Comscore Tracker

5 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Mi, Lezat Bikin Lidah Bergoyang

Olahan mi memang punya banyak penggemar

Kuliner Korea memiliki berbagai hidangan berbahan dasar mi yang lezat dan enak. Mulai dari ramyeon atau mi instan Korea yang sering muncul dalam drama Korea sampai jjajangmyeon yang menjadi makanan favorite anak - anak di Korea. 

Hidangan mi Korea memiliki banyak cita rasa dari rasa manis, pedas dan gurih. Olahan mi di bawah ini highly recommend bagi kamu pencinta mi. Tampilannya cantik dan lezat, siap membuat lidah kamu bergoyang. 

1. Ramyeon

5 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Mi, Lezat Bikin Lidah Bergoyangramyeon (freepik.com/jcomp)

Ramyeon merupakan mi instan Korea. Di Korea sendiri terdapat berbagai macam merek mi instan yang terkenal dan bahkan go international seperti Shin Ramyun dan Samyang. Di Indonesia, Samyang terkenal dengan mi instan yang sangat pedas di mana sempat viral yakni Samyang Buldak Bokkem Myeon.

Orang Korea biasanya memakan ramyeon saat bekerja lembur di Kantor. Selain itu, pelajar atau mahasiswa yang belajar sampai larut malam di perpustakaan atau rumah belajar juga memakan ramyeon. Ramyeon menjadi makanan terbaik untuk menghilangkan rasa lapar di malam hari. 

Ramyeon semakin populer setelah kerap kali muncul dalam drama Korea. Hal ini mengakibatkan meningkatnya ekspor ramyeon ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Mudah dibuat dan lezat, ramyeon merupakan mi yang paling digemari di Korea lho. 

2. Jjajangmyeon

5 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Mi, Lezat Bikin Lidah Bergoyangjjajangmyeon (freepik.com/jcomp)

Jjajangmyeon merupakan salah satu hidangan Korea - China yang paling populer di Korea. Hidangan ini dikembangkan oleh imigran Tionghoa pada awal masuknya orang Tionghoa di Korea sehingga mengambil peran besar dalam budaya kuliner Korea. 

Jjajangmyeon sendiri merupakan mie dengan saus kacang hitam yang disebut saus chunjang (춘장). Dalam budaya Korea, jjajangmyeon sering dihidangkan oleh orang tua kepada anak - anak mereka pada saat hari special seperti kelulusan, ulang tahun, dan hari ujian. Hal ini dikarenakan jjajangmyeon merupakan makanan favorite anak - anak di Korea.

Selain menjadi makanan favorite bagi anak - anak, jjajangmyeon juga sangat populer di kalangan orang dewasa. Dalam drama Korea, jjajangmyeon sering menjadi makanan siap antar yang selalu dibeli orang Korea baik di kantor maupun di rumah. Makanan ini telah menjadi makanan praktis dan lezat untuk melewati hari - hari sibuk orang Korea.

Baca Juga: 5 Perbedaan Antara Ramen dan Ramyun, Beda Banget Lho!

3. Naengmyeon

5 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Mi, Lezat Bikin Lidah Bergoyangbibim naengmyeon (unsplash.com/Crystaljo)

Nah, inilah hidangan mi yang paling populer di Korea saat musim panas. Naengmyeon merupakan mi dingin Korea yang memiliki tekstur kenyal. Mi ini dibuat dari tepung kentang atau tepung ubi jalar dan soba. 

Naengmyeon terdiri dari dua jenis yakni mul naengmyeon dan bibim naengmyeon. Mul naengmyeon adalah mi yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu sapi atau kaldu dongchimi (kimchi air lobak) yang dingin dan menyegarkan.

Sedangkan bibim naengmyeon merupakan mi yang disajikan dengan berbagai campuran bahan seperti sayur, buah, dan daging serta memiliki kuah dingin yang sedikit atau tidak sama sekali, tergantung selera. Bibim naengmyeon biasanya disajikan dengan saus gochujang yang pedas dan lezat. 

4. Japchae

5 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Mi, Lezat Bikin Lidah Bergoyangjapchae (freepik.com/edgunn)

Kali ini ada hidangan mi yang selalu ada pada hari - hari besar di Korea seperti Chuseok dan Seollal. Japchae selalu menjadi makanan yang tidak pernah absen dalam even - even besar di Korea nih. 

Japchae sendiri merupakan hidangan yang berbahan dasar mi yang terbuat dari tepung ubi jalar. Memiliki tekstur kenyal, biasanya japchae dihidangkan dengan berbagai campuran sayur dan daging seperti wortel, bayam, bawang bombay, daging sapi, dan jamur shiitake.

5. Jjamppong

5 Makanan Korea yang Berbahan Dasar Mi, Lezat Bikin Lidah Bergoyangpotret jjamppong (freepik.com/topntp26)

Jjamppong adalah salah satu dari dua hidangan Korea - China yang paling populer di Korea. Orang Korea biasanya bingung memilih jjamppong atau jjajangmyeon ketika makan siang di luar. 

Jjamppong merupakan olahan sup mi pedas dengan campuran daging babi, sayuran, dan seafood seperti kerang, udang dan cumi - cumi. Memiliki kuah yang pedas dan melimpah, jjampong tak heran menjadi makanan populer di Korea karena orang Korea merupakan pencinta rasa pedas. 

Korea ternyata memiliki hidangan mi yang cocok dinikmati pada waktu tertentu seperti naengmyeon yang cocok dinikmati pada musim panas, jjajangmyeon di hari kelulusan, Japchae di hari libur nasional, ramyeon ketika lembur bekerja dan jjamppong ketika makan siang di luar.

Di antara masakan mie di atas, kamu sudah mencoba yang mana nih?

 

Baca Juga: 8 Makanan Siap Saji Drama Korea yang Populer, Ada Tteokbokki!

Khatin Riyanti Photo Verified Writer Khatin Riyanti

A bud of flower which have a dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya