Comscore Tracker

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulit

Karena mengandalkan skincare saja tak cukup

Semua makhluk hidup yang berumur panjang termasuk manusia, hampir bisa dipastikan akan mengalami penuaan yang biasanya dapat dilihat pada perubahan kondisi kulit. Munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit biasanya diawali dari timbulnya kerutan pada wajah, kulit menjadi kasar, serta muncul bintik hitam.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat atau lambatnya penuaan yang dialami oleh seseorang. Faktor yang paling umum adalah faktor lingkungan dan gaya hidup. Tanpa disadari, paparan polusi serta kebiasaan buruk seperti begadang atau pola makan tidak sehat bisa menyebabkan penuaan dini.

Untuk mencegahnya, banyak orang yang mengupayakannya dengan melakukan perawatan kulit, baik di klinik kecantikan maupun penggunaan beragam skincare. Namun, alangkah baiknya bila perawatan tersebut tetap diimbangi dengan pola makan sehat yang bisa membantu mencegah dan melawan tanda-tanda penuaan dari dalam tubuh.

Apa saja makanan yang dapat mencegah penuaan pada kulit dan membantu kita untuk tampak awet muda? Jangan lewatkan daftarnya di bawah ini.

1. Cokelat hitam 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulitilustrasi makan cokelat hitam atau dark chocolate (freepik.com/kroshka__nastya)

Cokelat merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik yang mudah dijumpai. Salah satu jenis antioksidan yang jumlahnya melimpah dalam cokelat hitam adalah flavonoid, yang mana kandungan ini dapat meningkatkan densitas dan hidrasi kulit, serta membantu mengurangi kulit kusam sehingga kulit tampak lebih sehat dan lembut.

Tak hanya itu, sebuah studi dalam Journal of Cosmetic  Dermatology menunjukkan bahwa konsumsi rutin cokelat yang kandungan flavonoidnya tinggi bisa membantu memberikan perlindungan yang signifikan pada kulit, sehingga efektif dalam melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet yang bisa membahayakan.

2. Kacang almon 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulitilustrasi kacang almon (freepik.com/jcomp)

Hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung vitamin E yang bermanfaat untuk menutrisi kulit, dan kandungan vitamin tersebut dalam kacang almon cukup tinggi. Ini membuatnya dapat membantu melawan inflamasi atau peradangan, serta melindungi kulit dari kerusakan.

Dilansir Indian Express, sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi harian kacang almon berperan dalam mengurangi kerutan pada perempuan serta dapat memperbaiki pigmen kulit.

Baca Juga: Awet Muda! Ini 11 Asupan Nutrisi dan Cara Alami Mencegah Uban

3. Buah beri 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada KulitBuah beri. (unsplash.com/Timo Volz)

Buah beri memiliki kadar antioksidan yang tinggi, terutama antosianin. Kandungan ini dapat membantu melawan radikal bebas serta meningkatkan produksi kolagen, sehingga mampu menjaga kulit agar tetap sehat.

Studi dalam British Journal of Nutrition melaporkan bahwa antioksidan tergolong nutrisi yang berperan dalam menjaga hidrasi, elastisitas kulit, serta mampu mengurangi munculnya kerutan. Dengan meningkatkan asupan antioksidan, maka kulit akan jadi lebih sehat dan awet muda.

Tak hanya bagus untuk kesehatan kulit, konsumsi buah beri juga dapat membantu menjaga organ tubuh lain dari kerusakan, seperti pada otak, ginjal, jantung, mata, paru-paru, serta tulang, menurut laporan dalam International Journal of Molecular Sciences.

4. Pepaya 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulitilustrasi potongan pepaya (freepik.com/jcomp)

Kandungan vitamin E dan vitamin C yang tinggi pada pepaya membuat buah ini dapat membantu mengatasi kerutan serta meremajakan kulit, sehingga kulit jadi lebih halus dan sehat.

Dilansir Netmeds,  mengonsumsi pepaya juga dapat meningkatkan produksi kolagen, meningkatkan hidrasi kulit, menyamarkan bintik hitam, serta dapat meredakan iritasi kulit akibat sinar matahari. Selain itu, tak hanya baik untuk dikonsumsi, buah ini juga bagus untuk dijadikan masker, lo!

5. Alpukat 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulitilustrasi perempuan memegang buah alpukat (freepik.com/lookstudio)

Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi lemak sehat. Dalam mencegah tanda-tanda penuaan, alpukat mengandung beragam nutrisi seperti antioksidan, karotenoid, vitamin K, A, E, dan C.

Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit, termasuk dalam mempercepat regenerasi sel kulit mati serta dapat membantu menjaga elastisitas kulit.

Dalam sebuah penelitian dalam Archives of Dermatological Research tahun 2010, alpukat dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan timbulnya kerutan serta memicu kanker.

6. Brokoli 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulitilustrasi memasak brokoli (pexels.com/Cats Coming)

Dari golongan sayuran, brokoli bisa menjadi andalan untuk menjaga kulit agar tetap awet muda. Zat pada brokoli yang berperan dalam mencegah munculnya tanda-tanda penuaan adalah sulfofrana.

Sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Biology tahun 2015 melaporkan bahwa kandungan sulforafana yang merupakan bahan aktif dalam brokoli memungkinkan untuk menghambat proses penuaan dengan meningkatkan antioksidan dalam tubuh.

7. Bayam 

Bikin Awet Muda, 7 Makanan Ini Bisa Cegah Penuaan pada Kulitilustrasi bayam (freepik.com/Racool_studio)

Selain brokoli, bayam juga termasuk sayuran dengan kandungan vitamin, protein, dan antioksidan yang dapat menghambat proses penuaan dengan menjaga sel-sel kulit agar tetap sehat. Lebih dari itu, kandungan pada bayam juga mampu membantu peremajaan kulit dengan memperbaiki jaringan kulit yang kusam dan kering.

Proses penuaan pada jaringan otak juga bisa dihambat dengan mengonsumsi bayam, lo! Berdasarkan laporan dalam jurnal Neurology, konsumsi bayam yang merupakan sayuran hijau dapat menghambat penurunan kemampuan kognitif pada kelompok orang tua secara signifikan.

Itulah berbagai jenis makanan yang bisa membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dan membuat kamu tampak awet muda bila rutin mengonsumsinya dan memasukkannya ke dalam pola makan harian yang bergizi seimbang. Optimalkan dengan rutin olahraga, tidur cukup, kelola stres dengan baik, serta lakukan perawatan kulit yang tepat.

Baca Juga: Awet Muda, Ini 7 Latihan Efektif untuk Mengurangi Kerutan di Wajah

Halifa Ghaisani Photo Verified Writer Halifa Ghaisani

Human being

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya