Comscore Tracker

5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di Dunia

Banyak diburu wisatawan dunia

Tak lengkap pergi ke Jepang saat musim panas bila tidak mencicipi dessert khasnya. Salah satunya adalah kakigori atau dessert populer Jepang yang berupa es serut dengan siraman sirup diatasnya.

Sudah ada sejak dulu, kakigori kian populer dan dikenal dunia saat ini. Menyegarkan disantap saat musim panas, berikut lima fakta kakigori atau es serut tradisional Jepang yang enak banget. 

1. Kakigori, makanan para bangsawan zaman dulu

5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di DuniaKakigori (instagram.com/jimmy.cohrssen)

Kakigori sudah ada di Jepang sejak abad ke 8. Tak sembarang orang bisa memakannya, kakigori hanya bisa dinikmati oleh kaum bangsawan Jepang saat itu. Karena belum ada mesin serut saat itu, pembuatan es serut dalam kakigori menggunakan benda tajam.

Selain itu yang menjadi topping di atasnya adalah getah tanaman bernama amazura. 

2. Kakigori kian banyak dijual di Jepang

5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di DuniaKakigori (instagram.com/mayumama16)

Seiring banyaknya peminat, semakin ramai bermunculan kedai kakigori di Jepang. Pada abad ke 19 pemerintah Jepang memberikan syarat dan kriteria khusus yang harus dipenuhi pemilik kedai kakigori. Kedai yang lolos dalam seleksi ini akan mendapatkan tanda yang diberi nama kakihata.

Di setiap tanda tersebut bertuliskan huruf Jepang "氷" yang dibaca koori artinya es batu. 

Baca Juga: 8 Variasi Dango Paling Favorit asal Jepang, Dessert Kenyal yang Nikmat

3. Diburu wisatawan lokal maupun mancanegara

5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di DuniaKakigori (instagram.com/turtlekazuma)

Kakigori dulu banyak ditemukan dalam festival khas Jepang, kuil atau kafe saat musim panas saja. Anak-anak selalu antusias untuk menikmati es serut ini di musim panas. Kini semua orang dan wisatawan yang berkunjung ke negara tersebut takkan melewatkan kesempatan utnuk mencicipi kakigori. Mereka kini bisa dengan mudah menemukan kakigori di kedai atau restoran Jepang. 

4. Memiliki banyak rasa dan bentuk

5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di DuniaKakigori (instagram.com/kyon_tokiiro)

Bila awalnya hanya rasa matcha, varian kakigori kini sangat beragam. Dari rasa buah sampai kopi, semuanya ada. Topping di atas kakigori juga dibuat beraneka ragam agar menambah nikmatnya es serut tersebut.

Selain itu pemilik kedai tak berhenti berinovasi membuat kreasi kakigori beraneka bentuk agar semakin menarik dan mudah disukai masyarakat setempat tapi semua wisatawan dunia yang berkunjung ke Jepang.

5. Makan kakigori menjadi satu kebiasaan orang Jepang saat musim panas

5 Fakta Kakigori, Es Serut Tradisional Jepang yang Populer di DuniaKakigori (instagram.com/usagi0213)

Kebiasaan orang Jepang, makan kakigori saat musim panas tergambar jelas dalam kartun Negeri Sakura yaitu crayon sinchan. Dalam serial kartun ini, tokoh utama sinchan sering membuat kakigori sendiri di rumah dengan sirup berwarna pink di atasnya. Tak heran bila banyak rumah di Jepang yang memiliki mesin serut es sendiri. 

Punya banyak rasa dan bentuk, kakigori kian ramah di lidah semua orang di dunia. Gimana nih, tertarik mencoba kakigori khas Jepang? 

Baca Juga: 5 Aneka Dessert Berbahan Greek Yoghurt untuk Ide Dessert di Rumah

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

Ibu satu anak yang ingin belajar menulis lebih baik lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya