Comscore Tracker

5 Sajian dari Pisang Batu yang Bisa Jadi Ide Masakan Unik, Nikmat!

Bisa dijadikan lauk makan atau camilan berbeda, nih

Pisang bukan cuma terdiri dari varian tanduk atau madu. Namun ada jenis lain yang nggak kalah populer di Indonesia, dengan sebutan pisang batu. Berbeda dengan buah sejenis, tipe yang satu ini punya rasa getir yang khas, lho!

Bahkan bukan cuma untuk makanan manis, melainkan pisang batu juga cocok diolah menjadi hidangan umami. Ragam inovasi tertuang di dalam lima kreasi berikut.

1. Urap pisang batu 

5 Sajian dari Pisang Batu yang Bisa Jadi Ide Masakan Unik, Nikmat!ilustrasi urap pisang batu (pixabay.com/Kavinda F)

Dibandingkan dengan pisang lain, buah yang satu ini lebih sering dijadikan lauk untuk menunjang masakan asin. Oleh sebab itu, kamu dapat menemukan pisang batu di dalam kreasi urap. Salah satu makanan tradisional kesukaan masyarakat.

Namun, sebelumnya pisang batu mesti direbus terlebih dahulu biar lebih enak diolah. Bila sudah matang, cukup potong-potong dan masak bareng bumbu urap lainnya yang terdiri atas santan, kelapa sangrai, dan aneka bumbu perasa untuk melengkapi makanan.

2. Rujak serut pisang batu 

5 Sajian dari Pisang Batu yang Bisa Jadi Ide Masakan Unik, Nikmat!ilustrasi rujak serut pisang batu (pixabay.com/xegxef)

Pisang batu dikenal menjadi salah satu bahan andalan untuk proses pembuatan rujak. Keberadaan komponen ini akan bikin suatu sajian jadi tampil menarik, sekaligus memiliki tekstur yang memanjakan lidah.

Isiannya pun dapat ditambahkan biar semakin ramai, seperti potongan nanas, pepaya, mangga, hingga jambu air. Sedangkan bumbu rujak bisa dibuat dari cabai, terasi, gula merah, perasa, dan juga penggunaan asam jawa.

Baca Juga: 5 Kreasi Sajian dari Kombinasi Pisang dan Santan yang Creamy

3. Tumis pisang batu 

5 Sajian dari Pisang Batu yang Bisa Jadi Ide Masakan Unik, Nikmat!ilustrasi tumis pisang batu (pixabay.com/jaow-taz)

Pisang batu juga dapat dimasak menjadi tumisan yang menarik, lho. Rasanya pun tidak kalah enak dan cocok buat kamu jadikan ide lauk makan berbeda. Bahkan penggunaan bahannya pun tetap simpel.

Bumbu halus perlu dipersiapkan untuk memberikan rasa, seperti bawang merah, bawang putih, sampai cabai rawit. Kemudian bila ingin semakin menggugah, bisa juga menambahkan aneka isian lain, biar tambah mengenyangkan.

4. Pisang batu kukus 

5 Sajian dari Pisang Batu yang Bisa Jadi Ide Masakan Unik, Nikmat!ilustrasi pisang (pixabay.com/moritz320)

Kalau mau bikin olahan simpel dari pisang batu, kamu bisa mencoba untuk mengukus bahan ini sampai lunak. Hidangan akan jadi terasa lembut dan cocok dijadikan pendamping untuk menemani makanan berat.

Proses pengukusannya pun tidak memerlukan bahan tambahan dan sebaiknya tidak dalam kondisi buah yang sudah dikupas. Bila sudah matang, kamu dapat memasukkan madu atau aneka topping lain supaya terasa lebih nikmat.

5. Kedondong pisang batu

5 Sajian dari Pisang Batu yang Bisa Jadi Ide Masakan Unik, Nikmat!ilustrasi kedondong pisang batu (pixabay.com/Veerendra Tikhe)

Terakhir, pisang batu dapat pula diolah bareng kedondong yang mempunyai rasa asam khas. Bahkan buah ini pun selalu dijadikan rujak nomor satu, karena rasanya yang segar dan mudah dibuat.

Perpaduan pisang batu dan kedondong kemudian dapat dipertemukan dengan saus yang terdiri dari cabai rawit, asam jawa, gula merah sebagai pemanis, dan perasa. Nikmati olahan bareng kerupuk asin, maka siang harimu akan jadi terasa melegakan.

Pisang batu tidak bisa dianggap sebelah mata, sebab bahan baku ini cocok untuk menemani di berbagai waktu. Sensasi yang diberikan buah-buahan itu akan membuat makanan yang disajikan tambah nikmat dan tidak terlupakan.

Baca Juga: 5 Camilan dari Kedondong yang Indonesia Banget, Segarkan Harimu!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya