Comscore Tracker

5 Hidangan Berbahan Dasar Ayam Khas Thailand, Nikmatnya Tiada Tanding!

Aroma sedapnya siap menggoda perutmu, nih

Ayam merupakan salah satu makanan yang mudah diolah menjadi menu yang lezat dan nikmat. Ayam juga dapat dimasak dengan beragam bumbu dan juga rempah yang membuatnya makin mantap.

Thailand adalah salah satu negara yang mempunyai beragam menu andalan yang berbahan dasar ayam. Negara ini berhasil menciptakan berbagai olahan ayam yang menggoyang lidah. Apa saja menu andalannya? Berikut daftarnya.

1. Gai hor bai toey

5 Hidangan Berbahan Dasar Ayam Khas Thailand, Nikmatnya Tiada Tanding!gai hor bai toey (instagram.com/regunancha)

Gai hor bai toey merupakan makanan tradisional yang terbuat dari potongan ayam yang diasinkan, kemudian dibungkus dengan daun pandan, lalu selanjutnya digoreng. Sebelumnya, ayam terlebih dahulu direndam ke dalam rendaman yang telah dibumbui dengan bawang putih, ketumbar, merica, kecap asin, saus tiram, dan minyak wijen.

Setelah digoreng dan menjadi bewarna cokelat keemasan, ayam kemudian berbalut pandan. Ayam umumnya dihidangkan dengan saus yang terbuat dari biji wijen, kecap, gula, dan garam.

2. Kai yang

5 Hidangan Berbahan Dasar Ayam Khas Thailand, Nikmatnya Tiada Tanding!kai yang (instagram.com/feelthewok)

Kai yang merupakan makanan yang dibuat dengan memanggang ayam utuh yang telah diasinkan. Makanan ini umumnya dihidangkan bersamaan dengan nasi putih ketan, saus celup, dan salad sayuran yang disebut som tam. Saus celup tersebut dapat menggunakan saus manis atau asam.

Makanan ini berbeda dengan ayam panggang, pembedanya adalah bumbunya yang terbuat dari berbagai bahan seperti kecap, jahe, lada putih, kecap ikan, cuka, dan saus hoisin. Bumbu ini juga ditambahkan dengan rempah-rempah seperti ketumbar, serai, dan bawang putih.

Baca Juga: 9 Fakta Khanom Khrok, Kue Khas Thailand yang Mirip dengan Serabi

3. Kai thot takhrai

5 Hidangan Berbahan Dasar Ayam Khas Thailand, Nikmatnya Tiada Tanding!kai thot takhrai (instagram.com/_maanthony)

Kai thot takhrai merupakan makanan yang terdiri dari ayam goreng yang biasanya menggunakan sayap atau kaki yang dihidangkan bersama serai yang renyah. Makanan ini umumnya terbuat dari kulit utuh dan potongan ayam tulang yang direndam dalam bumbu serai, daun jeruk purut, gula, lada hitam, dan garam.

Penambahan saus juga diperlukan untuk memperkuat rasa. Saus yang digunakan biasanya saus tiram, kecap, atau ikan. Ayam yang telah direndam selanjutnya diberi lapisan campuran tepung dan air sebelum dicelupkan ke dalam minyak panas untuk digoreng. Kai thot takhrai biasanya dinikmati dengan nasi kukus panas sebagai pelengkap.

4. Kai ho bai toei

5 Hidangan Berbahan Dasar Ayam Khas Thailand, Nikmatnya Tiada Tanding!kai ho bai toei (instagram.com/dulchecherrybakes)

Kai ho bai toei atau Thai pandan chicken merupakan menu nikmat yang terdiri dari potongan ayam yang diasinkan. Kai ho bai toei biasanya diolah menggunakan paha atau dada ayam. Kemudian daging ayam diapit daun pandan aromatik lalu digoreng.

Sebelumnya ayam direndam terlebih dahulu ke dalam campuran bahan seperti ketumbar, kecap ikan, saus tiram atau kecap, bawang putih, serai, jahe, merica putih, bubuk kari, kunyit, serai, krim kelapa, gula aren, minyak wijen, tepung, cuka , bawang merah, dan cabai kering.

Umumnya, ayam dikukus sebelum digoreng untuk menyegel sarinya. Setelah semua proses selesai dan ayam siap disajikan, saus celup seperti sambal manis atau saus wijen yang digunakan sebagai pelengkapnya.

5. Khao mok gai

5 Hidangan Berbahan Dasar Ayam Khas Thailand, Nikmatnya Tiada Tanding!khao mok gai (instagram.com/yushbombn)

Khao mok gai merupakan makanan halal yang diperkenalkan ke Thailand oleh pedagang Persia sejak berabad-abad yang lalu. Cara pembuatannya adalah dengan membumbui ayam dan nasi dengan bumbu beriani tradisional yang mencakup bubuk kari, ketumbar, kapulaga, kunyit, jinten, dan kayu manis.

Khao mok gai umumnya dihidangkan dengan tomat atau mentimun segar. Hidangan ini juga wajib menyertakan nam jim, yakni saus yang terdiri dari mint segar dan jahe.

Olahan ayam khas Thailand ini terkenal dengan cita rasanya yang menggoda dan bikin ketagihan dalam sekali coba. Kalian tertarik mencoba olahan ayam yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Trivia Cha Yen, Es Teh khas Thailand yang Viral hingga ke Indonesia!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya