Comscore Tracker

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varises

Jangan lupa untuk banyak minum air putih juga, ya

Pelebaran pembuluh darah atau biasa kamu kenal dengan sebutan varises merupakan salah satu penyakit yang tidak hanya mempengaruhi penampilan karena menyebabkan pembuluh darah menjadi nampak di permukaan kulit. Tapi akan menjadi masalah yang cukup serius pula bagi kesehatan jika kamu meremehkannya.

Selain dapat disembuhkan dengan metode yang dianjurkan oleh dokter, buat kamu yang terlanjur terkena varises, tidak ada salahnya untuk meminimalisir varises dengan makanan sehat berikut ini yang dikutip melalui laman Bellamah Vein Center.

1. Sayuran hijau

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varisesmysouthernhealth.com

Bagi kamu yang tidak suka makan sayur atau jarang mengonsumsinya, yuk mulai dari sekarang biasakan memakan sayur hijau yang memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh! Terutama bagi kamu yang mengidap penyakit varises.

Sayuran hijau seperti kale, kubis, dan brokoli ialah sumber magnesium yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan mineral pada sayuran hijau berperan penting dalam mengatur sirkulasi dan aliran darah.

2. Biji chia

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Variseseatright.org

Dikutip melalui laman Healthline, satu porsi biji chia mengandung 11 gram serat dan 5 gram asam lemak omega-3. Yang mana, serat maupun asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Umumnya biji chia diolah menjadi campuran minuman segar, pudding, sereal, dan lainnya. Kamu yang mengidap varises, tidak ada salahnya menambahkan biji chia ke hidangan hasil kreasimu.

3. Alpukat

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varisesnbcnews.com

Tidak diragukan lagi jika buah alpukat memiliki segudang manfaat bagi tubuh, yang salah satunya ialah baik dikonsumsi oleh penderita varises.

Alpukat termasuk buah yang kaya vitamin C dan E, potasium dan magnesium. Selain kandungan tersebut, lemak baik yang terdapat pada buah alpukat terbukti meningkatkan kesehatan pembuluh darah.

Baca Juga: Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varises

4. Pisang

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varisesmashed.com

Buah yang dapat diolah menjadi hidangan apa saja ini juga masuk dalam daftar makanan sehat bagi penderita varises.

Pisang kaya akan kalium dan magnesium, sehingga dapat membantu kamu memperbaiki penyakit vena tungkai. 

5. Salmon

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varisesabc.net.au

Sebenarnya tidak hanya ikan salmon, semua ikan yang kaya akan kandungan omega-3 dapat dikonsumsi oleh penderita varises karena kandungan omega-3 membantu meningkatkan aliran, sirkulasi, dan mengurangi gejala penyakit pembuluh darah.

6. Gandum kuda

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varisesmacheesmo.com

Buat kalian yang suka menikmati hidangan khas Jepang, pasti lidah sudah gak asing lagi dengan soba. Mi kenyal ini terbuat dari gandum kuda. Salah satu jenis gandum yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, yang diantaranya adalah meminimalisir penyakit varises.

Gandum kuda adalah sumber antioksidan yang dapat membantu meningkatkan aliran serta sirkulasi darah.

7. Buah bit

7 Makanan Ini Baik Dikonsumsi oleh Kamu yang Terlanjur Terkena Varisesthespruceeats.com

Buah bit mengandung bahan kimia yang disebut betacyanin. Kandungan tersebut membantu mengurangi kadar homocysteine serta asam amino, yang ternyata dapat merusak pembuluh darah jika keberadaannya berlebihan pada tubuh.

Buah bit juga kaya akan nitrat yang membantu meningkatkan sirkulasi darah secara alami. Selain itu, nitrat juga dapat berfungsi sebagai pembuka pembuluh darah dan mengalirkan oksigen secara menyeluruh sehingga meminimalisir terjadinya pelebaran darah serta membantu menurunkan tekanan darah.

Kesimpulannya adalah rata-rata semua makanan sehat yang telah disebutkan tadi berfungsi meningkatkan aliran darah. Jika aliran darah tersumbat, pembuluh darah akan melebar sehingga menimbulkan munculnya varises.

Sudah tahu ya apa saja yang wajib kamu rutin untuk dikonsumsi agar meminimalisir varises? Imbangi pula dengan juga rajin jalan kaki ya karena jalan kaki salah satu olahraga murah meriah yang juga dapat membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga: Jangan Langsung Minum Obat, Ini 10 Makanan Terbaik untuk Redakan Flu!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya