Comscore Tracker

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!

Rasanya manisnya bisa bikin kamu ketagihan

Slovenia merupakan salah satu negara yang terkenal akan wisata kulinernya yang beragam. Banyak hidangan lezat yang bisa dicicipi di sini. Mulai dari hidangan pembuka, makanan utama, dessert nikmat, hingga camilan khas. 

Salah satu makanan yang menjadi kesukaan penduduk lokal dan juga menjadi favorit banyak wisatawan adalah makanan penutupnya. Berbagai varian dessert bisa dinikmati di sini yang rasanya dijamin bikin ketagihan sekali coba.

Berikut tujuh ragam dessert khas Slovenia yang lezat, manisnya melekat di lidah!

1. Blejska Grmada

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!blejska grmada (Instagram.com/seydhana)

Blejska grmada merupakan hidangan tradisional Slovenia yang berasal dari daerah Bled. Dalam pembuatannya memerlukan telur, gula pasir, tepung terigu, baking powder, dan coklat, sedangkan topping manis terdiri dari susu, telur, gula pasir, tepung terigu, gula vanilla, krim kental, kenari, coklat, dan buah-buahan seperti berry.

Cara pembuatannya yaitu bagian dasarnya umumnya dilunakkan dengan rum atau minuman keras buah dan susu. Kemudian bagian atas ditaburi kenari cincang dan buah, diikuti oleh lapisan alas dan taburan lainnya.

2. Strudelj

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!strudelj (Instagram.com/kremmmkaramel)

Seperti namanya, strudelj adalah strudel versi Slovenia, yang sangat populer di daerah Vipava. Banyak variasi dari makanan ini dan cherry strudelj adalah jenis strudelj yang paling populer, tetapi ada juga varietas lain yang disiapkan dengan aprikot, persik, pir, prem, dan apel.

3. Ajdnek

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!ajdnek (Instagram.com/anja.bostjan)

Ajdnek merupakan makanan penutup pedesaan Slovenia yang terdiri dari adonan soba lembut yang dilapisi dengan isian kenari manis.

Cara pembuatannya yaitu adonan ragi umumnya dicampurkan dengan terigu dan tepung soba dalam jumlah yang sama, sedangkan isian kacang kenari diperkaya dengan penyedap madu, kayu manis, dan vanila.

Baca Juga: 5 Sup Khas Slovenia yang Enaknya Bikin Kalap, Patut Dicoba!

4. Kobariški Štruklji

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!kobariški štruklji (Instagram.com/hisakala)

Kobariški štruklji pada awalnya merupakan hidangan yang disajikan saat pesta atau acara-acara khusus. Namun seiring perkembangan zaman, makanan ini menjadi makanan penutup favorit yang dinikmati di seluruh wilayah. Cara pembuatannya yaitu disiapkan lapisan tipis adonan dan isian kenari manis yang diperkaya dengan kismis, kulit lemon, vanila, dan rum.

Saat isian dibungkus rapi, setiap štrukelj ditekan dengan lembut di tengah untuk mendapatkan bentuk yang khas. Makanan yang mempunyai rasa yang manis ini paling enak saat disajikan dalam keadaan hangat.

Untuk menambah cita rasa, makanan ini bisa disiram dengan sirup dan ditaburi kayu manis, gula, dan kacang kenari, atau ditaburi remah roti mentega.

5. Bovški Krafi

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!bovški krafi (Instagram.com/paulaciinka)

Bovški krafi merupakan makanan tradisional Slovenia yang berasal dari kota Bovec. Makanan penutup ini dibuat dengan mengisi kantong adonan dengan kombinasi pir kering, tepung jagung, bawang goreng, kacang kenari, kismis, dan sedikit rum. Adonan terlebih dahulu disiram, dibentuk menjadi kantong, kemudian diisi dengan isian tersebut.

Setelah semua proses selesai, kemudian hidangan ini dibalut dengan mentega cair, kayu manis, dan remah roti goreng.

6. Prleška Gibanica

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!prleška gibanica (Instagram.com/toplaklidija)

Prleška gibanica merupakan sejenis kue tradisional Slovenia yang berasal dari Prlekija. Versi gibanica ini terbuat dari keju dadih dan krim asam. Tambahan bahan lainnya adalah telur, tepung, gula, minyak, mentega, cuka, garam, dan air hangat.

Cara pembuatannya yaitu adonan digulung menjadi lembaran tipis, lalu di atasnya diberi kombinasi dadih, telur, dan krim asam dalam lapisan bergantian.

Selanjunya lapisan terakhir adonan diberi krim asam dan sedikit minyak bunga matahari. Setelah semua bahan tercampur lalu kue kemudian dipanggang hingga siap disajikan. 

7. Pohorska Gibanica

7 Ragam Dessert Khas Slovenia yang Lezat, Melekat di Lidah!pohorska gibanica (Instagram.com/kovacnik_farmhouse)

Pohorska gibanica merupakan kue yang dibuat dengan adonan ragi dan keju cottage buatan sendiri. Kemudian ditambahkan dengan bahan musiman seperti pir kering, apel, buah-buahan hutan, atau tarragon.

Setelah semua bahan tercampur dan proses telah selesai, maka kue ini ditunggu hingga dingin. Sebelum disajikan, secara tradisional ditaburi dengan gula bubuk. 

Slovenia mempunyai beragam dessert yang lezat dan nikmat. Banyak di antaranya yang menjadi favorit warga lokal dan wisatawan. Tertarik mencoba?

Baca Juga: 9 Fakta Pohorska Omleta, Telur Dadar Khas Slovenia yang Menggoda

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya