Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Jeroan dari Berbagai Negara, Ada Hidangan Mahal!

Ada juga yang pengolahannya dikecam banyak negara

Daging sapi dan kambing menjadi bahan makanan yang terbilang mewah untuk beberapa kalangan.Setiap bagian tubuh dari sapi dan kambing bisa dikonsumsi, bahkan jeroannya sekalipun. Meski tak semua orang tertarik untuk mengonsumsinya, tapi ada saja yang merasa bahwa bagian jeroan layak dan cukup lezat untuk disantap.

Bukan hanya di Indonesia yang menggunakan jeroan sebagai bahan berbagai hidangan. Beberapa negara lain di dunia juga punya hidangan yang berbahan dasar jeroan, lho. Hidangan apa saja itu?

1. Flaki (Polandia)

5 Hidangan Berbahan Jeroan dari Berbagai Negara, Ada Hidangan Mahal!flaki (instagram/kulinarna_polska)

Di Polandia, jeroan kerap dibiat menjadi sosis dan juga keju. Tak hanya itu, ada juga sup jeroan yang jadi favorit warga Polandia. Flaki atau flaczki merupakan sup padat berbahan utama babat sapi.

Selain babat, flaki juga menggunakan otak atau kaki anak sapi, bahkan tambahan bacon yang lalu dibumbui dengan marjoram, pala, jahe, dan merica. Flaki menjadi hidangan wajib yang disajikan saat acara pernikahan yang dikonsumsi bersama roti. 

2. Tripas (Meksiko)

5 Hidangan Berbahan Jeroan dari Berbagai Negara, Ada Hidangan Mahal!tripas (instagram/steakbeforecake)

Umumnya, taco yang berbahan dasar tortila ini dikenal dengan beragam isian, seperti daging sapi, ayam atau udang. Namun, di Meksiko juga menawarkan isian taco berupa jeroan, seperti bagian usus sapi atau babi. 

Tripas ini dibuat dengan cara direbus lalu dipanggang dengan kematangan sempurna bersama bumbu, seperti ketumbar, bawang bombai, dan saus cabai. Tripas atau taco dengan isian jeroan ini rupanya mudah ditemukan di berbagai taco stand di Meksiko lho. 

Baca Juga: 9 Ragam Olahan Daging dan Jeroan Austria Ini Pas Buat Sajian Keluarga

3. Haggis (Skotlandia)

5 Hidangan Berbahan Jeroan dari Berbagai Negara, Ada Hidangan Mahal!haggis (instagram/eduliswildfood)

Sudah dikenal sebagai hidangan nasional, ternyata haggis dulunya adalah makanan para kelas bawah. Biasanya, orang yang akan menyantapnya menambahkan hati dan ginjal kambing ke dalam bagian usus untuk dikonsumsi. Selain hati dan ginjal, paru dan daging sapi juga kini digunakan dalam pembuatan haggis.

Haggis kerap disebut sebagai puding bertekstur unik karena menggunakan oatmeal dan berbagai bumbu lain di dalamnya. Haggis dikenal sebagai hidangan yang bergizi dan mengandung karbohidrat serta zat besi. 

4. Kokorec (Turki)

5 Hidangan Berbahan Jeroan dari Berbagai Negara, Ada Hidangan Mahal!kokorec (instagram/dinckokorec)

Terkenal dengan menu berbahan daging, yaitu kebab, ternyata di Turki kebab juga punya versi jeroan, lho. Kokorec ini juga hidangan yang populer di Yunani. Namun, di Turki hanya menggunakan usus besar dan usus kecil kambing yang dipanggang dengan tusukan.

Pada saat dipanggang, usus tidak dibumbui alias polos. Namun, saat matang dan akan dikonsumsi, kokorec ditaburi dnegan oregano, bubuk cabai, dan jintan, lalu dinikmati bersama roti. 

5. Foie Gras (Prancis)

5 Hidangan Berbahan Jeroan dari Berbagai Negara, Ada Hidangan Mahal!foie gras (instagram/jamel_zysk)

Foie gras adalah hidangan khas Prancis yang mendunia, dimana makanan tersebut dibuat dari hati angsa yang memiliki tekstur lembut layaknya es krim. Namun, sudah bukan rahasia lagi kalau proses pembuatan foie gras dikecam banyak negara lain di Eropa dan tidak lagi di produksi negara lain selain Prancis. 

Pasalnya, angsa yang diambil hatinya ini dikurung di dalam kandang sempit dan dipaksa makan atau force feeding, agar hati mereka membengkak dan memiliki banyak lemak. Tak heran, dengan proses pembuatan yang ekstrim ini juga foie gras menjadi salah satu hidangan mahal asal Prancis.

Jeroan hewan, seperti sapi, kambing, babi, dan unggas rupanya juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat. Namun, jangan sampai menyakiti hewan tersebut hanya untuk konsumsi sendiri. Dari pilihan hidangan di atas, kalian penasaran sama rasa makanan yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Jeroan yang Populer di Prancis

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya