Comscore Tracker

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melek

Pencinta kopi merapat yuk!

Bagi kebanyakan orang, kopi merupakan minuman wajib di waktu senggang. Saat pagi memulai hari atau sedang nongkrong, tentu pencinta kopi akan memilih menikmati minuman ini. 

Bukan hanya di Indonesia, di Eropa kopi juga menjadi minuman favorit. Dan di benua ini terdapat banyak jenis kopi dengan rasa lezat. Apa saja?

1. Galao - Portugal

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/sonhogastronomia

Minuman kopi asal Portugal ini hanya menggunakan 1/4 dari espresso dan 3/4 foamed milk. Galao punya dua versi yaitu escuro dengan rasa yang lebih kuat dan galao claro rasanya lebih ringan. Galao disajikan di gelas bening tinggi. 

2. Wiener Melange - Vienna

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/enda0714

Kopi asal Vienna ini sering disamakan dengan cappucino. Wiener melange terdiri dari 1 shot espresso, susu lalu diberi foamed milk di bagian atasnya. Wiener melange lebih mirip dengan caffe latte. 

3. Espresso - Italia

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/dailydosebarista

Jenis minuman kopi yang satu ini pasti sudah terkenal. Espresso adalah nama minuman kopi sekaligus cara pembuatannya yang menggunakan mesin khusus. Mesin ini sendiri sudah ada sejak tahun 1884 lho. 

4. Freddo Cappucino - Yunani

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/thedailygreekaustralia

Freddo cappucino merupakan minuman kopi yang disajikan dingin. Minuman ini terdiri dari double shot espresso yang dituangkan ke es batu. Lalu ditambahkan susu dingin yang sudah dikocok sampai berbusa. 

Baca Juga: 10 Varian Kopi yang Populer di Spanyol, Cocok buat Kamu Pecinta Kopi

5. Macchiato - Italia

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/roysstation

Macchiato asal Italia ini merupakan minuman kopi yang menggunakan espresso dan ditambahkan satu atau dua sendok teh susu panas. Susu ditambahkan hanya untuk menambah rasa nikmat kopi jadi tidak ditambahkan begitu banyak. 

6. Frappe - Yunani

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/buscafe_erbil

Frappe asal Yunani ini seperti kopi pada umumnya yaitu menggunakan bubuk kopi instan dan ditambahkan air secukupnya. Namun yang unik adalah frappe menggunakan es batu dan dikocok sehingga menghasilkan busa yang menggumpal saat dituang ke gelas. 

7. Eiskaffe - Jerman

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/danielasidee

Eiskaffe atau es kopi asal Jerman ini menggunakan kopi dan satu scoop es krim. Kopi yang digunakan biasanya adalah espresso dan ditambahkan es krim rasa vanilla. Lalu dituangkan ke gelas panjang tanpa perlu diberi pemanis. 

8. Ristretto - Italia

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/perfectdailygrind

Ristretto atau restricted adalah kopi yang hanya menggunakan setengah shot dari espresso. Kopi ini tentu memiliki cita rasa yang lebih light dibandingkan espresso lainnya. 

9. Greek Coffee - Yunani

9 Minuman Kopi Paling Favorit di Eropa, Nikmatnya Bikin Melekinstagram/lodimimini

Kopi ini menggunakan biji kopi pilihan yang dipanggang dan dijadikan bubuk lalu dicampur dengan air dingin dan gula. Yang unik dari kopi Yunani ini adalah wadah yang digunakan berbentuk pot traditional bernama cezve atau ibrik. 

Dalam wadah ini, kopi lalu diseduh menggunakan api kecil sampai mendidih dan mengeluarkan busa. Cita rasa greek coffee lebih kuat dari kopi lainnya. 

Itulah beberapa minuman kopi yang paling digemari di benua Eropa. Kamu sudah pernah coba yang mana? 

Baca Juga: 7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Putry Prastiwi Photo Verified Writer Putry Prastiwi

Follow my ig @traveliss__

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya