Comscore Tracker

5 Dessert Lezat Khas India, Manisnya Sampai ke Hati!

Cocok nih untuk kamu nikmati kapan pun

Setiap negara tentunya memiliki berbagai jenis olahan yang dapat dinikmati, dari mulai makanan pembuka, makanan utama, sampai dengan makanan penutup.

Senada dengan hal tersebut, India juga memiliki olahan-olahan populer yang biasa dinikmati khususnya untuk kategori menu dessert. Memiliki cita rasa yang lezat dan manis, tak heran bila olahan penutup khas India ini banyak diburu.

Untuk kamu yang penasaran apa saja olahan penutup khas India, berikut lima daftarnya! 

 

1. Laddu

5 Dessert Lezat Khas India, Manisnya Sampai ke Hati!kuali.com

Jika kamu berkunjung ke India, maka kamu akan banyak menemukan laddu sebagai camilan populer di sana. Olahan lezat dan manis ini memang sering dijajakan sebagai menu selingan bagi orang-orang.

Laddu juga biasanya sering digunakan untuk persembahan keagamaan dari masyarakat lokal sekitar. 

2. Gulab jamun

5 Dessert Lezat Khas India, Manisnya Sampai ke Hati!Youtube/Classic Masala Hut

Salah satu dessert populer yang ada di India adalah menu gulab jamun yang lezat dan manis. Konon olahan ini hadir sejak zaman Persia atau dari zaman para penguasa Muslim hadir di India.

Pada dasarnya, menu ini adalah permen yang terbuat dari khoya atau bubuk susu yang berbentuk bola-bola. Biasanya, olahan ini akan dicelupkan ke dalam sirop manis dan diberi tambahan saffron, serta air mawar. 

Baca Juga: Resep Membuat Milo Ice Dessert Khas Bangkok yang Manis dan Segar

3. Kulfi

5 Dessert Lezat Khas India, Manisnya Sampai ke Hati!rasoimenu.com

Bila kamu merupakan penggemar berat es krim, maka jangan lewatkan menu ini bila berkunjung ke India. Olahan lezat ini merupakan es krim versi India dengan tambahan pistachio dan saffron pada bagian atasnya.

Olahan ini sangat sarat akan pengaruh Persia dan hingga saat ini masih dikonsumsi oleh masyarakat luas. 

4. Jalebi

5 Dessert Lezat Khas India, Manisnya Sampai ke Hati!chennaifoodblog.in

Menu penutup lainnya yang akan kamu temukan di India adalah jalebi, yaitu sejenis olahan tepung goreng yang dicelupkan ke dalam sirup manis dan disajikan ketika masih hangat. Bentuk dari jalebi adalah bulat-bulat bermotif dengan cita rasanya yang manis dan lezat.

Olahan ini juga tersedia di Turki dan Iran, namun dengan varian yang berbeda. 

5. Rasmalai

5 Dessert Lezat Khas India, Manisnya Sampai ke Hati!culinaryshades.com

Rasmalai merupakan dessert khas dari Bengali yang cukup terkenal. Olahan ini merupakan perpaduan dari keju dan susu. Kata ras dalam menu ini berarti jus, sedangkan malai berarti krim. Jadi, memang pada dasarnya menu ini merupakan olahan berbahan krim yang terbuat dari keju cottage khas India. Selain itu, keju tersebut direndam di dalam susu kental manis. 

Nah, beberapa menu penutup khas India di atas dapat menjadi pilihan untukmu bila tertarik mencoba salah satunya. Mana yang paling bikin penasaran? 

Baca Juga: 7 Fakta Unik Sikkim, Negara Bagian India dengan 11 Bahasa Resmi 

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya