Comscore Tracker

5 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Sana

Jangan lupa dicicip saat ke Bangka Belitung, ya!

Bangka Belitung terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kepulauan di Indonesia. Nah, rasanya kurang lengkap kalau pergi berlibur tanpa mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Selain dikelilingi pantai yang indah, Bangka Belitung juga punya segudang kuliner yang menggugah selera, lho.

Tak hanya kuliner berbahan dasar ikan, provinsi yang terkenal akan tambang timahnya ini juga punya sederet makanan manis khas yang bisa memanjakan lidahmu. Berikut lima kue khas Bangka Belitung yang wajib kamu coba saat melancong ke sana.

1. Kue jongkong

5 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Sanakue jongkong (instagram.com/shirleyliem)

Kue ini sekilas mirip dengan bubur sumsum. Bedanya, kue jongkong yang ada di Bangka Belitung disajikan dalam gelas atau cup kecil.

Kue dengan tiga lapisan warna ini berisi bubur sumsum, pandan, dan gula merah. Sebab dimakan menggunakan sendok dan bertekstur lembut, perpaduan rasa asin dan manis kue jongkong langsung meleleh di mulut dalam sekali suap.

2. Kue yet yet

5 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Sanakue yet yet (instagram.com/vitakwee)

Yet yet adalah kue bertekstur kenyal yang terbuat dari campuran adonan gula merah dengan tepung terigu dan sagu. Biasanya kue ini disajikan dalam potongan loyang besar yang diiris menjadi lebih kecil.

Mirip dengan jongkong yang punya sensasi gurih dan manis, kue yet yet juga punya cita rasa serupa. Di atas kue yet yet biasanya diberi topping parutan kelapa dan daun pandan.

Baca Juga: 6 Kuliner Khas Bangka Belitung Berbahan Ikan, Sedap Menggunggah Selera

3. Kue rintak

5 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Sanakue rintak (instagram.com/novipurfrida)

Camilan manis yang satu ini berbeda dari dua kue sebelumnya. Kue rintak memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Namun, rasa manisnya gak bikin enek, kok. Justru perpaduan bahan dasar sagu, gula pasir, dan santan kelapanya akan membuat manis kue rintak ini terasa pas.

Di atas kue ini biasanya ditaburi topping berupa biji wijen. Kue rintak sering disajikan oleh masyarakat setempat saat hari-hari perayaan besar, seperti Idul Fitri atau Imlek, lho.

4. Kue sapao

5 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Sanakue sapao (instagram.com/ayuaudrey91)

Kue bertekstur renyah berikutnya adalah sapao yang memiliki bahan dasar tepung terigu. Dalam pembuatannya, tepung tadi dicampur dengan santan dan gula pasir sehingga rasa manisnya dijamin gurih dan pas, deh.

Kue sapao memiliki bentuk bulat dan biasanya diisi dengan berbagai macam rasa. Sebut saja cokelat, kacang hijau, atau unti, yakni parutan kelapa yang dicampur gula merah.

5. Bong li piang

5 Kue Khas Bangka Belitung yang Wajib Dicoba saat Melancong ke Sanakue bong li piang (instagram.com/novipurfrida)

Bong li piang adalah kue bertekstur lembut yang berisikan nanas di dalamnya. Kue yang satu ini merupakan hasil perpaduan budaya antara suku Tionghoa dan Melayu, lho.

Bong li piang berbentuk pipih dan memiliki tekstur bagian luar yang gurih. Karakteristik kue ini sesuai dengan namanya, yaitu bong li yang berarti nanas dan piang yang berarti kue kering.

Itu dia lima kue khas daerah Bangka Belitung yang wajib kamu coba ketika datang melancong. Jadi, kue mana dulu yang mau kamu cicip kelezatannya, nih?

Baca Juga: 5 Jajanan Sore Khas Bangka Belitung yang Jadi Favorit Semua Kalangan

Marcella Photo Writer Marcella

Just an ordinary girl who loves to write

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya