Comscore Tracker

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!

Kopi Turki merupakan jenis kopi dengan tekstur extra fine

Siapa di antara kalian pernah mengalami situasi di mana kalian diam termangu karena tidak tahu mau membeli kopi yang mana? Meskipun jenis kopinya sama, misalnya Arabica, tetapi di bagian packaging depan ada tulisan fine, medium fine atau medium. Lalu kopi yang mana nih yang mesti diambil? 

Kabar baiknya, sekarang kalian tidak perlu bingung lagi karena pada kesempatan ini IDN Times akan membagikan tips mengenai beragam tekstur kopi yang ada di pasaran.
Dikarenakan tekstur kopi berbeda-beda, maka alat yang dibutuhkan untuk menyeduh juga berbeda. Berikut penjelasannya. 

1. Fine 

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!coffee-channel.com

Kopi dengan ukuran fine memiliki tekstur halus yang hampir menyerupai tepung. Kopi dengan tekstur ini sering diberi label finely ground coffee atau espresso grind

Kopi ini idealnya digunakan dengan mesin espresso. Untuk mesin AeroPress, kalian harus memilih durasi pendek 1-2 menit saja. 

2. Medium

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!aliexpress.com

Kopi bubuk dengan ukuran tekstur medium  adalah tipe tekstur kopi yang sering kita dapati di toko-toko atau cafe yang menjual kopi. Teksturnya menyerupai pasir tapi halus.

Kopi bubuk dengan tekstur medium cocok untuk diseduh dengan drip coffee maker, siphon brewer, atau AeroPress.

Siphon brewer memiliki bentuk yang unik dan sekilas mirip seperti tabung di laboratorium. Cara kerja Siphon Brewer ini adalah perpaduan antara teknik imersi seperti di French Press dan vacuum di mana air di tabung bawah dipanaskan tapi tidak sampai 100% mendidih yang kemudian mendorong air untuk naik ke tabung atas. Cara ini mempengaruhi kualitas dan rasa kopi saat diminum.  

3. Medium fine

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!wholeworldcoffee.com

Kopi bubuk dengan ukuran medium fine memiliki tekstur menyerupai pasir yang halus dan lembut seperti sutra. 

Kopi dengan tekstur medium fine ini cocok untuk digunakan dengan alat seperti cone-shaped pour over dan Aero Press dengan durasi 2-3 menit brewing

Baca Juga: 9 Jenis Kopi Populer dari Berbagai Negara di Dunia, Hangatnya Pas!

4. Extra fine

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!javapresse.com

Kopi bubuk dengan ukuran tekstur extra fine bentuknya menyerupai tepung. Kopi yang memiliki tekstur extra fine adalah kopi Turki dan untuk menyeduhnya memerlukan alat yang bernama Ibrik atau CezveIbrik diletakkan di atas kompor dan di dalamnya diisi kopi dengan tekstur extra fine dan air.

Saat dipanaskan, air tidak boleh sampai sepenuhnya mendidih dan di lapisan atas ada foam yang merupakan campuran air dengan minyak di kopi. 

5. Coarse

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!handground.com

Kopi bubuk yang memiliki tekstur coarse memiliki butiran yang sedikit lebih besar menyerupai tekstur garam Kosher. 

Kopi bubuk dengan tekstur coarse ini ideal untuk digunakan dengan alat seperti French Press supaya kopi bisa mengendap dan menyatu dengan air. 

6. Medium coarse

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!stumptowncoffee.com

Kopi bubuk dengan tekstur medium coarse menyerupai pasir yang kasar. Kopi dengan tekstur medium coarse cocok untuk diseduh dengan alat seperti Chemex

7. Extra coarse

7 Tekstur Kopi Bubuk dan Cara Menyeduhnya, Pencinta Kopi Wajib Tahu!coffeegearx.com

Kopi dengan ukuran very coarse memiliki tekstur yang sangat kasar dan terkadang kita masih bisa melihat potongan biji kopi diantara butiran-butiran kopi. 

Kopi dengan ukuran tekstur very coarse ini cocok untuk dibuat cold brewed coffee dan cowboy style coffee.  

Cowboy style coffee merupakan cara menyeduh kopi yang paling mudah karena hanya membutuhkan kopi, air, dan api. Kalian dapat memasak kopi di perapian terutama waktu sedang kemah atau menggunakan alat panggang seperti yang digunakan untuk memanggang satai.

Untuk dapat menikmati secangkir kopi tanpa ampas dengan metode ini, bubuk kopi dimasukkan ke dalam kaus kaki yang bersih atau kain muslin dan kemudian dimasukkan ke dalam teko saat air sedang mendidih. Diamkan beberapa saat lalu angkat dari perapian.  

Itulah tujuh tekstur kopi bubuk yang dijual di pasaran. Dari ketujuh ukuran tekstur kopi ini, kopi dengan tekstur medium adalah yang paling sering dijual di toko, supermarket, dan cafe. Kopi dengan tekstur very fine umumnya dipakai di Turki untuk membuat kopi Turki.

Semoga informasi ini membantu kalian saat hendak membeli kopi bubuk. Kalian yang memiliki beberapa jenis coffee brewer di rumah dapat membeli beberapa kopi dengan tekstur yang cocok dengan alat yang kalian miliki di rumah. Niscaya, kalian dapat menikmati secangkir kopi nikmat.

Baca Juga: 5 Macam Olahan Kopi Khas Vietnam, Mulai dari Telur Hingga Yogurt Kopi

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @1001diarycollections.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya