Comscore Tracker

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek Ini

nomor 6 enak banget!

Siapa sih yang tidak mengenal pempek? Makanan khas Palembang ini sudah sangat populer di seluruh Nusantara karena cita rasanya yang begitu nikmat. Tapi, apa kalian tahu kalau ada bermacam-macam jenis pempek di Palembang? Nah, pencinta pempek wajib tahu ya!

1. Pempek kapal selam

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/pempekfatinmakassar

Salah satu jenis pempek yang paling populer adalah kapal selam. Pempek ini berisi telur dan bentuknya menyerupai kapal selam. Biasanya pempek ini juga disebut pempek telor besar.

2. Pempek lenjer

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/pempekfarinapky

Sesuai namanya, pempek ini berbentuk lenjer alias panjang. Di antara semua jenis pempek, mungkin pempek ini adalah yang paling populer karena paling sering ditemui.

3. Pempek telor

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/pempek_crispy_bahenol

Hampir sama dengan kapal selam, pempek telor juga berisi telur di dalamnya. Perbedaannya adalah pempek telor memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan pempek kapal selam

4. Pempek pastel

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/linagui.kitchen

Pempek pastel atau pistel terbuat dari adonan pempek lenjer yang bentuknya menyerupai kue pastel. Pempek pastel biasanya berisi serutan pepaya muda, tapi ada juga pempek pastel yang tidak memiliki isi.

5. Pempek Keriting.

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/gerrycreation

Dari namanya saja, kalian pasti sudah bisa membayangkan bentuk pempek ini. Bentuk pempek ini menyerupai mie yang dibuat dari adonan lenjer. Di luar Palembang, pempek ini mungkin sulit ditemukan karena proses pembuatan pempek ini tidak mudah.

6. Pempek adaan

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/juwitacc

Kalau pempek yang ini bentuknya mirip dengan bakso ikan. Perbedaannya, pempek adaan lebih kenyal dibandingkan bakso ikan. Uniknya biasanya pempek ini akan langsung digoreng tanpa direbus terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pempek Lezat di Yogyakarta, Cocok Buat Camilan Bersantai

7. Pempek kulit

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/gisella_tania

Pempek ini terbuat dari adonan kulit ikan. Walaupun sebenarnya sangat enak, pempek ini juga sulit untuk ditemukan di warung pempek luar Palembang. Sama seperti pempek adaan, pempek ini juga tidak melalui proses rebus melainkan langsung digoreng.

8. Pempek dos

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.con/cynthiahali

Walaupun hanya dibuat dengan tepung sagu dan tanpa ikan, pempek dos memiliki cita rasa yang gak kalah dari pempek lainnya. Saat digoreng pempek ini akan mengeluarkan suara "dos.. dos" alias percikan udara dalam minyak, maka dari itu, pempek ini dinamakan pempek dos.

9. Pempek belah

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/pempektropical

Pempek Belah memiliki bentuk menyerupai pempek lenjer, dengan bagian tengahnya sengaja dibelah dan diisi ebi (udang kering), cabai dan kecap. Jadi rasa pedas, asin, gurih dan manis bercampur jadi satu!

10. Pempek tahu

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/pepen1919

Hampir sama dengan model, pempek tahu terbuat dari tahu yang dilumuri adonan pempek. Perbedaannya adalah pempek tahu memiliki lebih sedikit adonan pempek ketimbang model.

11. Pempek godo

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/ocolocol.id

Pempek yang ini tidak dibuat menggunakan ikan atau sagu sebagai bahan utamanya, melainkan menggunakan tepung terigu. Cara pembuatannya dan hasilnya akan sedikit mirip bakwan, karena biasanya divariasikan dengan daun bawang dan potongan udang.

12. Pempek panggang

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/pempek.selamat

Berbeda dengan jenis pempek lainnya, pempek jenis ini tidak direbus atau digoreng melainkan dipanggang. Bagian dalam pempek ini sangat lembut dan berisi ebi. Pempek ini juga sering disebut pempek tunu.

13. Pempek lenggang

Jangan Ngaku Pencinta Pempek Kalau Belum Tahu 13 Jenis Pempek IniInstagram.com/infobandungkuliner

Sama seperti pempek panggang, pempek lenggang juga akan melalui proses pemanggangan. Tapi pempek ini akan dipanggang bersama telur dan dipanggang di atas mangkuk yang dibuat dari daun pisang.

Nah, sekarang sudah lebih tahu kan? Dari 13 jenis pempek tadi mana yang jadi favorit kalian? Semuanya terlihat sangat menggiurkan ya!

Baca Juga: Makanan Indonesia Ini Paling Gak Bisa Ditinggalkan, Ada Pempek Lho!

beatrice annabelle Photo Verified Writer beatrice annabelle

follow ig : @foodloverss___ for yummy foods!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya