Comscore Tracker

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajah

Biar wajahmu bersih tanpa bintik hitam!

Bintik hitam atau dark spot bagi beberapa orang terasa mengganggu, apalagi ketika tidak menggunakan make up. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan ternutrisi, tak hanya dengan melakukan perawatan kulit dari luar, namun perlu juga melakukan perawatan dari dalam tubuh seperti memperhatikan makanan yang dikonsumsi.

Masalah kulit seperti jerawat, flek hitam, hingga penuaan bisa dicegah dengan berbagai makanan sehat yang dikonsumsi. Berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk mengatasi bintik hitam di wajah. Langsung saja cek artikel di bawah ini!

1. Berbagai jenis berry

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi berbagai jenis berry (pexels.com/suju)

Selain dapat dinikmati sebagai camilan, buah berry juga dapat menjadi bahan dasar untuk membuat minuman bergizi sepertiI smoothie. Beri warna cerah seperti stroberi, blueberry, dan blackberry mengandung vitamin C, vitamin K, antioksidan, dan asam folat.

Vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan radikal bebas yang menyebabkan bintik hitam sehingga mencegah pembentukannya. Selain itu, buah ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, kekeringan serta peradangan. Sifatnya yang meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi kolagen membuat kulit tampak lebih halus dan kencang saat melawan bintik hitam.

2. Tomat

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi tomat (pexels.com/suvanchowdhury)

Makanan pokok dengan warna cerah yang berair ini mengandung banyak sifat pelindung dan penyembuhan kulit. Tomat memberikan dosis vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel kulit baru yang sehat untuk menggantikan yang lama atau rusak.

Tomat juga mengandung vitamin C tingkat tinggi, yang melawan radikal bebas dan mendorong produksi kolagen yang lebih tinggi yang berarti kulit sembuh lebih efisien dan menjauhkan bintik-bintik penuaan. Tomat juga mengandung likopen dan beta-karoten yang mana keduanya membantu melindungi kulit dari radikal bebas akibat kerusakan akibat sinar matahari.

3. Lemon

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi lemon (pexels.com/fotiosphotos)

Tak hanya efektif ketika digunakan sebagai bahan masker wajah buatan sendiri, buah lemon juga tak kalah bermanfaat ketika dimakan. Sama seperti buah beri, makanan sitrus ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang luar biasa.

Lemon bisa memberikan efek yang sama seperti buah beri. Buah ini dikenal untuk mengobati bekas jerawat dan juga meringankan hiperpigmentasi.

4. Kacang-kacangan

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi kacang-kacangan (pexels.com/daviddisponett)

Kulit kering memiliki banyak masalah, termasuk peradangan dan kerusakan sel kulit, yang dapat meninggalkan perubahan warna yang tidak diinginkan dan membuat kulit lebih rentan berjerawat. Untungnya, asupan kacang-kacangan yang sehat, seperti almond, kenari, pistachio, dan pecan, dapat membuat kulit membaik.

Kacang-kacangan ini dikemas dengan asam lemak esensial sehat, yang membantu kulit menciptakan penghalang pelindung terhadap pengganggu penyebab jerawat dari luar serta menjaga kulit tetap lembab dan kenyal. Kacang-kacangan juga memberikan banyak serat, protein, dan fitosterol, yang membantu kulit untuk memperbaiki kulit lebih efektif.

Baca Juga: 6 Makanan dan Minuman yang Ampuh Mengurangi Nyeri Haid, Wajib Dicoba!

5. Pepaya

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi pepaya (pexels.com/anylane)

Kaya akan vitamin A, B, C, K, kalsium, potasium dan magnesium, makanan ini menyediakan vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat untuk bekerja secara efektif di dalam tubuh. Buah ini dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang  dapat membantu menghilangkan kulit mati jika dioleskan ke wajah. Diperkaya dengan antioksidan yang mengontrol pertumbuhan radikal bebas yang dapat mempengaruhi kulit dengan menciptakan bintik hitam.

6. Ikan berlemak

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi potongan ikan (pexels.com/dbaler)

Para penggemar salmon, tuna, dan mackerel, bergembiralah! Mengkonsumsi makanan ini sama dengan mendapatkan tambahan asam lemak omega-3 setiap kali makan. Asam lemak omega-3 mengurangi peradangan di seluruh tubuh termasuk kulit.

Makanan yang satu ini juga menjaga kulit tetap terhidrasi dan mendorong sirkulasi yang sehat. Ketiga elemen ini bekerja sama untuk menjaga pergantian sel tetap tinggi dan peradangan rendah, yang mengurangi munculnya bintik hitam. Mereka juga menjaga kulit tetap terhidrasi, dan membangun pertahanan alami melawan jerawat dan perubahan warna.

7. Ubi jalar

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi ubi jalar (freepik.com/stockking)

Ubi jalar sarat akan retinol yaitu turunan vitamin A yang sangat ideal untuk melawan jerawat dan menangkal kerutan.  Beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A, adalah salah satu alasan mengapa ubi jalar memiliki warna oranye yang kaya dan indah.

Setelah makan ubi jalar, beta-karoten akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin ini memiliki sifat yang akan bertindak sebagai penghalang kulit terhadap peradangan, perubahan warna pada kulit dan pori-pori tersumbat yang sering disebabkan oleh radikal bebas.

8. Kembang kol

8 Rekomendasi Makanan yang Bisa Mengurangi Bintik Hitam pada Wajahilustrasi kembang kol (freepik.com/jcomp)

Sayuran silangan ini dikemas dengan asam amino kuat yang disebut histidin. Terlalu banyak sinar matahari dapat memperburuk bintik hitam yang ada, tetapi histidin dapat mencegah sinar UV yang berbahaya itu merusak kulit.

Pola makan yang penuh dengan kacang-kacangan, sayuran, dan buah memberikan tambahan vitamin A, C, dan K secara teratur, bersama dengan lemak pelindung yang sehat, ini akan secara langsung dapat menambah kesehatan kulit. 

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare Menghilangkan Bintik Hitam dan Bekas Jerawat

Shasya Khairana Photo Verified Writer Shasya Khairana

expecto patronum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya