Comscore Tracker

5 Tips Menyiapkan Bekal, Lebih Hemat dan Higienis

#IDNTimesLife Gak cuma buat anak-anak, lho

Terutama di masa pandemik begini, membawa bekal rasanya lebih aman ketimbang selalu makan di luar, ya? Pun terlalu sering makan di luar dapat membuat kita merasa bosan.

Nah, agar membawa bekal sendiri bukan lagi sekadar angan, ayo simak tips-tipsnya. Gak usah takut ribet juga buat menyiapkannya.

1. Pilih menu yang simpel dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi

5 Tips Menyiapkan Bekal, Lebih Hemat dan HigienisIlustrasi makanan (unsplash.com/jannisbrandt)

Seperti disebutkan di awal, yang kerap dikhawatirkan ketika berencana membawa bekal sendiri ialah kerepotan saat memasaknya. Oleh karena itu, ayo ubah mindset kita dulu soal bekal makanan yang hendak dibawa.

Intinya, bekal itu gak perlu menu yang sukar dibuat atau terlalu banyak macamnya. Selain masaknya lama, nanti malah gak habis. Bekal juga gak harus dihias agar terlihat indah oleh teman-teman kita. 

Fungsi utama bekal adalah agar kita gak perlu membeli makanan di luar. Jadi, gak usah malu membawa bekal yang sederhana, yang penting sesuai dengan kebutuhan nutrisi kita. Terlebih jika kita sedang diet atau berpantang makanan demi kesehatan.

2. Untuk anak, pastikan ia menyukai menunya agar tak tergoda jajan

5 Tips Menyiapkan Bekal, Lebih Hemat dan HigienisIlustrasi menyiapkan bekal anak (unsplash.com/tysonbrand)

Nah, kalau menyiapkan bekal untuk diri sendiri terasa lebih gampang, menyiapkan bekal untuk anak memang butuh strategi. Sebab anak biasanya sangat pemilih soal makanan.

Jika kita membawakan bekal dengan menu yang tidak disukainya, nanti malah anak tidak mau memakannya. Dia akan tetap membeli makanan di luar atau malah melewatkan jam makan. Kasihan, kan?

Triknya ialah harus selalu ada makanan yang disukai anak dalam kotak bekal. Tanyakan pada anak apa lauk yang diinginkannya. Misalnya, anak sangat menyukai nugget. Maka selain nasi dan sayur, jadikan nugget sebagai lauknya. 

Baca Juga: 5 Inspirasi Menu Bekal Makan Siang Berbahan Kentang, Mengenyangkan!

3. Membawa lebih banyak juga baik agar bisa berbagi dengan teman

5 Tips Menyiapkan Bekal, Lebih Hemat dan HigienisIlustrasi memasak (unsplash.com/jsnbrsc)

Sekalipun teman-teman kita juga membawa bekal, biasanya saat jam makan tiba, ada yang penasaran dengan bekal kita. Atau malah ada teman yang lupa membawa bekal?

Gak enak juga kan, kalau kita pura-pura gak peduli? Maka ada baiknya kita membawa bekal sedikit lebih banyak agar bisa berbagi dengan teman.

Apalagi jika yang membawa bekal anak-anak. Teman-temannya mungkin ingin sekali mencicipinya. Daripada anak bete lantaran diganggu saat makan, sengaja bawakan bekal lebih untuk teman-temannya saja.

4. Atur bekal agar mudah disantap di mana pun

5 Tips Menyiapkan Bekal, Lebih Hemat dan HigienisIlustrasi menyantap bekal (unsplash.com/christianchen)

Jika kita bisa menyantap bekal di ruangan tertentu dan ada mejanya, tentu akan lebih mudah. Akan tetapi bila kita bekerja di luar ruangan atau dalam perjalanan, pilihan menu yang tidak tepat malah akan merepotkan diri sendiri.

Misalnya, sayuran berkuah. Salah-salah malah tumpah dalam perjalanan dan mengotori tas atau dokumen. Contoh lain, daripada sepotong paha atau dada ayam goreng, tentu kita akan lebih mudah menyantap ayam fillet.

5. Jangan lupa minumannya

5 Tips Menyiapkan Bekal, Lebih Hemat dan HigienisIlustrasi menyantap bekal (unsplash.com/anniespratt)

Terkadang kita sudah menyiapkan bekal makanan dengan sangat baik, tetapi malah lupa tidak membawa minuman. Padahal kalau membeli minuman di luar, kita mudah tergoda minuman dengan kadar gula tinggi yang gak baik untuk kesehatan.

Belum lagi jika membeli minuman es. Apakah kita dapat memastikan esnya terbuat dari air matang? Bagaimana jika terbuat dari air mentah?

Lagi pula, kita akan lebih sering minum ketimbang makan. Apabila kita harus terus membeli minuman selama beraktivitas di luar rumah, pengeluaran pasti meningkat secara signifikan. Gagal berhemat deh.

Beberapa orang masih merasa malu bila hendak membawa bekal ke kantor atau ke mana pun. Mereka khawatir dianggap terlalu pelit untuk membeli makanan di luar.

Padahal selain pengeluaran memang bisa membengkak jika jajan terus, alasan kesehatan dan selera tentu perlu dipertimbangkan. Jadi kapan nih, kamu mau mulai membawa bekal makan siang ke kantor?

Baca Juga: 5 Ide Bekal Kantor yang Bisa Kamu Bawa setelah Libur Lebaran, Simple!

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya