Comscore Tracker

5 Kuliner Daerah Ini Punya Nama yang Bikin Orang Sungkan Menyebutnya

Kenapa, ya? #LokalIDN

Negara kita tidak hanya dipenuhi oleh beragam kuliner lezat saja, tapi juga punya keunikan dari segi nama. Sebut saja nasi kentut. Kuliner asal Sumatera berupa nasi campur dengan beragam lauk ini padahal nikmat banget meski namanya bikin keki.

Tapi masih mending dengan nasi kentut yang bisa diucapkan oleh siapa pun. Lima kuliner dari berbagai daerah ini lezat tapi punya nama yang bikin orang sungkan untuk menyebutnya. Apa saja, ya?

1. Bajingan

5 Kuliner Daerah Ini Punya Nama yang Bikin Orang Sungkan Menyebutnyainstagram.com/ayuaisyah5608

Bajingan merupakan makanan yang cukup populer di Temanggung, Jawa Tengah. Kuliner yang enak banget dikonsumsi sebagai camilan saat hujan, ini terbuat dari ketela pohon atau singkong rebus yang dikukus kemudian diguyur dengan saus terbuat dari gula merah cair.

Bila kamu kepengin makan kudapan ini saat berkunjung ke Temanggung namun sungkan menyebutnya, kamu bisa memanggil dengan nama bajingan ketela. Dijamin enggak bikin salah paham!

2. Nasi goreng jancuk

5 Kuliner Daerah Ini Punya Nama yang Bikin Orang Sungkan Menyebutnyainstagram.com/nasgorjancuk

Bersyukur jika melancong ke Surabaya, langsung menemukan penjual yang hanya menjajakan nasi goreng jancuk sehingga kamu tak perlu menyebut namanya lengkap. Tapi, tak perlu sungkan untuk mengucapnya asalkan saat menyebut "jancuk" tidak dengan intonasi tinggi.

Nasi goreng ini seperti umumnya nasi goreng Nusantara lainnya, namun terkenal dengan rasanya yang pedas. Pelengkap nasi goreng jancuk meliputi daging ayam suwir, telur rawis, dan kerupuk.

Baca Juga: 7 Kuliner Nusantara Ini Disajikan dengan  Taoge, Rasanya Mak Nyus!

3. Bubur memek

5 Kuliner Daerah Ini Punya Nama yang Bikin Orang Sungkan Menyebutnyatrevelounge.co

Sebenarnya, kuliner asal Aceh ini cara penyebutannya tidaklah sama dengan organ vital perempuan. Dua huruf vokal pada nama bubur memek, menyebutnya seperti mengucap kata benar.

Bubur memek sendiri terbuat dari beras ketan sangrai, pisang, dan santan. Makanan yag telah ada sejak zaman kerajaan ini dapat dijumpai pada waktu tertentu seperti bulan Ramadan.

4. Kue kontol sapi

5 Kuliner Daerah Ini Punya Nama yang Bikin Orang Sungkan Menyebutnyainstagram.com/info_cilegon

Kue kontol sapi merupakan makanan asal Cilegon, Banten. Kue ini terbuat dari ketan dengan lapisan luar dibalut dengan gula bubuk. Bisa dibilang, kue kontol sapi adalah gemblongnya Cilegon.

5. Kolak goblok

5 Kuliner Daerah Ini Punya Nama yang Bikin Orang Sungkan Menyebutnyainstagram.com/faizal_utd13

Kudapan manis asal Malang ini telah ada sejak zaman kerajaan. Makanan ini punya nama kolak kluntung waluh, akan tetapi lebih dikenal dengan sebutan kolak goblok.

Kolak goblok terbilang unik karena terbuat dari buah labu utuh yang telah dibersihkan dari kulitnya, kemudian dikukus bersama bahan lain terdiri dari parutan kelapa dan gula aren.

Masih banyak lagi kuliner Nusantara dengan nama yang bikin orang sungkan untuk menyebutnya. Nama-nama tersebut tentunya tidak dibuat dengan unsur umpatan atau seks, karena itu kamu harus menafsirkannya dari sudut pandang yang positif ya.

Baca Juga: 6 Spot Kuliner Kota Malang yang Sering Didatangi Wisatawan Asing! 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya