Comscore Tracker

5 Kudapan yang Sering Dipilih Orang Malaysia sebagai Takjil, Enak!

Familier di lidah orang Indonesia

Gorengan masih menjadi kudapan primadona orang Indonesia untuk berbuka puasa. Rasanya kurang afdal menikmati minuman manis namun tak ditemani oleh gurihnya gorengan. 

Sama halnya dengan masyarakat Indonesia, Malaysia juga memiliki kudapan khas yang sering dipilih sebagai takjil saat Ramadan tiba. Bahkan lima kudapan berikut ini terbilang familier di lidah orang Indonesia. Apa saja?

1. Samosa

5 Kudapan yang Sering Dipilih Orang Malaysia sebagai Takjil, Enak!cookwithmanali.com

Identik berbentuk segitiga serta memiliki tektur kulit yang renyah, samosa punya isi berupa daging atau sayuran cincang yang dimasak dengan beragam bumbu rempah. Selain bercita rasa gurih, isian samosa memiliki rasa rempah yang begitu kuat sehingga mudah sekali dikenali oleh para penikmatnya.

Cara terbaik menikmati samosa yaitu dengan mengoleskannya pada chutney sebelum mendarat di lidah. Meskipun menjadi takjil kesukaan orang Malaysia, samosa merupakan kuliner yang populer di India dan Timur Tengah.

2. Murtabak

5 Kudapan yang Sering Dipilih Orang Malaysia sebagai Takjil, Enak!ashleyparamore.com

Murtabak atau martabak Malaysia cukup berbeda dengan Indonesia. Dari segi ukuran, murtabak khas Malaysia umumnya disajikan dalam bentuk persegi dan berukuran sedang. Sebab itu, murtabak biasanya hanya bisa dinikmati oleh satu orang saja.

Untuk isinya, murtabak identik sekali dengan daging cincang. Penikmat murtabak bisa menikmati kudapan gurih ini dengan daging ayam, sapi, atau domba. 

Jika martabak gurih di Indonesia, disajikan dengan sambal bercita rasa asam dengan irisan cabai rawit. Pendamping murtabak di Malaysia yaitu sambal berwarna merah muda terbuat dari sirop mawar, irisan bawang bombay, dan garam.

Baca Juga: Resep Cekodok Pisang, Kudapan Khas Malaysia yang Sudah Mendunia

3. Putuh buluh

5 Kudapan yang Sering Dipilih Orang Malaysia sebagai Takjil, Enak!instagram.com/eny_suratman

Saat melihat gambar di atas pasti sudah gak asing dong dengan kudapan berbahan dasar tepung beras ini? Putuh buluh sebutan kue putu bambu di Malaysia. Tidak berbeda dengan kue putu di Indonesia, kudapan yang diproses dengan cara diuap ini juga menyertakan kelapa parut.

Isinya pun sama yaitu manisnya gula merah. Selain putuh buluh, ada lagi varian kue putu di Malaysia yang bernama putuh piring. Bahan baku pembuatannya sama, hanya saja berbeda bentuk.

4. Kuih seri muka

5 Kudapan yang Sering Dipilih Orang Malaysia sebagai Takjil, Enak!mohkite.com

Kuih seri muka punya dua lapisan yang berbeda warna serta adonan. Lapisan putih dari kue basah ini terbuat dari beras ketan dan santan sehingga identik bercita rasa gurih dengan teksur nan legit.

Sedangkan komposisi lapisan hijau terdiri dari tepung, santan, serta pandan. Lapisan atas ini mempunyai tekstur ambyar dengan rasa manis yang kalem. Kuih seri muka bisa dibilang kudapan dengan perpaduan rasa yang sempurna!

5. Roti canai

5 Kudapan yang Sering Dipilih Orang Malaysia sebagai Takjil, Enak!instagram.com/ rotipoku.id

Kudapan Melayu akulturasi dari budaya India ini juga diminati sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Alasannya bukan hanya sekadar enak, menikmati selembar roti canai bersama kari cukup membuat perut kenyang setelah seharian berpuasa.

Roti canai sendiri berbahan dasar dari tepung terigu dan susu evaporasi. Bentuknya pipih, ciri khas dari roti ini. Kari pendamping roti canai bisa berupa kari daging atau kari dengan isi irisan kentang.

Nah, itu tadi lima kudapan bercita rasa manis dan gurih yang sering dipilih oleh orang Malaysia sebagai takjil untuk berbuka puasa. Karena cukup familier di Indonesia, tak ada salahnya kudapan yang telah disebutkan tadi dijadikan inspirasi untuk hidangan berbuka. 

Baca Juga: 5 Pantai Tersembunyi dan Terindah di Langkawi Malaysia

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya