Comscore Tracker

5 Hidangan Lezat dengan Ajwain, Rempah Asia yang Tak Kalah Penting!

Bisa dijadikan pelengkap untuk makanan ringan atau berat

Asia dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki segudang rempah unik untuk ditambahkan ke dalam masakan. Begitu pun dengan ajwain atau ada pula yang menyebut bumbu ini sebagai biji karom.

Keberadaan ajwain di dalam masakan berfungsi untuk memberikan sentuhan rasa menarik. Diketahui, bumbu tersebut mengandung sensasi pedas dengan sedikit sentuhan pahit yang mampu membuat masakan jadi maksimal.

Walau begitu, ada baiknya kita kenalan dengan ragam masakan yang bisa dikombinasikan bersama ajwain alias carom seed ini. Catat lima ide hidangan berikut ini dengan baik, ya!

1. Nasi ajwain

5 Hidangan Lezat dengan Ajwain, Rempah Asia yang Tak Kalah Penting!ilustrasi nasi ajwain (unsplash.com/Maria Ionova)

Pada kreasi pembuka, ada olahan nasi yang dibumbui memakai carom seed alias ajwain ini. Biasanya ajwain rice lebih sering dimasak dalam tradisi olahan asal negara tetangga kita, yaitu India. Sudah tahu, kan kalau negara tersebut jadi sumber masakan kaya bumbu?

Sebagai upaya untuk membuat nasi ajwain yang sedap, pertama-tama rempah ini harus ditumis dulu dengan lada, bubuk cabai, daun kari, bawang putih, dan bumbu perasa. Kemudian tambahkan nasi dan aduk-aduk sampai seluruh bumbu ini tercampur secara merata.

2. Kukis ajwain

5 Hidangan Lezat dengan Ajwain, Rempah Asia yang Tak Kalah Penting!ilustrasi kukis ajwain (unsplash.com/Joe Smith)

Carom seed atau ajwain ini rupanya cukup fleksibel untuk dijadikan salah satu bahan dalam proses pembuatan makanan seperti kukis. Identik dengan rasa manis, tapi kudapan kali ini bakalan terasa lebih gurih, lho.

Bahan dasar pembuatan kukis ini sama saja dengan kudapan sejenis. Namun, terdapat penambahan ajwain, mentega asin, susu, dan garam untuk menciptakan sensasi salty cookies yang cocok buat teman ngeteh.

Baca Juga: 11 Bumbu Rempah Andalan dalam Masakan Aceh, Rahasia Kelezatan Makanan

3. Kentang ajwain

5 Hidangan Lezat dengan Ajwain, Rempah Asia yang Tak Kalah Penting!ilustrasi kentang ajwain (unsplash.com/Clark Douglas)

Memasak kentang dengan cara apapun memerlukan bumbu terbaik untuk menghasilkan santapan sedap. Nah, khusus untuk kreasi kali ini, kentang tersebut dapat dicampurkan bersama carom seed dan dikenal juga sebagai alu ajwain.

Pilih jenis baby potato atau kentang berukuran kecil untuk direbus. Kemudian tumis ajwain, bubuk kunyit, hingga bubuk cabai. Tambahkan kentang, aduk-aduk, lakukan koreksi rasa. Kemudian sajikan selagi kentang masih dalam keadaan hangat. 

4. Pita ajwain

5 Hidangan Lezat dengan Ajwain, Rempah Asia yang Tak Kalah Penting!ilustrasi pita ajwain (unsplash.com/Andy Wang)

Pita adalah salah satu varian roti pipih yang terkenal di dalam tradisi masakan ala masyarakat Timur Tengah. Makanan ini begitu unik, karena ada bagian kantong yang dapat digunakan sebagai tempat menyimpan isi.

Roti pita sendiri bisa dibikin sendiri di rumah dengan mengandalkan bahan-bahan yang terdiri dari brown flour, ragi, minyak, garam, dan air. Kemudian biar tambah aromatik, jangan lupa untuk turut memasukan carom seed alias ajwain.

5. Ajwain curry

5 Hidangan Lezat dengan Ajwain, Rempah Asia yang Tak Kalah Penting!ilustrasi ajwain curry (unsplash.com/Hybrid Storytellers)

Terakhir ada kari. Makanan ini memang paling pas kalau sudah dikombinasikan bersama aneka rempah-rempah. Bahkan semakin banyak yang digunakan maka rasanya jadi lebih nikmat untuk disantap bersama nasi atau roti, lho.

Isiannya sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari daging sapi, ayam, atau ikan sekalipun. Sementara itu, biar kuah dari makanan ini bertambah lezat, maka kamu bisa menambahkan carom seed atau ajwain untuk menyempurnakan.

Rupanya ada banyak sekali bumbu atau rempah yang bisa dicari tahu lebih dalam. Hal ini untuk menemukan rasa masakan yang semakin nikmat dan tentunya menggugah selera untuk dijadikan santapan sehari-hari, termasuk ajwain.

Baca Juga: 8 Bumbu Masakan Jepang Ini Bisa Diganti lho, Bikin Masak Makin Mudah

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya