Comscore Tracker

5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi, Bye-bye Diabetes!

Kamu masih bisa kok memenuhi ngidam manis tanpa rasa takut!

Makanan manis adalah salah satu jenis yang membuat kita ketagihan kaena dapat menjaga suasana hati jadi lebih baik. Sebut saja seperti cokelat, kue, dan minuman manis yang terbukti bisa membuat lengkungan senyum di bibir setelah memakannya. Meskipun bermanfaat bagi suasana hati sayangnya makanan manis kurang bersahabat buat kesehatan. Terlalu banyak konsumsi gula dapat memicu diabetes, obesitas, dan penyakit berbahaya lainnya. 

Karena dibayangi oleh efek samping yang cukup mengerikan akhirnya rasa khwatir pun tidak terbendung. Tapi masalah itu gak perlu kamu pikirkan lagi nih, sebab ternyata ada beberapa makanan yang aman dikonsumsi tanpa efek samping lho. Misalnya seperti lima makanan manis di bawah ini!

1. Smoothies

5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi, Bye-bye Diabetes!simply-delicious-food.com

Ketika kamu ngidam ice cream atau minuman manis yang bisa membuat kadar gula naik, coba beralih pada smoothies. Dibuat dengan menggunakan buah-buahan asli dan pemanis alami seperti madu, jelas banget jika smoothies ini aman buat tubuh. Kamu juga bisa menambahkan greek yoghurt sebagai pelembut smoothies, buah beri dan nanas bisa jadi kombinasi yang lezat nih buat menyegarkan harimu!

2. Cokelat hitam

5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi, Bye-bye Diabetes!krishijagran.com

Cokelat hitam atau yang lebih dikenal dengan sebutan dark chocolate adalah cokelat yang mengandung lebih dari 70% kakao. Sehingga cokelat jenis ini lebih aman dikonsumsi karena kandungan gula dan lemak yang lebih sedikit. Selain itu dark chocolate juga mengandung kandungan polifenol yang lebih tinggi dari cokelat biasa. Kandungan polifenol adalah sebuah senyawa yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: Enak Sih, tapi 7 Makanan Kekinian Ini Bisa Memicu Sakit Diabetes Lho!

3. Ubi jalar

5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi, Bye-bye Diabetes!simply-delicious-food.com

Ubi jalar memiliki rasa yang manis, kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Ubi jalar ini dikenal sebagai salah satu makanan yang bagus untuk pencernaan. Kamu juga bisa mengganti nasi dengan ubi jalar sebagai asupan karbohidrat sebab ubi jalar punya serat dan karbohidrat yang tinggi. Yang lebih menyenangkan lagi kamu bisa olah ubi jalar dengan cara dipanggang serta tambahan kayu manis, cocok buat cemilan manis nan menyehatkan!

4. Energy bar

5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi, Bye-bye Diabetes!watchwhatueat.com

Meskipun gak semua energy bar tergolong ke dalam camilan sehat, namun kamu bisa kok menemukan jenisnya yang sehat. Misalnya dengan memilih energy bar yang terbuat dari gandum utuh dan buah kering. Kalau merasa sulit menemukannya cara buat energy bar sendiri di rumah juga mudah banget lho! Dengan begitu kamu bisa dengan mudah membuatnya sendiri sesuai dengan selera. 

5. Kurma

5 Makanan Manis yang Aman Dikonsumsi, Bye-bye Diabetes!joyofkosher.com

Manfaat yang dimiliki buah yang satu ini ternyata gak sekecil bentuknya nih, dengan ukuran yang mini kurma ternyata mampu meningkatkan energi dengan baik loh. Kandungan serat, kalium serta zat besi juga menambah khasiat buah bewarna cokelat ini. Meskipun begitu rasa manis dari kurma ini aman buat kesehatan, jadi kamu bisa dengan bebas mengkreasikan kurma dengan kacang-kacangan atau dipadukan dengan chocolate dip. 

Nah, itu tadi guys beberapa jenis makanan manis yang aman buat kesehatan. Punya kandungan gula yang alami dan baik untuk tubuh, ucapin selamat tinggal deh sama diabetes dengan ganti konsumsi makanan manismu dengan makanan tadi.

Baca Juga: 5 Makanan Manis Khas India yang Bikin Kamu Ketagihan Sekali Coba

Keenanthy Photo Verified Writer Keenanthy

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya