Comscore Tracker

5 Ide Rujak Berbahan Mangga Mengkal untuk Dessert yang Segar

Bisa buat rujak serut untuk camilan menyegarkan #LokalIDN

Mangga merupakan salah satu buah berwarna kuning kaya manfaat yang banyak diolah menjadi kudapan nikmat atau dimakan langsung karena rasa manis yang menyertai di dalam kandungan buah tersebut.

Namun tidak cuma mangga matang saja yang jadi idaman. Mangga mengkal alias setengah matang pun kerap kali menjadi primadona terutama ketika diolah menjadi rujak.

Nah, untuk memanfaatkan buah muda tersebut, berikut ini terdapat lima inspirasi olahan rujak berbahan baku mangga mengkal yang dapat dijadikan penyegaran usai mengonsumsi makanan berat.

1. Rujak serut

5 Ide Rujak Berbahan Mangga Mengkal untuk Dessert yang Segarilustrasi rujak serut (yummy.co.id/nareswari)

Rujak serut menjadi pilihan makanan yang dicampur langsung bersama bumbu saus dalam sekali makan, sehingga kamu tidak perlu repot mencocol makanan dalam sambal setiap kali hendak menyantap rujak tersebut.

Bahan baku rujak ini terdiri dari bengkuang, mangga mengkal, ubi, hingga jambu air yang diserut serupa batang korek api. Sementara bumbunya terbuat melalui campuran terasi, gula merah, asam, dan cabai.

2. Rujak colek

5 Ide Rujak Berbahan Mangga Mengkal untuk Dessert yang Segarilustrasi rujak colek (yummy.co.id)

Rujak colek menjadi camilan tradisional khas favorit berbagai lapisan masyarakat yang cukup mudah untuk diolah. Hal tersebut lantaran buah dan sayur hanya dipotong-potong, sementara sambal dibuat dalam cobek terpisah.

Saus dari rujak potong sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Namun umumnya bisa terbuat dari cabai, gula merah, asam, terasi, dan kacang. Buahnya sendiri bisa disiapkan dengan mangga mengkal, timun, hingga pepaya. 

Baca Juga: 5 Pilihan Resep Rujak Nusantara untuk Menemani Ngemil Selama PPKM  

3. Rujak bubuk cabe

5 Ide Rujak Berbahan Mangga Mengkal untuk Dessert yang Segarilustrasi rujak bangkok (yummy.co.id/Heny Rosita)

Rujak berikut ini tengah menjadi kesukaan lantaran pembuatan yang mudah disertai rasa segar yang tidak mengecewakan. Bahan utama pembuatan hidangan biasanya terdiri dari irisan mangga muda.

Sementara untuk bumbu diolah menggunakan bubuk cabai instan, garam, dan gula. Semua komponen dimasukkan ke dalam wadah yang sama lalu aduk-aduk hingga bumbu menempel sempurna pada buah.

4. Rujak cuka

5 Ide Rujak Berbahan Mangga Mengkal untuk Dessert yang Segarilustrasi rujak cuka (youtube.com/Dapur Bu Haji)

Rujak cuka menjadi salah satu pilihan makanan segar yang diolah menggunakan bahan baku berupa sayur dan buah dengan kuah dari air, gula, cabai, asam, sedikit terasi, dan juga tambahan cuka.

Komponen isian rujak tersebut bisa diolah menggunakan mangga mengkal, jambu air, nanas, sementara sayur-mayurnya bisa menggunakan timun, kol, hingga kecambah supaya makin berselera.

5. Rujak bebeg

5 Ide Rujak Berbahan Mangga Mengkal untuk Dessert yang Segarilustrasi rujak bebeg (youtube.com/Tastemade Indonesia)

Rujak bebeg atau ada pula yang menyebutnya sebagai rujak bebek adalah makanan yang diolah menggunakan aneka buah dan bumbu untuk kemudian ditumbuk bersama agar hasil rujak jadi sedikit hancur.

Rujak ini biasanya diolah memakai mangga muda, pisang batu, ubi merah, bengkuang, sampai jambu. Sementara bumbu utama untuk menciptakan rasa segar dan pedas terdiri dari cabai, terasi, gula merah, dan asam.

Nah, itu dia kelima olahan rujak dari mangga mengkal alias muda yang bisa menjadi inspirasi untuk membuat camilan enak dan menyegarkan di tengah cuaca terik.

Gimana, sudah punya stok buah mangga mengkal untuk diolah?

Baca Juga: Resep Membuat Buko Mangga, Dessert yang Bikin Hari-harimu Manis 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya