Comscore Tracker

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicoba

Udah pernah cobain belum?

Terletak di sebelah timur lepas pantai Benua Afrika dan berada di Samudera Hindia, Seychelles merupakan salah satu surga tersembunyi di dunia. Negara ini memiliki 115 pulau hampir seluruh pulau tersebut dihiasi pantai dan pemandangan yang sangatlah mempesona.

Keindahan Kepulauan Seychelles tentu tak perlu diragukan lagi. Tak hanya sekedar mengagumi keindahan alamnya saja, kamu juga bisa mencoba makanan khas Seychelles yang sangat enak. Makanan dari negara ini terbilang cukup unik karena memiliki perpaduan citarasa dari Tiongkok, Prancis, dan India. Nah, kalau kamu punya kesempatan untuk berlibur ke Seychelles, cobalah untuk mencicipi makanan khasnya berikut ini.

1. Breadfruit chips

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobabreadfruit chips (instagram.com/tourismguyana)

Breadfruit chips atau keripik sukun menjadi salah satu makanan khas Seychelles yang wajib dicoba. Sukun merupakan jenis buah tropis yang banyak ditemui di Seychelles. Masyarakat setempat biasanya mengolahnya menjadi berbagai sajian, salah satunya ialah keripik sukun.

Citarasanya yang gurih, asin, dan nikmat cocok sekali dijadikan sebagai camilan. Kamu bisa membeli keripik sukun ini di banyak tempat yang ada di sana untuk kemudian membawanya berkeliling sambil menikmati keindahan laut. Bahkan kamu juga bisa membawanya untuk oleh-oleh khas Seychelles, karena tahan lama.

2. Grilled fish

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobagrilled fish (instagram.com/mlkfredcooks)

Bagi kamu mungkin sudah biasa dengan hidangan yang satu ini, ya, yaitu ikan bakar, karena memang di Indonesia juga banyak sekali kuliner ikan bakar. Namun, sebagai negara kepulauan, rasa ikan di negara ini pastinya sangat enak dan tak tertandingi.

Ikan disini sangat berair dan penuh rasa. Kamu juga bisa, lho memilih sesuka hati ragam jenis ikan disini, seperti kakap merah, sailfish, jackfish, atau jobfish. kamu pun bisa menikmati ikan bakar ini di tepi pantai sembari menikmati pemandangan lautnya yang indah.

3. Octopus curry

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobaoctopus curry (instagram.com/lisa_in_the_kitchen)

Jika kamu adalah penggemar seafood, kamu wajib, deh, cobain octopus curry saat berlibur di Seychelles. Kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner lezat khas Seychelles yang terkenal dan menjadi salah satu makanan tradisional masyarakat di sini.

Jika biasanya kamu menemukan olahan kari dengan menggunakan bahan dasar daging ayam, maka beda kari dari Seychelles menggunakan daging octopus atau gurita. Kuliner yang satu ini memang unik, maka tak ada salahnya, kan, untuk dicoba!

Baca Juga: 5 Fakta Nakji Bokkeum, Si Gurita Pedas dari Korea yang Populer

4. Shark chutney

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobashark chutney (pinterest.com)

Jika biasanya chutney dibuat dengan ragam sayuran, chutney dari Seychelles terbuat dari daging hiu. Daging hiu ditumbuk dan dicampur dengan bilimbli, yaitu buah lokal, jeruk nipis, bawang, dan kunyit.

Kuliner yang satu ini terbilang cukup unik, tapi kamu juga bisa menjumpai dengan mudah di restoran-restoran yang ada di sana. Nah, untuk kamu yang gak mau makan hiu, tak usah khawatir karena biasanya mereka juga menggantinya dengan ikan kering.

5. Smoked fish salad

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobasmoked fish salad (instagram.com/sarahskitchenaus)

Ingin mencicipi salad yang berbeda? Maka kamu patut mencoba smoked fish salad. Smoked fish salad menjadi kuliner favorit di sana, lho. Sajian ini merupakan salah satu cara untuk melestarikan ikan dan mengolah ikan.

Ikan asap dari Seychelles memang memiliki rasa yang sangat enak dan sangat cocok dipadukan dengan salad. Salad ini biasanya disajikan dengan sayuran dan ikan yang digunakan pun yakni ikan yang ukurannya lebih besar dengan daging yang tebal, seperti ikan tuna. Selain itu salad ini juga bisa menggunakan buah-buahan yang belum matang, seperti mangga dan pepaya. 

6. Satini

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobasatini (findingtheuniverse.com)

Satini adalah salad tradisional khas Seychelles yang memiliki citarasa yang tak kalah enak dari seafood. Satini dibuat dengan berbagai buah-buahan yang belum matang, seperti pepaya muda atau apel emas yang kemudian dicampur dengan rempah-rempah serta bawang merah.

Satini memiliki citarasa yang amat pedas karena diberi campuran cabai di dalamnya. Satini juga sangat cocok buat kamu yang vegetarian. Namun kamu juga bisa menemukan yang versi non-vegetarian karena diberi tambahan daging hiu atau ikan. Satini juga dihidangkan sebagai makanan utama.

7. Caris masala

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobacaris masala (traveltriangle.com)

Kalau kamu rindu masakan India di Seychelles, kamu bisa mencoba caris masala. Caris masala merupakan salah satu kuliner Seychelles yang dipengaruhi oleh citarasa dari India.

Hidangan ini merupakan jenis kari khas Seychelles yang terbuat dari campuran sayuran dan kombinasi rempah-rempah, seperti kunyit, jintan, cengkeh, ketumbar, serta fenugreek.

8. Ladob

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobaladob (traveltriangle.com)

Kuliner yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Ladob merupakan jenis dessert atau hidangan penutup yang terbuat dari pisang atau ubi jalar yang dicampur dengan santan.

Ubi dimasak dalam santan dan gula kemudian ditambahkan kayu manis, pala, dan vanili segar. Ladob memiliki tekstur yang creamy dan lembut sehingga bisa membuat siapapun ketagihan sama dessert khas Seychelles ini.

9. Sausage rougay

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobasausage rougay (instagram.com/jacob_super_cino)

Sausage rougay atau sosis rougay ini juga menjadi salah satu makanan khas Seychelles yang cukup banyak digemari. Sesuai namanya, kuliner yang satu ini dibuat dari sosis dan saus tomat, bawang merah, bawah putih, cabai dan jahe.

Rahasia yang membuat sausage rougay enak adalah sosisnya. Idealnya kuliner ini dibuat dengan sosis asin seperti sosis Tuscan, sehingga memberikan citarasa hidangan yang nikmat dan khas. Rougaynya pun terbuat dari ikan asin.

Baca Juga: 5 Ragam Camilan Populer dari Sosis Tusuk, Enak Banget!

10. Rousette

Menggugah Selera, 10 Makanan Khas Seychelles yang Patut Dicobarousettes (tripadvisor.co.id)

Hidangan ini terbilang cukup ekstrem dan cocok sekali buat kamu yang menyukai tantangan untuk mencicipi kuliner ekstrem. Kuliner yang satu ini  mungkin cukup familiar dan mudah ditemui di restoran yang ada di sana.

Rousettes merupakan hidangan lokal berupa kari kelelawar buah. Meski terbilang cukup ekstrem dan aneh, namun rousettes dipercaya sebagai salah satu makanan lokal yang paling banyak disukai. Daging kelelawar buah ini memiliki rasa seperti daging rusa, tapi ada beberapa tulang kecil yang perlu diperhatikan saat makan kari kelelawar ini. Apakah kamu tertarik untuk mencoba hidangan ini?

Nah, itulah tadi beberapa kuliner khas dari Seychelles yang menggugah selera dan tentunya sangat enak. Dari makanan di atas, mana yang pengen banget kamu coba?

Voni Silvani Photo Verified Writer Voni Silvani

Believe In Yourself 😉

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya