Comscore Tracker

5 Olahan Dodol dengan Rasa Kekinian, Siap Jadi Camilan Hits

Kamu tim dodol cokelat atau matcha, nih?

Dodol adalah salah satu warisan makanan tradisional unik yang sangat digemari di Indonesia. Tekstur makanan ini sangat kenyal bak permen gummy, tapi disertai sensasi rasa yang lokal banget.

Nah karena itu, demi menghasilkan dodol yang sedap, kini makanan tersebut bisa bertransformasi menjadi kudapan hits dengan rasa-rasa unik. Yuk, coba cari tahu rasa makanan seperti apa yang dimaksud dalam lima pilihan berikut.

1. Dodol milo 

5 Olahan Dodol dengan Rasa Kekinian, Siap Jadi Camilan Hitsilustrasi dodol milo (pixabay.com/Julie Harrison)

Secara tradisional, dodol perlu dibentuk menggunakan campuran antara ketan dan santan yang dimasak di atas api selama berjam-jam. Namun, berkat kreativitas para pegiat kuliner, menikmati dodol kekinian bisa dilakukan dalam sekejap saja.

Olahan dodol milo misalnya. Makanan ini hanya memerlukan penggunaan milo, susu kental manis, margarin, dan tambahan biskuit susu serta kacang, bila ingin menambahkan tekstur pada makanan. Semua bahan perlu dimasak dalam wajan anti lengket biar lebih mudah saat dimasak.

2. Dodol cokelat kukus 

5 Olahan Dodol dengan Rasa Kekinian, Siap Jadi Camilan Hitsilustrasi dodol cokelat kukus (unsplash.com/Phil Hearing)

Kenikmatan dodol kekinian selanjutnya juga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk kamu jadikan camilan unik. Rasa cokelat yang ditambahkan ke dalam adonan, bakal sukses melahirkan pengalaman berbeda ketika mencicipinya.

Pada proses pembuatan dodol yang satu ini. Bahan yang dipakai bukan lain adalah tepung ketan. Sebagai pelengkap, campurkan juga bubuk cokelat, santan, gula merah, telur, minyak goreng, dan bisa pula diisi menggunakan bahan lain yang kamu sukai.

Baca Juga: Resep Matcha Truffle yang Nikmat, Pecinta Matcha Mari Merapat!

3. Dodol matcha 

5 Olahan Dodol dengan Rasa Kekinian, Siap Jadi Camilan Hitsilustrasi bubuk matcha (pixabay.com/farmerdir)

Bicara soal makanan kekinian, matcha nampaknya yang gak bisa dihilangkan dari daftar pilihan rasa. Bahkan saking populernya bahan ini, hampir semua makanan memiliki sensasi rasa teh tersebut, termasuk dodol.

Pada pembuatan dodol kali ini, ketan dan santan menjadi dua bahan utama yang patut hadir. Kemudian sisipkan juga bubuk matcha, serta pewarna hijau, bila ingin warna makanan yang dihasilkan semakin terlihat tajam.

4. Dodol stroberi 

5 Olahan Dodol dengan Rasa Kekinian, Siap Jadi Camilan Hitsilustrasi stroberi segar (pexels.com/ Dana Tentis)

Kesegaran buah stroberi memang nggak bisa ditampik lagi. Buah berwarna merah ini telah sukses melahirkan aneka santapan jadi semakin meriah, termasuk pada olahan dodol. Apalagi stroberi terkenal punya rasa masam dan manis yang unik.

Oleh karena itu, gak heran kalau buah stroberi sering dijadikan sebagai penambah rasa di dalam adonan dodol. Ini agar makanan tersebut jadi terasa legit dan juga cocok untuk dijadikan camilan sehari-hari.

5. Dodol ubi ungu

5 Olahan Dodol dengan Rasa Kekinian, Siap Jadi Camilan Hitsilustrasi ubi ungu (unsplash.com/Louis Hansel)

Terakhir, rasa kekinian yang bisa digabungkan dalam kreasi dodol berasal dari ubi ungu. Makanan tersebut populer karena punya rasa manis dan gurih, sehingga bikin dodol tampil berbeda daripada biasanya.

Masih dengan bantuan ketan hingga santan, ubi ungu yang sudah dikukus bisa langsung dicampur ke dalam adonan. Nah, supaya dodol bertambah maksimal ketika disantap, jangan lupa tambahkan biji wijen untuk mempercantik olahan.

Dodol menjadi salah satu makanan yang patut untuk dilestarikan, biar tidak terkikis digerus aneka olahan kekinian. Salah satunya bisa disiasati dengan memberikan rasa-rasa unik, biar makin banyak orang tertarik mencicipinya.

Baca Juga: Resep Klepon Ubi Ungu, Jajanan Tradisional yang Cocok untuk Dessert

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya