang dibuat menggunakan ubi ungu cenderung mendapatkan hasil akhir yang manis. Tidak heran, sebab isian yang digunakan adalah kombinasi terbaik atas penggunaan cokelat.

Kroket ubi adalah cara yang bisa diterapkan dalam proses pembuatan umbi-umbian populer ini, biar tambah nikmat. Gimana, apakah kamu sudah menentukan hendak membuat kreasi kroket yang mana?

Baca Juga: 12 Kreasi Olahan Ubi Paling Populer, Nikmatnya Bikin Ketagihan 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya