Comscore Tracker

5 Ide Lauk dari Oncom, Serasi Dimakan Bareng Sambal dan Nasi Hangat!

Nasi tutug oncom cocok disantap saat musim hujan #LokalIDN

Oncom adalah sebuah makanan fermentasi yang cukup terkenal di Indonesia. Olahan ini terbuat dari bahan dasar kedelai atau ampas dari pembuatan tahu. Sementara warna dari oncom ini terbilang sangat khas, yaitu oranye mentereng dan hitam.

Banyak sekali olahan Nusantara yang dibuat dengan melibatkan oncom sebagai isian, sebut saja seperti camilan terkenal sekelas combro atau lontong. Tanpa oncom, keduanya jadi hambar dan kurang sreg di lidah masyarakat.

Selain dijadikan makanan nyemil, oncom juga sangat cocok dimasak untuk lauk pauk teman makan nasi di rumah. Tidak cuma ditumis biasa, berikut ini terdapat lima referensi olahan oncom yang super nikmat untuk disantap bareng nasi dan sambal. Apa saja?

1. Kangkung oncom

5 Ide Lauk dari Oncom, Serasi Dimakan Bareng Sambal dan Nasi Hangat!Yummy / Dinny Lisnawaty

Siapa bilang oncom cuma enak diolah sendirian? Dengan melibatkan komponen tambahan seperti sayur, hidangan ini akan jauh lebih nikmat dan menggugah selera, apalagi jika disantap bersama sepiring nasi hangat dan sambal kesukaan.

Tumis kangkung oncom adalah sebuah menu yang ikonik dan acapkali menjadi makanan pendamping populer, terutama di rumah makan tradisional. Sensasi rasa gurih dan segar berpadu menciptakan masakan yang tidak dapat dilupakan. 

2. Oncom leunca

5 Ide Lauk dari Oncom, Serasi Dimakan Bareng Sambal dan Nasi Hangat!YouTube / Dapur Bu Haji

Lidah dari kebanyakan masyarakat Indonesia memang terbiasa dengan sayuran bercita rasa getir atau pahit, bahkan beberapa makanan sengaja diolah dengan hati-hati supaya rasa khas tersebut tidak menghilang saat dikonsumsi.

Salah satu makanan yang dikenal getir tersebut adalah leunca, lalap berbentuk bulat dengan warna hijau menggoda ini merupakan sayur yang sering dimakan dalam kondisi mentah bersama sambal.

Namun ternyata selain dijadikan sebagai lalapan, leunca juga cocok dimasak dengan bahan tambahan seperti oncom, sehingga rasa getirnya dapat berpadu dengan baik bersama gurihnya oncom.

Baca Juga: Resep Pepes Oncom Pedas yang Sederhana dan Praktis, Enak Banget!

3. Petai oncom

5 Ide Lauk dari Oncom, Serasi Dimakan Bareng Sambal dan Nasi Hangat!Yummy / Ajeng's Kitchen

Oncom merupakan hidangan yang memiliki tekstur lembut walaupun belum dimasak. Jika telah matang, oncom biasanya akan jauh lebih lumer dan mudah ditelan saat dimakan. Untuk menyeimbangkan tekstur tersebut, biasanya olahan akan ditambah komponen yang agak keras. Salah satunya ialah pete atau petai.

Hasil alam yang sangat ikonik di Indonesia ini mempunyai ciri kualitas khas yang agak keras dengan aroma tajam. Selain cocok untuk menambah varian tekstur, petai akan menambah wangi masakan menjadi lebih sedap, apalagi jika harus disajikan bareng nasi.

4. Tutug oncom

5 Ide Lauk dari Oncom, Serasi Dimakan Bareng Sambal dan Nasi Hangat!Yummy / Siswinarti

Bicara soal oncom belum lengkap rasanya apabila tidak menyinggung salah satu menu andalan yang sangat disukai sebagian masyarakat Indonesia, bernama tutug oncom. Dalam bahasa Indonesia, tutug artinya tumbuk, yang mana dalam sajian ini oncom akan disajikan dalam kondisi sudah dilunakan memakai cobek atau sendok garpu.

Tutug sendiri biasanya diolah dengan cara digoreng ataupun dibakar, kemudian oncom tersebut dicampurkan bersama nasi hangat dan diaduk sampai semua oncom tercampur rata dalam nasi. Tidak cuma enak dimakan langsung, olahan nasi tutug oncom pun cocok dinikmati bareng ikan asin atau ayam goreng dengan sambal.

5. Oncom ikan asin

5 Ide Lauk dari Oncom, Serasi Dimakan Bareng Sambal dan Nasi Hangat!Yummy / Nila Suteja

Selain disandingkan dengan komponen bahan berbau tajam, oncom juga sangat cocok untuk dihidangkan sebagai peredam rasa dominan dalam suatu hidangan, seperti contohnya ialah ikan asin.

Beberapa jenis olahan seperti teri, jambal, dan ikan lainnya serupa bisa jadi rasa asinnya masih kuat meski sudah direndam semalaman. Oleh sebab itu, perlu ada bahan ekstra di luar ikan asin yang berfungsi untuk meredam rasanya, dan komponen tersebut bisa berasal dari oncom.

Itu dia kelima hidangan lauk pauk yang terbuat dari oncom dengan sentuhan bumbu Nusantara. Kalau kamu sendiri, kira-kira lebih suka mengonsumsi oncom dalam bentuk camilan atau teman makan nasi dan sambal?

Baca Juga: 5 Tips Menyimpan dan Mengolah Oncom, biar Gak Cepat Basi 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya