Comscore Tracker

5 Roti Khas Nusantara yang Dapat Dijadikan sebagai Camilan Tenteng

Semua roti ini bisa dipertemukan dengan susu maupun kopi

Kue tradisional khas Indonesia amatlah banyak. Saking banyak dan lezat, bikin kita lupa akan keberadaan roti khas Nusantara.

Sudah tahu belum jika negara kita mempunyai roti yang bisa dijadikan sebagai camilan tenteng? Camilan tenteng yaitu yang bisa dibawa ke mana-mana ketika kita sedang melakukan aktivitas di luar. 

Mau tahu ada roti apa saja yang dimaksud? Yuk, intip!

1. Roti mantau

5 Roti Khas Nusantara yang Dapat Dijadikan sebagai Camilan Tentenginstagram.com/dapoer_amyrafif

Meski roti ini memiliki nama mantau, dijamin gak akan memantaumu karena enaknya bikin kamu betah mengunyahnya. Makanan alkuturasi dari budaya Tiongkok, ini berasal dari Balikpapan.

Roti mantau berbahan dasar tepung terigu dan mempunyai bentuk serupa dengan bakpao. Hanya saja roti mantau tidak memiliki isi. Rasanya pure dari adonan roti yang manis. Roti ini dapat disajikan kukus, goreng, maupun panggang.

2. Ampas terigu

5 Roti Khas Nusantara yang Dapat Dijadikan sebagai Camilan Tentenginstagram.com/kulineranaktimur

Roti sederhana namun nikmatnya mampu menggedor-gedor lidah, ini berasal dari Ambon. Berbahan dasar tepung terigu yang memiliki protein tinggi. Roti ampas terigu identik dengan keberadaan gula merah sehingga menghasilkan warna semu cokelat dan rasa yang manis. 

Bisa dijadikan sebagai camilan tenteng, roti ampas terigu enak juga disantap sembari membawa susu kemasan siap minum lho!

Baca Juga: 6 Resep Roti Goreng Enak yang Cocok untuk Camilan Santai Sore

3. Luti gendang

5 Roti Khas Nusantara yang Dapat Dijadikan sebagai Camilan Tentenginstagram.com/lutigendang

Nusantara gak cuma punya roti yang manis-manis saja! Kamu tim roti gurih, luti gendang pilihan camilan tenteng yang tepat. Roti asal Kepulauan Riau yang biasa dipanggil juga dengan sebutan roti belauk ini berbahan dasar tepung terigu dan ragi.

Luti gendang memilliki isi yaitu abon yang terbuat dari ikan atau ayam suwir berbumbu. Apa pun pilihannya, semuanya enak kok!

4. Roti pawa 

5 Roti Khas Nusantara yang Dapat Dijadikan sebagai Camilan Tentenginstagram.com/aniraihanarya

Dari segi bentuk, roti pawa masih bersaudara dengan bakpao dan roti mantau. Meski sama bentuk, roti asal Sulawesi ini berbeda bahan.

Bisa dijadikan sebagai camilan tenteng, roti pawa berbahan dasar tepung beras dan tepung terigu. Roti pawa memiliki isi beragam. Bisa cokelat, keju, atau kacang hijau. Jika kamu mengingingkannya, isian roti pawa bisa dibikin sesuai selera.

5. Roti gambang

5 Roti Khas Nusantara yang Dapat Dijadikan sebagai Camilan Tentenginstagram.com/rotigambang_mbak_inda

Khas Betawi, roti gambang juga enak dijadikan sebagai camilan tenteng. Biasanya memiliki ukuran sedang dan besar, roti manis identik taburan wijen ini berbahan dasar tepung terigu dan gula merah.

Nikmatnya roti gambang asyik banget ketika disatukan dengan secangkir kopi hangat. Kamu wajib banget mencobanya!

Setiap dua jam, perut mulai keroncongan lagi karena makanan yang masuk sebelumnya telah dicerna. Daripada perut menjadi sakit akibat menunda makan, ada baiknya sedia roti setiap saat. Dan roti khas Nusantara yang telah disebutkan tadi, dapat dijadikan pilihan!

Baca Juga: Review Roti Klepon ala Mom's Bread, Konsep Korea Rasa Kearifan Lokal 

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya