Comscore Tracker

5 Negara Penyumbang Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Mubazir Deh!

Jangan sia-siakan makananmu, ya

Makanan merupakan sumber nutrisi yang harus dikonsumsi setiap manusia. Tentunya manusia juga harus secara rutin mengonsumsi makanan agar tetap dapat mempertahankan kondisi bugar pada tubuhnya. Untuk mendapatkan hal tersebut, mengonsumsi makanan haruslah dengan memerhatikan porsi atau jumlahnya.

Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa negara di dunia ini yang berlebihan untuk urusan makanan sehingga menyebabkannya membuang makanan-makanan sisa tersebut dalam jumlah yang bukan lagi banyak, melainkan fantastis?

Untuk kamu yang penasaran apa saja negara-negara tersebut, berikut lima daftarnya. 

1. Denmark 

5 Negara Penyumbang Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Mubazir Deh!postcardsfromtheworld.com

Sebagai salah satu negara yang menawarkan berbagai fasilitas menarik dari mulai kesehatan hingga hiburan, tak heran bila negara ini memiliki banyak orang-orang dengan gaya hidup tingginya.

Namun, hal yang disayangkan dari Denmark adalah kebiasaan membuang sampah makanannya yang bahkan ditaksir setiap orang membuang sebanyak 660 kilogram sampah makanan setiap tahun.

Menelisik pada angka fantastis tersebut, pemerintah Denmark mulai memberlakukan solusi untuk hal tersebut, namun sayangnya belum tampak. 

2. Belanda

5 Negara Penyumbang Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Mubazir Deh!euroviajar.com

Belanda juga merupakan negara yang memiliki banyak sekali gerai makanan. Hal tersebut dirasa menjadi salah satu penyebab banyaknya sampah makanan di Negara Kincir Angin tersebut.

Diperkirakan setiap orang di sana membuang lebih dari 610 kilogram makanan setiap tahunnya. Hal tersebut juga membuat pemerintah Belanda lebih giat lagi untuk mensosialisasikan perihal pentingnya menghargai makanan dan tidak membuangnya. 

Baca Juga: 5 Negara Penghasil Almond Terbesar di Dunia, Mana Saja?

3. Amerika Serikat 

5 Negara Penyumbang Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Mubazir Deh!idc.edu

Menjadi salah satu negara yang masuk ke dalam daftar penyumbang sampah makanan terbesar di dunia, tak heran bila Amerika Serikat memiliki kontribusi yang besar pada hal ini.

Amerika cenderung memproduksi banyak sekali makanan yang membuat total pembuangannya juga sama besarnya. Bahkan, sampah yang dibuang setiap harinya di Negeri Paman Sam ini sebanyak 150 ribu ton. 

4. Kanada

5 Negara Penyumbang Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Mubazir Deh!sunnysidecircus.com

Selain Amerika, Kanada merupakan negara non Eropa yang masuk ke dalam daftar ini. Kanada tak kalah dalam urusan jumlah makanan yang terbuang, sekitar 640 kilogram sampah makanan dibuang oleh setiap orang pertahunnya. Hal yang menyedihkan lagi adalah data yang menunjukkan bahwa 2.2 juta ton sampah makanan harus rela berakhir di tempat sampah meskipun masih dalam kategori layak konsumsi. 

5. Norwegia

5 Negara Penyumbang Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Mubazir Deh!touristsecrets.com

Menjadi salah satu negara tentram dan sejahtera yang ada di Eropa, tak membuat Norwegia lepas dari jajaran negara penghasil limbah makanan, lho. Negara ini bahkan harus membuang sekitar 350 ribu ton makanan, belum termasuk ke dalam limbah makanan kafe dan restoran. Meskipun begitu, sudah ada hal nyata yang dilakukan pemerintah Norwegia untuk mengatasi hal tersebut. 

Nah, itulah beberapa daftar negara penyumbang sampah makanan terbanyak di dunia. Semoga dengan hal tersebut membuat kita semua mampu untuk lebih menghargai makanan dan tidak berlebihan saat mengonsumsi sesuatu. Sayangi makananmu, ya! 

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Ini 7 Negara Penghasil Susu Sapi Terbesar di Dunia

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya