Comscore Tracker

5 Hidangan Serba Kuah Gurih Khas Jambi yang Bikin Hangat

Gak bisa ditolak, apalagi kalau disantap saat hujan 

Jambi memang juaranya dalam hal kuliner kaya rempah. Tak hanya kuenya saja yang menarik perhatian, terdapat hidangan dengan kuah gurih yang rasanya mantap jiwa karena punya banyak rempah.

Makin penasaran hidangan berkuah gurih khas Jambi apa saja yang sukses bikin lidah berdansa? Berikut daftarnya.

1. Daging masak hitam

5 Hidangan Serba Kuah Gurih Khas Jambi yang Bikin Hangatdaging masak hitam (instagram.com/azianhasan)

Daging masak hitam sekilas mirip dengan semur, yang mana terdapat kesamaan pada kuah hitam yang pekat. Kedua makanan ini juga mempunyai cita rasa manis gurih yang bisa bikin para penikmatnya tergila-gila.

Daging masak hitam sendiri menjadi salah satu kuliner khas Jambi yang berbahan utama daging sapi dengan bumbu jintan, adas manis, ketumbar, kayu manis, pala bubuk, lada putih bubuk, garam, kecap manis, dan santan. Ada pula bumbu halus yang telah digoreng terlebih dahulu yakni bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, batang serai, dan lengkuas. 

Bumbu yang telah tercampur rata tersebut dibalurkan pada daging. Kemudian dibiarkan selama 20 menit. Setelahnya daging dapat langsung dimasak dalam panci. Selama proses memasak, tuang kecap dan santan sedikit demi sedikit sampai daging empuk dan matang serta kuahnya mengental.

Tentu kamu bisa membayangkan, betapa kaya rasanya hidangan ini kan?

2. Gulai tepek ikan

5 Hidangan Serba Kuah Gurih Khas Jambi yang Bikin Hangatgulai tepek ikan (instagram.com/inaonik)

Gulai tepek ikan biasanya disajikan pada pesta pernikahan. Ini merupakan makanan berkuah santan yang terbuat dari irisan ikan tenggiri, gabus, atau belida yang diolah mirip pempek.

Gulai tepek ikan menggunakan ikan air tawar yang dibalurkan bersamaan dengan adonan tempung sagu dan bawang putih. Selanjutnya dibentuk seperti pempek lenjer dan dimasak sampai matang. Adonan yang telah matang kemudian dicampur ke dalam kuah santan gulai dengan rasa asam gurih. 

Baca Juga: Resep Kue Putri Kandis Khas Jambi, Kue Basah yang Manis Legit

3. Mie celor

5 Hidangan Serba Kuah Gurih Khas Jambi yang Bikin Hangatmie celor (instagram.com/jambidelicious)

Berwisata ke kota Jambi, tak lengkap rasanya tanpa menikmati salah satu hidangan populernya, yaitu mie celor. Kuliner ini dibuat dengan adonan tepung terigu yang diolah bersama sayuran sehat seperti taoge dan daun sop.

Saking terkenalnya, makanan ini mudah ditemui di sudut-sudut kota Jambi. Hidangan ini dianggap sebagai sajian yang tak hanya mengenyangkan perut, namun juga ampuh dalam mengembalikan semangat karena kuahnya yang hangat dan menyegarkan. Aroma rempah yang sedap membuatnya makin menggoda.

Sebagai pelengkap, mi ditambah dengan irisan daging ayam atau sapi dan telur yang membuatnya makin mantap.

4. Gulai terjun

5 Hidangan Serba Kuah Gurih Khas Jambi yang Bikin Hangatgulai terjun (instagram.com/akuadin)

Gulai terjun menjadi hidangan dengan nama unik yang umumnya disajikan sebagai lauk sehari-hari oleh orang Jambi. Makanan ini biasanya menggunakan daging sapi, kerbau, ayam, atau kambing. Bahan ini nantinya diolah dan dihidangkan bersama dengan kuah yang dibuat dari santan. Kuah gulai tidaklah kental, melainkan encer. Selain itu, hidangan ini biasanya disajikan dengan umbut kelapa.

5. Sup tulang dan tulang bakar

5 Hidangan Serba Kuah Gurih Khas Jambi yang Bikin Hangatsup tulang dan tulang bakar (instagram.com/fizah88)

Hidangan khas Jambi yang tak kalah enak adalah sup tulang. Walaupun bernama sup tulang, namun bukan berarti sajian berkuah ini berisi tulang saja.

Sesuai namanya yakni sup tulang, maka menu yang dihidangkan ini adalah daging yang masih menempel pada tulang dan disajikan bersama kuah bening yang diberi taburan daun bawang dan bawang goreng. Selain itu, tulang iga sapi dapat diolah dengan cara dibakar. 

Hidangan khas Jambi memang selalu sukses memanjakan lidah penikmatnya. Dari daftar kuliner di atas, mana nih yang ingin kamu coba?

Baca Juga: 5 Fakta Jernang, Buah Primadona Khas Jambi yang Terancam Punah 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya