Comscore Tracker

5 Fakta Kepiting Kegani, Seafood Mahal nan lezat dari Jepang

Pernah diolah Sisca Kohl dalam kontennya

Kamu pencinta olahan seafood? Sering mencicipi sashimi dan sushi, yuk cobain kepiting kegani dari Jepang yang punya rasa lezat. Hewan bercapit ini dijual dengan harga yang cukup mahal, lho.

Bahkan konten kreator Indonesia, Sisca Kohl pernah membeli kepiting ini seharga 5 juta untuk digunakan dalam salah satu kontennya. Lalu seperti apa sih kepiting premium dari Jepang ini? Berikut beberapa fakta tentang kepiting kegani.

1. Apa itu kepiting kegani?

5 Fakta Kepiting Kegani, Seafood Mahal nan lezat dari Jepangkepiting kegani (instagram.com/chefmakoto)

Kegani merupakan salah satu jenis kepiting dari Jepang yang memiliki harga mahal. Ukurannya tak terlalu besar dan punya ciri khas unik yaitu hampir di semua tubuhnya dipenuhi bulu atau rambut. Tak heran bila kepiting ini memiliki nama laim yaitu horsehair crab atau kepiting rambut kuda. 

Dikutip dari livejapan.com, kepiting ini memiliki harga cukup mahal karena hanya bisa didapatkan di tempat-tempat tertentu saja, yaitu Samudra Pasifik dan Laut Jepang.

Kegani tinggal 150m di bawah permukaan laut. 

2. Sudah mulai dikonsumsi sejak 1920

5 Fakta Kepiting Kegani, Seafood Mahal nan lezat dari Jepangkepiting kegani (instagram.com/omakasebygino)

Ukurannya kecil dan harganya mahal, tak membuat pencinta seafood melewatkan kesempatan menyantap kegani saat ke Hokkaido. Rasa khas daging kegani yang gurih dan sedikit manis membuat beberapa orang ketagihan. 

Bagian yang paling lezat dan menjadi favorit adalah kani miso-nya. Di Jepang, aneka olahan kegani sudah dikenal sejak 1920 dan hingga kini menjadi hidangan populer favorit wisatawan maupun masyarakat lokal di Hokkaido. 

Baca Juga: 5 Cara Merebus Kepiting agar Tekstur dan Cita Rasa Terjaga

3. Cara memakan kegani

5 Fakta Kepiting Kegani, Seafood Mahal nan lezat dari Jepangkepiting kegani (instagram.com/eric.raty)

Seperti makan kepiting jenis lain, cara memakan kegani juga sangat mudah yaitu menggunakan bantuan gunting. Kamu bisa mulai memotong kulit bagian kaki dan capitnya. Setelah dipotong, lalu buka dengan tangan dan ambil dagingnya dengan sendok atau tangan. 

Sedangkan untuk bagian badannya, kamu hanya perlu menarik cangkang tubuh bawahnya dan kamu bisa langsung memakannya atau juga bisa dipadukan dengan saus sesuai selera. 

4. Banyak hidangan lezat dibuat dari kegani

5 Fakta Kepiting Kegani, Seafood Mahal nan lezat dari Jepanghidangan berbahan kepiting kegani (instagram.com/chefmakoto)

Selain direbus, kegani diolah menjadi bermacam macam hidangan lezat di restoran-restoran Jepang. Ada teppo-jiru yang merupakan sup berbahan kaki dan bagian miso kepiting.

Selain sup, kegani banyak diolah menjadi chawanmushi dan kanimeshi/olahan nasi Jepang. Biasanya yang digunakan adalah bagian daging, capit, dan kani miso

Yang paling populer adalah hidangan korasake yaitu olahan daging kegani dicampur dengan sake lalu dipanggang. 

5. Memiliki banyak manfaat bagi tubuh

5 Fakta Kepiting Kegani, Seafood Mahal nan lezat dari Jepangkepiting kegani Hokkaido (instagram.com/hinata_sf)

Kepiting kegani yang dikenal mahal ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, lho.

Menurut livestrong.com kandungan fosfor dalam kepiting mampu mencegah osteoporosis yang biasa terjadi pada manusia. Selain itu mengkonsumsi kepiting kegani juga bisa meningkatan daya imunitas tubuh karena kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya. 

Manfaat lain yang didapatkan adalah meningkatkan kesehatan jantung dan memperlancar peredaran darah karena kandungan omega-3 di dalam kepiting. 

Tak mudah ditemukan di sembarang tempat, membuat harga hewan bercapit ini dibanderol dengan harga cukup mahal. Meski begitu, harganya dianggap sepadan dengan rasa umami dan lezat yang ada di dalamnya. Gimana nih menurutmu? 

Baca Juga: Resep Crab Rangoon, Camilan Olahan Kepiting yang Viral di TikTok!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya