Comscore Tracker

6 Keistimewaan Pempek Ny. Kamto, Kuliner Legendaris Yogyakarta

Punya 34 outlet se-Indonesia lho! #LokalIDN

Eits, Yogyakarta boleh disebut Kota Gudeg. Namun, destinasi traveling favorit para bule ini juga menyimpan sajian Nusantara lain yang gak kalah mantap, bahkan berpredikat kuliner legendaris, lho. Salah satunya yaitu pempek.

Makanan khas Palembang ini telah menginspirasi Ny. Kamto puluhan tahun lalu untuk berdagang, sampai akhirnya tetap bertahan hingga sekarang dan menjadi idoal pencinta pempek di seluruh penjuru Yogyakarta.

Lalu, pengin tahu apa saja keistimewaan pempek Ny. Kamto yang sudah punya puluhan cabang di banyak kota tersebut? Simak artikel berikut, ya.

1. Pertama kali dirintis pada tahun 1984

6 Keistimewaan Pempek Ny. Kamto, Kuliner Legendaris Yogyakartainstagram.com/kuycobainn

Tepat pada tanggal 9 Mei 1984, Ny. Kamto memutuskan berjualan pempek untuk pertama kali di kediamannya yang berada di Jl. Beskalan No. 3, Yogyakarta. Wanita yang berasal dari 10 Ulu, Palembang tersebut merintis usahanya dari nol dengan modal perlengkapan masak seadanya yang dimiliki dapur rumahnya.

Sejak awal, Ny. Kamto selalu mengedepankan rasa dan tekstur pempek berbahan ikan tenggiri berkualitas. Siapa sangka, dengan hanya menggunakan teknik pemasaran dari mulut ke mulut, kelezatan pempek Ny. Kamto makin dikenal oleh masyarakat luas.

2. Menyediakan beragam varian pempek dan dua jenis cuko

6 Keistimewaan Pempek Ny. Kamto, Kuliner Legendaris Yogyakartainstagram.com/kulinersby

Selama lebih dari tiga dekade, pempek yang diproduksi Ny. Kamto selalu mengalami inovasi. Beragam varian pempek ditawarkan dengan berbagai kreasi. Satu hal yang selalu sama dari waktu ke waktu adalah hasil akhirnya, yaitu berupa pempek yang memiliki tekstur yang renyah di luar, namun lembut dan kenyal di dalam.

Beberapa varian pempek yang bisa kamu jumpai di outlet Ny. Kamto antara lain pempek kapal selam, lenjer, keriting, kulit, dan bulat. Menariknya, cuko atau kuah pempek yang tersedia di sini terdiri dari dua jenis, yaitu cuko pedas dan cuko manis. Hayo, kamu lebih doyan yang mana?

Karena pengin menemukan sensasi cuko yang unik, gak sedikit pelanggan yang justru mencampurkan kedua cuko tersebut ke dalam sajian pempeknya. Nikmat!

3. Kreasi pempek yang lain daripada yang lain

6 Keistimewaan Pempek Ny. Kamto, Kuliner Legendaris Yogyakartainstagram.com/enaerlina

Sementara itu, sejumlah kreasi pempek Ny. Kamto lainnya yang juga wajib kamu coba adalah pempek tahu, pempek pastel, dan pempek lenggang. Wah, apa lagi, tuh?

Seperti namanya, pempek tahu adalah tahu yang dilapisi oleh adonan pempek. Dilihat sekilas, bentuknya mirip seperti tahu bakso khas Ungaran. Sedangkan pempek pastel adalah pempek yang bentuknya mirip jajanan pastel dengan isian berupa tumisan pepaya hijau, ebi, dan santan yang bercita rasa manis gurih.

Lain lagi dengan pempek lenggang. Pempek ini merupakan kebalikan dari pempek kapal selam. Jika telur di pempek kapal selam terbungkus rapi oleh adonan tenggiri, maka telur di pempek lenggang justru menjadi pembungkus potongan-potongan kecil pempek. Penyajiannya pun ada tiga macam, yaitu goreng, panggang, dan super. Menarik, bukan?

Baca Juga: Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek Ini

4. Rekomendasi menu selain pempek

6 Keistimewaan Pempek Ny. Kamto, Kuliner Legendaris Yogyakartainstagram.com/zularafa7

Yang bikin outlet pempek Ny. Kamto makin menarik minat pengunjung adalah adanya referensi menu selain pempek yang rasanya gak kalah oke. Kamu wajib banget mencoba menu tekwan dan es kacang merah yang digadang-gadang sebagai favorit pembeli. Bagi penggemar mie, kamu bisa menjajal menu mie celor, mie laksa, atau mie tahu. Semua enak!

5. Outlet tersebar di 8 kota di Indonesia

https://www.youtube.com/embed/jrhNJK0ODbM

Eksis selama 36 tahun, gak perlu kaget kalau outlet pempek Ny. Kamto telah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Mulai dari Yogyakarta yang memiliki jumlah outlet paling banyak, disusul kota Surakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Purwokerto, Magelang, dan Jakarta. Kalau dihitung, total outlet yang ada mencapai 34 buah, lho.

6. Tersedia pempek vacuum pack

6 Keistimewaan Pempek Ny. Kamto, Kuliner Legendaris Yogyakartainstagram.com/chiasculinary

Kabar baiknya, buat kota tinggalmu yang belum berkesempatan menjadi lokasi outlet pempek Ny. Kamto, gak perlu khawatir. Sebab pempek tersebut menyediakan vacuum pack yang dijual online agar lebih aman selama pengiriman ke luar kota.

Pempek vacuum pack ini dapat dipesan melalui salah satu marketplace, serta hanya bisa dikirim dari kota Yogyakarta, Jakarta, Bekasi, Tangerang, Surakarta, Semarang, Bandung, dan Surabaya. Dijamin kamu semakin mudah kalau pengin menikmati pempek legendaris ini.

Hmm, siapa yang langsung auto lapar dan penasaran gimana enaknya pempek Ny. Kamto? Pastikan share pengalaman kulinermu di media sosial biar makin banyak orang yang tertarik mencicipi.

Baca Juga: Selain Pempek, 8 Kudapan Khas Palembang yang Sering Dijadikan Sarapan

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya