Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Mukomuko yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!

Dari aromanya saja sangat menggugah selera

Mukomuko merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Bengkulu. Kabupaten ini memiliki banyak hal yang membuat wisatawan betah berlama-lama berada di sana.

Mulai dari destinasi wisata yang indah dan ragam kuliner khas yang kelezatannya menggoyang lidah, semuanya ada.

Berbicara tentang kuliner khas Mukomuko, tentu tak lepas dari 5 kuliner di bawah ini. Semuanya bisa kamu cicipi kala berkunjung kesana. Apa saja?

1. Bolu koja

5 Kuliner Khas Mukomuko yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!Bolu koja khas Bengkulu (instagram.com/pancipetualang.id)

Bolu koja memiliki tekstur yang lembut dan cita rasa yang gurih. Terbuat dari bahan-bahan yang sama seperti saat membuat bolu pada umumnya. Hanya saja kamu perlu menambahkan lebih banyak daun suji dan pandan untuk menghasilkan warna hijau dan aroma yang khas.

Saat ini bolu koja tersedia dalam berbagai varian topping, seperti cokelat, selai buah, keju, dan lainnya.

2. Rendang lokan

5 Kuliner Khas Mukomuko yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!Rendang lokan (instagram.com/rendangmamalis)

Lokan merupakan salah satu jenis kerang yang ciri-cirinya bercangkang hitam dengan tekstur daging yang tebal dan kenyal. Di Mukomuko, rendang lokan dikenal juga dengan nama sambal lokan.

Hidangan ini menggunakan bumbu utama berupa santan kelapa, daun salam, dan serai. Kemudian dimasak selama kurang lebih 3 jam. Cita rasanya gurih dan aromanya sangat khas membuat siapa saja pasti ingin mencicipinya.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Khas Bengkulu yang Bisa Disantap Bareng Keluarga, Yummy!

3. Mi terbang

5 Kuliner Khas Mukomuko yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!Mi terbang (instagram.com/kedaihanamie)

Pada dasarnya, mi yang digunakan sama seperti pada umumnya. Hanya saja, mi terbang disajikan dengan trik tertentu, yaitu menggunakan dua batang tusuk sate yang ditancapkan pada kentang di tengah piring.

Lalu, garpu yang telah dililit mi juga ditancapkan pada tusuk sate tersebut agar sajian ini tampak seperti terbang.

Agar cita rasanya lebih nikmat, mie terbang diberi irisan tomat, timun, telur, dan cabai yang tingkat kepedasannya cukup tinggi.

4. Kue perut punai

5 Kuliner Khas Mukomuko yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!Kue peru punai (instagram.com/dyahwidhiastuti)

Memiliki bentuk unik yang menyerupai perut burung punai membuat orang-orang menyebut sajian ini sebagai kue perut punai. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue perut punai terdiri dari tepung beras, air, margarin, keju parut, dan gula aren.

Cita rasanya manis, gurih, dan lezat. Cocok menjadi teman saat minum kopi atau teh. Kue perut punai juga banyak dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

5. Pendap

5 Kuliner Khas Mukomuko yang Unik dan Lezat, Bikin Cepat Lapar!Pendap (instagram.com/hobiasikk)

Pendap memiliki cita rasa yang lezat dan nikmat. Hidangan ini berbahan dasar ikan sehingga kaya akan kandungan protein. Masyarakat Mukomuko biasanya menyantap pendap dengan nasi hangat. Tak jarang mereka juga menjadikan pendap sebagai camilan.

Nah, itulah beberapa kuliner khas Mukomuko yang unik dan lezat. Jika kamu berkunjung ke Mukomuko, pastikan untuk mencicipi salah satu hidangan di atas, ya. Hidangan mana yang bikin kamu penasaran dengan cita rasanya?

Baca Juga: Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal Cukup

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya