Comscore Tracker

5 Kue Tart Khas Inggris dengan Cita Rasa Unik, Bikin Ngiler Semua!

Inspirasi camilan manis nih

Kue tart masih jarang diketahui oleh beberapa masyarakat Indonesia karena seringkali sulit membedakan antara kue tart dan pie. Pie biasanya memiliki tambahan lapisan di bagian atas untuk menutupi isian, sementara kue tart tidak memiliki lapisan atas. 

Tart begitu popular di negara-negara Eropa seperti Inggris sehingga mereka memiliki banyak jenis dan variasi dengan rasa yang unik. Berikut ini beberapa variasi kue tart asal Inggris yang wajib dicicipi, simak yuk! 

1. Yokshire Curd Tart

5 Kue Tart Khas Inggris dengan Cita Rasa Unik, Bikin Ngiler Semua!yokshire curd tart (instagram/sakurazakacoffe)

Dari namanya mungkin kalian sudah tau asal kue tart satu ini. Ya benar! Kue tart ini berasal dari daerah Yokshire di Inggris dan dikenal sebagai tart tradisional daerah ini. 

Yokshire curd tart dibuat dari pastry yang dipanggang kemudian diisi dengan beragam isian. Kombinasi bahan yang digunakan adalah keju, gula, mentega, telur, kismis, dan pala. 

2. Bakewell Tart

5 Kue Tart Khas Inggris dengan Cita Rasa Unik, Bikin Ngiler Semua!bakewelltart (instagram/millsandbuns)

Bakewell tart adalah dessert tradisional yang paling popular di Inggris. Terdiri dari pastry yang diisi dengan selai buah lalu ditambahkan kombinasi gula, telur, almond, dan mentega. 

Kue tart ini dipanggang sampai teksturnya menjadi ringan dan lembut lalu disajikan selagi hangat. Biasanya akan ditambahkan satu scope es krim saat disajikan. 

Baca Juga: 5 Kreasi Bakewell Tart Menggugah Selera, Makanan Padat Bertabur Almond

3. Treacle Tart

5 Kue Tart Khas Inggris dengan Cita Rasa Unik, Bikin Ngiler Semua!treacle tart (instagram/cambrayroadkitchen)

Tart satu ini juga terkenal sebagai dessert tradisional khas Inggris yang dikenal sebagai hidangan murah. Dulunya, treacle tart dipercaya sebagai hidangan yang diciptakan untuk memanfaatkan sisa-sisa roti. 

Untuk resepnya sendiri, treacle tart menggunakan pastry yang diisi dengan sirup gula, remah roti, dan jus lemon. 

4. Gypsy Tart

5 Kue Tart Khas Inggris dengan Cita Rasa Unik, Bikin Ngiler Semua!gypsy tart (instagram/felicityspector)

Kue tart dengan nama unik ini dipercaya tercipta dari seorang wanita yang ingin memberi makan pada anak-anak gypsy yang kekurangan gizi. Ia membuat hidangan dari bahan-bahan yang ia miliki dirumah sampai terciptalah kue tart ini. 

Gypsy tart terdiri dari pastry dengan isian susu evaporasi kocok dan gula muscovado. Setelah dipanggang, bagian atas kue tart lalu diberi gula bubuk lalu disajikan hangat atau pun dingin. 

5. Bakewell Pudding

5 Kue Tart Khas Inggris dengan Cita Rasa Unik, Bikin Ngiler Semua!bakewell pudding (instagram/nickichanlam)

Meskipun nama kue ini disebut pudding, namun bakewell pudding tetap termasuk jenis tart. Uniknya, bakewell pudding tercipta secara tak sengaja pada tahun 1860.

Kue tart unik ini terdiri dari bagian pastry lalu dilapisi selai buah dan terakhir diberi pasta yang terbuat dari telur, mentega, dan almond. Biasanya, bakewell pudding disajikan hangat bersama dengan cream untuk menambah cita rasanya. 

Itulah beberapa kue tart paling popular asal Inggris dengan cita rasa unik. Gimana, kamu penasaran kan sama rasanya? 

Baca Juga: 5 Variasi Rasa Olahan Egg Tart untuk Teman Minum Teh, Coba Yuk!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya