Comscore Tracker

5 Olahan Sayur Nangka Muda yang Bikin Nambah Nasi

Kelezatan nangka dalam makanan berkuah gak ada duanya, deh!

Nangka menjadi salah satu hasil tanam yang sangat cocok untuk diolah kembali menjadi masakan sedap. Gak harus sajian serba manis, nangka muda pas sekali bila dimasak menjadi sayur sup yang kaya bumbu.

Bagi kamu yang sedang mencari ide olahan berkuah dari nangka muda, simak dulu lima kreasi berikut ini, biar menu masakan di rumah jadi semakin ramai.

1. Gulai nangka 

5 Olahan Sayur Nangka Muda yang Bikin Nambah Nasiilustrasi gulai nangka (pexels.com/Votsis Panagiotis)

Gulai menjadi salah satu masakan yang sangat populer di dalam tradisi olahan favorit masyarakat Indonesia. Makanan ini ditandai dengan kuah santan yang begitu pekat, disertai aneka macam rempah yang membuatnya jadi terasa lebih menggoda.

Proses pengolahan gulai tidak harus selalu melibatkan daging-dagingan saja, melainkan nangka muda pun cocok untuk dijadikan isian utama, bersanding dengan tetelan, agar rasa dari makanan ini cenderung lebih gurih.

2. Sayur santan nangka muda 

5 Olahan Sayur Nangka Muda yang Bikin Nambah Nasiilustrasi sayur santan nangka muda (pexels.com/Hayden Walker)

Spesial untuk makanan yang satu ini, kamu bisa mengubah nangka muda menjadi sayur sop yang begitu nikmat lantaran kuahnya akan dilengkapi menggunakan santan. Makanan tersebut pun akan memiliki konsentrasi kuah yang cenderung agak kental.

Namun demikian, warnanya sendiri cenderung lebih pucat karena tidak ditambahi menggunakan bahan-bahan yang memiliki warna merah pekat seperti cabai ataupun tomat, jadi rasanya gurih dan cocok buat kamu yang kurang suka dengan masakan pedas.

Baca Juga: Resep Nangka Goreng Madu, Suguhan Manis Legit untuk Segala Suasana

3. Lodeh nangka 

5 Olahan Sayur Nangka Muda yang Bikin Nambah Nasiilustrasi lodeh nangka (pexels.com/Shameel mukkath)

Lodeh adalah makanan berkuah yang diisi menggunakan aneka sayuran, serta dilengkapi pakai santan cair yang membuatnya cenderung lebih gurih. Hidangan ini pas sekali disantap bareng nasi hangat dan aneka macam kerupuk biar teksturnya tambah ramai.

Isian dari sayur lodeh sendiri biasanya didukung oleh penggunaan kacang panjang, labu siam, kacang-kacangan, jagung, dan kamupun bisa memasukkan nangka muda di dalam olahan tersebut, biar variasi rasanya jadi semakin menarik untuk dicicipi.

4. Sayur ceker nangka 

5 Olahan Sayur Nangka Muda yang Bikin Nambah Nasiilustrasi sayur ceker nangka (pexels.com/Kent Ng)

Selanjutnya ada hidangan tak kalah menarik untuk dinikmati, karena pada masakan kali ini kamu tidak cuma menemukan potongan nangka muda yang diolah sebagai isian makanan berkuah, melainkan ada juga ceker yang membuatnya terasa lebih istimewa.

Ceker mengandung banyak manfaat dan rasanya enak, sehingga ketika dikombinasikan bareng nangka kelezatan dan teksturnya pun akan makin sedap. Untuk kuahnya, kamu bisa menambahkan campuran santan atau tidak sama sekali.

5. Sayur asem nangka muda     

5 Olahan Sayur Nangka Muda yang Bikin Nambah Nasiilustrasi sayur asem nangka muda (Yummy/Nurwanida)

Sayur asem cenderung lebih ringan karena kuahnya tidak akan ditambahi santan. Cukup dilengkapi asam jawa biar terasa makin segar.

Untuk melengkapi sayur asem, kamu dapat menggunakan macam-macam isian favorit, seperti kentang, kacang panjang, melinjo, dan bisa juga dikreasikan dengan nangka muda untuk membuat sayur asem ini terasa kian menggoda.

Nangka muda menjadi salah satu bahan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia untuk diubah menjadi sayuran berkuah yang sedap. Ragam hidangan tersebut pun cocok dinikmati bareng nasi hangat, sambal, dan kerupuk, biar rasanya ekstra lezat serta bikin nambah.

Baca Juga: Resep Sayur Nangka Muda, Bikin Makan Makin Berselera

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya