Comscore Tracker

Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal Cukup

Bikin pengin lagi dan lagi, deh

Beragam kue bolu lezat bisa kita dapatkan di Indonesia. Hampir semua wilayah memiliki kreasi kue bolu khasnya sendiri, seperti Bengkulu dengan bolu kojanya.

Kue ini sangat diburu, karena teksturnya yang lembap dan padat, seperti brownies. Uniknya, warna bolu ini hijau menyala yang terbuat dari campurna daun suji dan pandan.

Kalau belum berkesempatan ke Bengkulu langsung buat mencicipinya, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya simpel dan praktis, berikut resep membuat bolu koja yang nikmat.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal CukupPexels.com/ Markus Spiske

Bahan-bahan:

  • 300 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 30 gram mentega
  • 3 butir telur
  • 600 ml santan kental
  • 10 lembar daun pandan
  • 5 lembar daun suji

2. Masak larutan santan dengan api kecil

Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal Cukupfedandfit.com

Tuang santan kental ke dalam blender. Masukkan pula daun pandan dan daun suji ke dalamnya. Blender sampai halus, lalu saring airnya sampai tuntas.

Setelah itu, tuang campuran santan itu ke dalam panci di atas kompor. Masak santan dengan api kecil sambil terus di aduk hingga mendidih.

3. Kocok gula pasir dan telur hingga larut

Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal Cukupbakedbyanintrovert.com

Tambahkan potongan mentega ke dalam santan. Aduk sampai menteganya leleh dan mendidih bersama santan. Jika sudah, segera angkat dan biarkan dingin. Sisihkan sebentar.

Selanjutnya, masukkan gula pasir dan telur ke dalam wadah. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata dan sedikit kaku.

Baca Juga: Resep Bolu Pandan Kukus 4 Telur, Nikmat untuk Keluarga 

4. Aduk tepung bersama larutan santan

Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal Cukupkitchenfrau.com

Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pastikan sampai tercampur rata tanpa ada tepung yang menggumpal.

Setelah itu, tuang larutan santan yang sudah dingin ke dalam adonan. Aduk adonan dengan spatula sampai rata dan teksturnya halus tak bergerindil. Kalau masih kasar, saring adonan bila perlu.

5. Panggang bolu koja sampai matang

Resep Bikin Bolu Koja Khas Bengkulu, Satu Potong Gak Bakal Cukupinstagram.com/ninanoor.id

Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega atau dialasi baking paper. Tuang adonan kue perlahan-lahan ke dalamnya sambil dihentak-hentak, supaya tingginya merata.

Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan hingga bersuhu 170 derajat Celsius. Panggang kue selama kurang lebih sejam hingga kecokelatan di bagian atasnya. Jika sudah matang, keluarkan dan sajikan saat sudah dingin.

Begitulah cara membuat bolu koja khas Bengkulu yang bisa kamu coba masak di rumah. Manis dan lembutnya memanjakan lidah banget!

Baca Juga: Resep Sederhana Bolu Kukus Mangga Tanpa Mixer dan Oven, Tetap Nikmat

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya