Comscore Tracker

5 Makanan Kaya Serat Khas Suriah Ini Cocok Banget Buat Dietmu

Untuk vegetarian juga cocok nih

Suriah, negara indah yang hancur oleh peperangan tak menentu akhirnya. Walaupun dilanda peperangan Suriah tidak menyerah untuk menyambung hidup. Warga Suriah berbondong-bondong pergi dari rumah, ada yang ketakutan, ada yang rumahnya hancur. Di tengah perekonomian hancur, warga Suriah mulai membangun perekonomian dengan jalur pertanian. Tanaman yang ditanam meliputi biji-bjian, tomat, ketimun dan lain-lain yang nantinya diolah menjadi makanan yang lezat nan sehat.

1. Tabbouleh

5 Makanan Kaya Serat Khas Suriah Ini Cocok Banget Buat Dietmuepicurious.com

Tabbouleh adalah sejenis salad yang berisi gandum bulgur, tomat, bawang putih dengan tambahan daun mint, parsley dan siraman air lemon dan olive oil. Salad ini sehat karena bulgur sendiri adalah gandum yang kaya akan serat dan protein, kalium, zat besi dan memiliki indeks glikemik rendah. Dalam satu cangkir tabbouleh dapat memenuhi sekitar 10 persen kebutuhan serat bagi pria dan 12 persen bagi wanita. 

2. Hummus

5 Makanan Kaya Serat Khas Suriah Ini Cocok Banget Buat Dietmucookingclassy.com

Hummus adalah makanan yang sehat dan sekarang banyak dikonsumsi oleh orang AS (Amerika Serikat). Hummus terbuat dari campuran buncis, biji wijen atau tahini (pasta biji wijen), minyak zaitun, lemon dan bawang putih dihaluskan dan dibuat seperti pasta. Hummus mengandung zat besi, folat, fosfor dan vitamin B sangat cocok untuk vegetarian. Hummus juga kaya serat, setiap 3,5 ons dapat memenuhi 24 persen serat untuk wanita dan 16 persen untuk pria.

3. Fattoush

5 Makanan Kaya Serat Khas Suriah Ini Cocok Banget Buat Dietmubonappetit.com

Fattoush adalah salad sederhana yang terdiri dari mentimun, tomat, daun krokot (atau selada), lobak, dan bawang hijau ditambah dengan parsley atau mint dan Vinaigrette zesty sederhana dan sejumput bumbu sumac. Fattoush mengandung vitamin A, vitamin C dan rendah lemak serta antioksidan tinggi.

Baca Juga: 12 Kesalahan Diet yang Bikin Berat Badanmu Makin Naik, Pernah Ngalami?

4. Mujaddara

5 Makanan Kaya Serat Khas Suriah Ini Cocok Banget Buat Dietmuarchanaskitchen.com

Mujaddara adalah makanan sederhana yang menggabungkan lentils, sejenis kacang-kacangan dan gandum atau nasi yang dicampur dengan bawang, air dan garam. Makanan ini biasa disebut makanan orang miskin tapi sekarang menjadi makanan yang otentik di Timur Tengah. Mujaddara baik untuk kesehatan, dalam 2 cup mujaddara mengandung 442 kalori yang setara dengan lari 66 menit, lari 45 menit atau 2,7 jam bersih-bersih rumah.

5. Freekeh

5 Makanan Kaya Serat Khas Suriah Ini Cocok Banget Buat Dietmuthehappyfoodie.co.uk

Freekeh adalah gandum yang masih muda saat dipanen lalu dipanggang dan dikeringkan lalu digosok-gosok sehingga jadi biji-bijian kecil. Cara makan Freekeh seperti nasi, dimasak dahulu dengan rasio freekeh dan air 1:2 lalu bisa dibuat makanan seperti tumis kentang goreng, risotto, tabouli, atau sup. Freekeh merupakan makanan kaya serat dan mengadung selenium, potasium dan magnesium. Dalam 1,5 cup freekeh mengandung 130 kalori, 1 gram lemak dan 8 gram protein.

Kelima makanan tersebut adalah makanan khas Suriah yang sehat, kaya serat dan protein. Dengan berbahan dasar biji-bijian dan sayuran kelima makanan tersebut baik untuk melancarkan pencernaan dan membantu program diet. Bagaimana? tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: 10 Fakta Ilmiah Kenapa Makan Pelan Bikin Cepat Kenyang, Pas untuk Diet

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You