Comscore Tracker

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!

Kira-kira sudah pernah mencoba yang mana, nih?

Siapa sih yang gak suka dengan cheesecake yang lembut dan creamy? Cheesecake adalah salah satu keik atau hidangan penutup yang setiap irisannya terasa meleleh di mulut. Cheesecake sendiri terbuat dari keju, telur, gula pasir, ekstrak vanila, dan krim.

Kalau kamu menganggap semua cheesecake sama saja, maka penilaianmu keliru. Gak semua cheesecake yang kamu beli merupakan New York-Style, lho. Saat ini, cheesecake tersedia dalam berbagai jenis, menyesuaikan dengan bahan yang digunakan, topping, dan proses pematangannya.

Maka dari itu, pastikan kamu benar dalam memilih cheesecake yang akan kamu beli dengan menyimak beberapa jenis cheesecake yang paling lezat berikut ini. Jangan sampai keliru ya, guys!

1. Birthday cheesecake

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!ilustrasi birthday cheesecake (bromabakery.com)

Di negara-negara Barat, birthday cheesecake mulai populer dan banyak dibuat untuk perayaan ulang tahun. Keik yang creamy dan lembut ini biasanya terbuat dari tepung terigu, krim keju, krim asam, gula pasir, telur, dan ekstrak vanila.

Untuk mempercantik tampilan keik, di atasnya bisa ditambahkan dengan krim, taburan meses, atau butiran permen gula warna-warni yang eye-catching. Namun, pastikan kamu gak mengocok telur terlalu lama karena bisa menyebabkan gelembung dan retakan pada keik.

2. Pumpkin cheesecake

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!ilustrasi pumpkin cheesecake (preppykitchen.com)

Bosan dengan cheesecake yang biasa-biasa saja? Maka kamu perlu mencoba pumpkin cheesecake yang merupakan keik perpaduan dari krim keju dan labu yang dihaluskan. Labu sendiri dikenal memiliki tekstur yang lembut yang cocok dipadukan dengan jenis keik apa pun.

Selain labu dan krim keju, pumpkin cheesecake ini juga terbuat dari campuran tepung terigu, cracker, telur, garam, krim asam, ekstrak vanila, mentega, gula pasir, gula aren, jahe, dan kayu manis.

Untuk topping, keik ini biasanya cukup ditambahkan dengan krim atau saus karamel.

3. New York cheesecake

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!ilustrasi new york cheesecake (seriouseats.com)

Yang membedakan jenis New York dengan cheesecake yang lain adalah teksturnya yang padat, lembut, dan identik dengan siraman saus raspberry di atasnya. Selain itu, keik ini lebih banyak mengandung krim keju dibandingkan dengan krim asam.

Selain krim keju, New York cheesecake juga terbuat dari campuran tepung maizena, jus lemon, ekstrak vanila, krim asam, dan telur. Tambahkan ekstra kuning telur ke dalam adonan untuk menghasilkan tekstur keik yang lebih padat dan kencang.

Baca Juga: Resep Nutella Cheesecake tanpa Oven, Rasa Cokelatnya Nagih Banget!

4. Chocolate cheesecake

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!ilustrasi chocolate cheesecake (taste.com.au)

Sesuai namanya, keik ini merupakan perpaduan dari krim keju dan cokelat yang meleleh di mulut. Kalau kamu pencinta keju dan cokelat, maka chocolate cheesecake bisa kamu pilih sebagai makanan penutup yang manis.

Bagian dasar chocolate cheesecake terbuat dari remahan biskuit, mentega yang dilelehkan, dan gula halus. Sementara adonan keik ini terdiri dari campuran cokelat batang, krim, cokelat bubuk, krim keju, dan gula halus.

5. Strawberry cheesecake

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!ilustrasi strawberry cheesecake (thespruceeats.com)

Strawberry cheesecake merupakan perpaduan dari cheesecake jenis New York dengan saus stroberi buatan sendiri yang segar. Kamu pasti akan menyukai sensasi saat saus stroberi perlahan menetes ke mulut di setiap gigitan.

Saus stroberi terbuat bahan sederhana yang terdiri dari lima bahan, yakni stroberi, gula pasir, tepung maizena, jus lemon, dan ekstrak vanila. Kamu hanya perlu memotong stroberi menjadi dua bagian, kemudian memasaknya selama beberapa menit sampai kental.

6. No-bake cheesecake

6 Jenis Cheesecake yang Dikira Sama, Jangan Sampai Keliru!ilustrasi no-bake cheesecake (seriouseats.com)

Meskipun beberapa jenis cheesecake klasik membutuhkan waktu pemanggangan yang cukup lama di dalam oven, tetapi ada cheesecake yang disajikan tanpa dipanggang, lho. No-bake cheesecake misalnya, menggunakan komposisi krim kental dan krim asam yang lebih sedikit untuk menghasilkan isian yang lembut.

Jenis keik ini terbuat dari campuran biskuit, mentega, gula pasir, krim keju, susu kental manis, jus lemon, dan ekstrak vanila. Mentega, gula pasir, dan biskuit digunakan untuk bahan dasar cheesecake yang bertekstur renyah.

Kalau dilihat dari tampilan, beberapa cheesecake memang terlihat sama saja. Namun, perbedaannya bisa dilihat dari pemilihan topping, komposisi bahan, dan proses pematangan.

Dari sekian banyak jenis cheesecake yang dipanggang, ada satu jenis cheesecake yang gak melalui proses itu, lho.

Baca Juga: Resep Dalgona Cheesecake yang Lembut, Simpel Gak Pakai Oven

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya